Khasiat Angkak Sebagai Obat Herbal Demam Berdarah

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin angkak tidak begitu familiar di kalangan masyarakat luas. Tetapi, angkak diyakini memiliki khasiat dan manfaat yang ampuh untuk mengatasi demam berdarah. Lalu apa kandungan dan khasiat angkak sebagai obat herbal demam berdarah yang ampuh ? Bagaimana cara mengonsumsinya ? Simak informasi lengkapnya hanya disini !!

Manfaat dan Khasiat Angkak Sebagai Obat Herbal Demam Berdarah


Angkak atau beras fermentasi dengan ragi merah ini telah dikenal oleh penduduk Cina sejak ratusan tahun lalu dan biasa digunakan sebagai bagian dari campuran rempah masakan atau herbal kesehatan Cina. Di Indonesia sendiri, angkak selain digunakan sebagai bahan makanan juga banyak digunakan untuk menunjang pengobatan demam berdarah dan dipercaya dapat membantu penderita agar segera pulih dan terbebas dari demam berdarah yang dialaminya.

Angkak dapat meningkatkan trombosit secara signifikan. Ini disebabakna karena di dalam angkak terkandung beberapa senyawa aktif seperti monakolin, lovastatin, dihidromonakolin. Tidak hanya ituk, didalam angkak juga terkandung senyawa lain berupa komponen sterol, seperti betassitosterol, compesterol, stigmasterol, sapogenin, isoflavon, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Pernyataan tersebut juga terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tikus putih sebagai objeknya. Efek angkak pada penderita demam berdarah sangat cepat.

Selain itu, Diansyah MN dkk dari Universitas Airlangga Surabaya juga melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui khasiat angkak untuk pengobatan demam berdarah. Penelitian ini melibatkan 30 orang pasien penderita demam berdarah.

Pada 15 pasien dari kelompok tersebut ditambahkan kapsul ekstrak angkak dalam terapi hariannya. Dan hasilnya menunjukkan adanya penurunan nilai thrombopoiesis yang lebih besar jika dibandingkan dengan pasien yang tidak ada penambahan angkak dalam terapi pengobatannya. Dengan bergeraknya nilai trombosit ke normal, maka itu artinya komplikasi demam berupa perdarahan dapat diminimalkan.

Beberapa penelitian lain menunjukkan efek angkak dalam menekan reaksi peradangan yang umumnya terjadi dalam demam berdarah. hasil ini sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Rombe A dari Institut Pertanian Bogor, dimana tikus yang diberikan terapi angkak mengalami peningkatan trombosit sekitar 152.2% dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan angkak.

Bahkan, pada penelitian lain yang dilakukan oleh S. I. Wiyasihati, K. W. Wigati, T, terapi angkak terbukti dapat meningkatkan jumlah trombosit lebih besar jika dibandingkan dengan ekstrak kurma dan jambu.

Untuk mendapatkan khasiat angkak sebagai obat herbal demam berdarah bisa dilakukan dengan cara menyeduh 1 sendok makan angkaka dengan 2 gelas air panas. Kemudian konsumsi air seduhan tersebut secara rutin setiap harinya. Tidak ada batasan berapa kali meminumnya dalam sehari. Selain itu, And ajuga bisa mengolah 1/2 hingga 1 sendok makan angkak yang dikombinasikan dengan ayam menjadi sup. Jangan menambahkan angkak terlalu banyak, karena bisa menyebabkan sup menjadi terasa pahit.

Meskipun begitu, angkak ini tidak bisa dijadikan terapi tunggal dalam mengatasi demam berdarah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar pengobatan tetap dilakukan secara optimal dan kesembuhan bisa segera di capai.

Selain melakukan pengobatan, alangkah baiknya jika Anda juga mencegah wabah penyakit demam berdarah dengan selalu menghindari berkembangnya nyamuk demam berdarah dengan cara memelihara lingkungan agar tetap bersih dan cukup sinar matahari.

By Sri Maryati - Obat Cina Rabu, 14 September 2016 15:03:45

Related Post :
Kesehatan
Mengenali Penyebab dan Faktor…

Down syndrome merupakan kelainan…

Tips
Tips Melakukan Terapi Oksigen…

Tips Melakukan Terapi Oksigen…

Tips
Cara Membuat Kopi Hijau…

Cara membuat kopi hijau…

Tips
Badan Lemas saat Nonton…

Ingin nonton Asian Games…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Penyakit
Ketahui Gejala dan Metode…

Ketahui gejala dan metode…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan

Diskusi terkait tidak ditemukan

Obat Cina
Obat Tradisional Parkinson Paling Ampuh Tanpa Efek Samping

Obat tradisional parkinson paling ampuh…

Obat Cina
Obat Cina
Obat Herbal Kanker Tulang Paling Ampuh dan Aman

Obat herbal kanker tulang paling…

Kirim Pertanyaan
Top