Waspadai Gejala Penyakit Diabetes Pada Anak Sejak Dini

Share dan Tag Temanmu di :

Anak merupakan salah satu anugerah paling berharga yang di berikan tuhan. Oleh karena itu, semua orang tua pasti menginginkan dan selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya. Oleh karena itu, para orang tua terlebih bunda jangan sampai lengah untuk tetap memperhatikan kesehatan si kecil. Karena pada saat ini banyak sekali berbagai macam penyakit yang dapat menyerang si kecil, dan dapat berdampak parah jika gejala tidak terdeteksi sejak dini. Salah satu gejala penyakit yang kini patut bunda bunda waspadai adalah gejala penyakit diabetes pada anak.


Apakah penyakit diabetes dapat menyerang anak-anak? Mungkin pertanyaan tersebut yang kini muncul di benak anda. Selama ini, penyakit dibates sangat identik dengan penyakit para lansia. Akan tetapi seiring dengan pola hidup yang serba instan seperti sekarang ini, diabetes pun kini sangat rentan menyerang anak-anak. Diabetes sendiri merupakan suatu kondisi dimana tubuh gagal untuk menghasilkan atau menyerap insulin. Pada anak-anak, umumnya mereka menderita diabetes tipe 1, yang dapat berubah sewaktu-waktu menjadi diabetes tipe 2. sebuah penelitian pun menyebutkan, bahwa anak-anak yang mengalami diabetes beberapa waktu ini mengalami peningkatan.

Penyebab penyakit diabetes pada anak sendiri di pengaruhi oleh multi-faktor, terlebih gaya hidup, pola makan yang buruk, riwayat diabetes pada keluarga serta obesitas di sinyalir sebagai pemicu diabetes pada anak. Asupan gula yang tinggi juga di sebut menjadi penyebab signifikan diabetes pada anak. Padahal lembaga kesehatan dunia atau WHO telah merekomedasikan supaya gula yang di berikan kepada anak tidak boleh lebih dari 10 persen yang di perlukan.

Ciri dan gejala diabetes pada anak

Pada dasarnya, gejala diabetes sering kali di sebut dengan 3P atau poligafi (banyak makan), pilidipsi (Banyak minum), dan poliuri (atau banyak kencing). Adapun gejala diabetes pada anak adalah sama. Sehingga jika orang tua melihat gejala-gejala tersebut terjadi pada buah hati anda, anda jangan menganggapnya normal, akan tetapi patut mewaspadainya. Adapun ciri dan gejala diabetes pada anak diantaranya adalah:

Sering merasa lapar
salah satu gejala diabetes pada anak adalah sering kali mengalami rasa lapar. Hal tersebut di sebabkan karena tidak adanya insulin yang cukup, sehingga asupan gula yang masuk ke dalam tubuh tidak di proses dengan baik, yang menyebabkan kandungan glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel. Akibatnya, organ akan mengalami kehabisan energi dan memicu rasa lapar yang berlebih.

Peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil
Kondisi tersebut terjadi di akibatkan ladar gula yang tinggi dalam aliran darah anak yang membuat cairan di tarik ke jaringan. Hal tersebut kemungkinan besar akan membuat anak sering mengalami dahaga dan bisa meningkatkan intensitas buang air kecil yang lebih sering.

Mudah lelah dan lesu
Hal tersebut di karenakan sel-sel tubuh anak yang sangat minim akan kandungan gula.

Penglihatan menjadi kabur
Jika gula darah anak semakin tinggi, maka cairan akan di tarik  dari lensa mata sehingga akan memicu kemampuan anak untuk bisa fokus  menurun drastis.

Penurunanan berat badan yang tidak wajah
Meski umumnya anak-anak yang menderita diabetes sering makan, akan tetapi mereka juga akan mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar.

Infeksi ragi
Gejala diabetes pada anak lainnya adalah terjadinya infeksi ragi organ vital anak-anak, terlebih pada anak perempuan. Hal tersebut pula yang dapat menyebabkan penderita mengalami ruam popok.

Masalah perilaku
Penyakit diabtes juga umumnya mampu mempengaruhi perilaku anak. Mereka akan menjadi mudah labil dan sering merasa jengkel. Hal tersebut di akibatkan adanya peningkatan gula darah yang tinggi.

Nah itulah beberapa tanda atau gejala diabetes pada anak yang patut di waspadai sejak dini. Apabila si kecil mengalami beberapa gejala tersebut,  harap segera periksakan diri ke pusat pengobatan agar mendapat penangan yang tepat.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Selasa, 13 September 2016 16:24:15

Related Post :
Kesehatan
Berbagai Penyebab Pendengaran Berkurang…

Selain faktor usia dan…

Kesehatan
Kaki Bengkak? Ini Penyebab…

Beragam penyebab kaki bengkak…

Manfaat
Khasiat Cordyceps Bantu Atasi…

Khasiat cordyceps dipercaya mampu…

Tips
Tips Cara Memasak Sayuran…

tips cara menikmati sayuran…

Manfaat
Manfaat Kandungan Gizi Buah…

Manfaat kandungan gizi buah…

Manfaat
Khasiat Ikan Gabus Bantu…

Selain mengonsumsi obat dokter,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Mengetahui Panduan Tahapan dalam Memandikan Bayi

Mengetahui panduan tahapan dalam memandikan…

Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Kondisi Bayi Kembar Siam Berikut

Kembar siam merupakan suatu kondisi…

Ibu Dan Anak
Kebiasaan Buruk yang Dapat Pengaruhi Posisi Gigi Anak

Selain faktor genetik, juga terdapat…

Kirim Pertanyaan
Top