Kandungan Gizi Dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Wortel adalah sayuran yang terkenal karena kandungan vitamin A. Sayuran yang identik dengan pakan untuk kelinci ini memiliki ragam khasiat yang terkenal luas dan bisa Anda buktikan sendiri jika dikonsumsi dengan rutin. Sebelum membahas mengenai manfaat wortel, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan gizi dan manfaat wortel untuk kesehatan


Wortel terkenal dengan kandungan vitamin A di dalamnya. Terdapat sekitar 210 persen dari kebutuhan harian untuk orang dewasa jika mengonsumsi jus wortel. Selain vitamin A, wortel juga mengandung kalsum dan vitamin C. Dan dalam setengah cangkir wortel cincang terkandung 25 kalori, 3 gram gula, 6 gram karbohidrat, dan 1 gram protein.

Wortel mengandung beta karoten yang membuat wortel berwarna oranye. Beta karoten yang diserap akan diubah menjadi vitamin A selama dicerna. Wortel adalah sayuran yang super dengan kandungan serat, kalium, vitamin K, mangan, folat, magnesium, fosfor, seng, dan vitamin E yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan tingginya nutrisi yang terkandung di dalamnya, wortel menjadi sumber kesehatan yang bisa dipercaya. Lalu apa sajakah manfaat wortel lainnya? Berikut akan kami ulas secara lengkap.

1. Manfaat wortel untuk mengurangi risiko kanker. Wortel mengandung fosfor, hidrat arang, dan beta karoten yang bagus untuk tubuh. Kandungan beta karoten juga dipercaya ampuh dalam mencegah serangan kanker. Mengonsumsi wortel 2 kali dalam sehari bisa menurunkan risiko kanker payudara sebanyak 17 persen. Dalam penelitian lain, wortel juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker usus besar dan kanker paru-paru. Hal tersebut juga dipengaruhi kandungan falcarindiol dan zat falcarinol dalam wortel. Falcarinol merupakan pestisida alami yang melindungi akar dari penyakit jamur dan wortel adalah salah satu dari sedikit sayuran yang mengandung zat ini.

2. Manfaat wortel untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu bisa mengurangi risiko kolesterol jahat dalam tubuh serta menakan risiko penyakit jantung. Zat antioksidan yang terkandung dalam wortel juga bisa membantu menurunkan hipertensi.

3. Manfaat wortel untuk menjaga kesehatan kulit. Wortel yang mengandung vitamin A dan zat-zat lainnya mampu menjaga kulit agar tetap bersinar dan tampak cantik. Wortel mampu menghilangkan noda hitam di kulit karena pigmentasi. Penggunannya bisa dibuat sebagai maskr, bisa juga langsung dikonsumsi misalnya diparut lalu diperas airnya.

4. Manfaat wortel untuk ibu hamil. Rutin mengonsumsi wortel bisa membantu asupan nutrisi yang diperlukan bayi. Pada ibu menyusui, wortel mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI.

5. Manfaat wortel untuk menjaga kesuburan. Rutinlah konsumsi jus wortel setiap hari untuk membantu reproduksi menjadi lebih subur.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat wortel bagi kesehatan? baik di konsumsi secara langsung atau di olah sebagai jus khasiatnya sama saja. Oleh karena itu, mulai sekarang yuk konsumsi wortel setiap hari secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh secara prima.

By Nida Saripah - Manfaat Selasa, 13 September 2016 13:26:50

Related Post :
Tips
Cara Mudah Mengatasi Migrain…

Cara mudah mengatasi migrain…

Tips
Cara Memanfaatkan Garam Dapur…

Umumnya garam dapur digunakan…

Alami
Mudah Dicoba ! 10…

Cara alami menghilangkan benjolan…

Kesehatan
Metode Pengobatan Pembengkakan Kelenjar…

Pengobatan pada penderita pembengkakan…

Kesehatan
Alasan Mengapa Calon Jamaah…

Melakukan Vaksinasi merupakan hal…

Alami
Bahan Alami untuk Mengatasi…

Mengetahui berbagai pilihan bahan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Manfaat Di Balik Manisnya Tebu Bagi Kesehatan

Tebu yang memiliki rasa manis…

Manfaat
Kebaikan dan Cara Pengolahan Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Kebaikan dan cara pengolahan kunyit…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan

Buah leci merupakan buah musiman.…

Kirim Pertanyaan
Top