Obat Antibiotik Untuk Infeksi Serius Karena Bakteri Clindamycin

Share dan Tag Temanmu di :

Obat Antibiotik Clindamycin, Untuk Infeksi Serius Karena Bakteri

Clindamycin adalah sebuah antibiotik yang dipakai dalam mengobati infeksi serius yang disebabkan bakteri. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan perkembangbiakannya. Kondisi yang bisa ditangani dengan clindamycin adalah infeksi pada sendi dan tulang seperti osteomyelitis, paru-paru, kulit, darah, organ reproduksi wanita, dan infeksi organ-organ dalam lain serta infeksi pada sistem pencernaan. Clindamycin juga bisa dipakai untuk mengobati infeksi gigi yang tidak bisa diatasi antibiotik lain.


Obat yang berjenis antibiotik ini tergolong obat resep, artinya obat ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan tanpa adanya resep dokter. Berbentuk kapsul, clindamycin bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa yang terkena infeksi karena bakteri. Perempuan yang tengah merencanakan kehamilan, tengah hamil, dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi clindamycin untuk menyesuaikan dosisnya.

Dosis clindamycin untuk anak-anak sebaiknya ditanyakan kepada dokter. Hati-hati jika Anda menderita gangguan pencernaan semacam penyakit Crohn atau kolitis, penyakit hati, porfiria, maupun penyakit ginjal. Jika overdosis terjadi, segera temui dokter. Dosis clindamycin untuk orang dewasa adalah sebanyak 150 sampai dengan 450 miligram setiap enam jam. Dosis akan disesuaikan dengan kondisi pasien, tingkat keparahan, dan respon tubuh pasien terhadap obat. Untuk pasien anak-anak, dosis akan disesuaikan dengan berat badan masing-masing.

Konsumsi clindamycin dengan benar, dengan mengikuti anjuran dokter serta membaca informasi yang terdapat dalam kemasan sebelum mengonsumsinya. Clindamycin bisa dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan. Tidak dianjurkan untuk menelan kapsul clindamycin dengan langsung tanpa minum air. Hal tersebut dikhawatirkan kapsul bisa tersangkut di tenggorokan dan membuat iritasi. Tidak hanya itu, jangan pula membuka kapsul dan mengonsumsi isinya.

Beri jarak cukup antar dosis dan upayakan juga untuk mengonsumsi clindamycin di jam yang sama setiap harinya. Hal tersebut dilakukan agar efeknya maksimal. Pasien yang lupa mengonsumsi obat ini, segeralah meminumnya saat teringat, dengan catatan, jadwal minum selanjutnya tidak begitu dekat. Jika sudah terlanjur terlewat, tidak usah menggandakan dosis untuk menggantinya.

Pastikan untuk menghabiskan semua dosis yang diresepkan dokter meski kondisi sudah tampak membaik. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk mencegah bakteri penyebab infeksi datang kembali. Jika kondisi tidak juga membaik setelah mengonsumsi clindamycin sekalipun obat telah habis, segera periksakan diri ke dokter.

Kenali efek samping clindamycin seperti iritasi tenggorokan, rasa tidak nyaman pada perut, terasa nyeri pada perut, dan ruam di kulit dan terasa sangat gatal. Hubungi dokter yang memberikan resep jika Anda mengalami diare usai mengonsumsi clindamycin.

By Ana Rediana - Obat Kimia Selasa, 13 September 2016 15:48:14

Related Post :
Manfaat
Manfaat Megonsumsi Alpukat untuk…

Tak hanya nikmat, buah…

Tips
Cara Alami Menghilangkan Bopeng…

Jerawat di wajah seringkali…

Tips
Cara Mengecilkan Perut Setelah…

Cara mengecilkan perut setelah…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Madu Ditinjau…

Madu kaya akan kandungan…

Kesehatan
Suka Makan Gorengan? Waspada…

Suka makan gorengan? waspada…

Ibu Dan Anak
Cara Penanganan Asma Yang…

Berbagai cara penanganan asma…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Pereda Bronkitis Akut Edotin atau Erdosteine

Obat Pereda Bronkitis Akut Edotin…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Pelawan Bakteri Sulfamethoxazole

Sulfamethoxazole merupakan obat antibiotik yang…

Obat Kimia
Obat Simvastatin Penurun Kolesterol Dalam Darah

LDL atau kolesterol jahat gampang…

Kirim Pertanyaan
Top