Efek Samping Obat Palsu Terhadap Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Belakangan ini, ramai berita tentang peredaran obat palsu yang membuat masyarakat khawatir. Terlebih lagi efek samping obat palsu terhadap kesehatan yang ditimbulkan sangat membahayakan, seperti kondisi penyakit semakin parah, terjadinya komplikasi, bahkan hingga menyebabkan kematian.


Peredaran obat palsu saat ini semakin luas dan canggih dengan kemasan yang sangat mirip dengan produk yang asli, sehingga sulit bagi masyarakat awam untuk bisa membedakannya, terkecuali melalui uji laboratorium atau informasi dari tenaga kesehatan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengelompokkan obat palsu sebagai Counterfeit Medicine (bersama dengan kategori obat substandar lainnya) sebagai Substandard, Spurious, Falsely Labelled, Falsified and Counterfeit (SSFFC) Medical Product.

Menurut definisi WHO, obat palsu merupakan obat-obatan yang secara sengaja dipalsukan, baik dari identitas ataupun sumbernya. Obat palsu bisa berisi bahan aktif yang benar dengan dosis yang tidak sesuai, berisi bahan aktif yang salah, atau bahkan tidak berisi bahan aktif sama sekali. Bahkan beberapa obat palsu hanya berisi tepung atau gula.

Efek Samping Konsumsi Obat Palsu Terhadap Kesehatan Tubuh

Pada beberapa obat palsu, efek samping pada kesehatan yang ditimbulkan tidak terlalu serius. Obat palsu dengan kandungan bahan aktif yang benar namun dengan dosis yang tidak mencapai standar bisa membuat obat tersebut tidak bekerja secara maksimal. Hal ini memiliki dampak pada setiap orang, tegantung pada kondisi penyakit yang dialami. Disamping itu, pada pasien kritis, efek samping obat palsu dapat berdampak fatal karena tidak tercapainya target terapi. Berbeda halnya dengan konsumsi pada pasien yang sehat.

Sedangkan obat palsu yang berisi bahan aktif yang salah memiliki kemungkinan lebih besar untuk menimbulkan efek samping berbahaya pada pasien. Seperti jika pasien mengonsumsi obat palsu dan ternyata memiliki alergi terhadap bahan aktif yang terkandung didalamnya, maka secara umum reaksi alergi obat dapat berakibat fatal.

Untuk menghindari efek samping obat palsu terhadap kesehatan tubuh, maka disarankan untuk selalu membeli obat yang akan dikonsumsi di apotek, klinik, atau tempat lainnya yang resmi dan terdaftar. Selain itu, perhatikan pula obat yang telah Anda beli, mulai dari kemasan hingga obat itu sendiri. Jika Anda merasa obat berbeda dari biasanya (bentuk, warna, kemasan, dan bau), maka kemungkinan besar obat yang dulu Anda beli merupakan obat palsu dan yang Anda beli saat ini adalah asli atau sebaliknya. Disarankan untuk segera melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib agar bisa segera diselidiki.

By Sri Maryati - Obat Kimia Selasa, 13 September 2016 14:09:24

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Minuman Keras Bagi…

Minuman keras atau minuman…

Tips
Inilah Cara Memasak Mie…

Cara memasak mie instan…

Penyakit
Mengenal Gejala dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Obat Kimia
Obat Kuat Yang Berbahaya…

Untuk bisa merasa gagah…

Obat Cina
Obat Herbal Infeksi Rahim…

Obat herbal infeksi rahim…

Manfaat
Manfaat Jeruk Limau Untuk…

Bagi orang Indonesia, jeruk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Khasiat Obat Infeksi Jamur Candida Fluconazole

Obat infeksi jamur candida fluconazole…

Obat Kimia
Manfaat Obat Celecoxib Untuk Mengatasi Penyakit Persendian

Manfaat obat celecoxib untuk mengatasi…

Obat Kimia
Obat Tizanidine Untuk Mengurangi Ketegangan Otot

Anda pernah mengalami kejang otot?…

Kirim Pertanyaan
Top