Dosis Dan Manfaat Obat Bisacodyl Untuk Mengatasi Konstipasi

Share dan Tag Temanmu di :

Bisacodyl adalah obat yang bisa dipakai dalam mengatasi konstipasi. Cara kerjanya adalah dengan merangsang otot usus besar agar kotoran mudah dikeluarkan. Konstipasi adalah kondisi yang membuat frekuensi buang air besar menjadi jarang atau di bawah normal serta tinja bertekstur keras. Penyebab konstipasi bermacam-macam seperti suka menahan buang air besar, kurang minum air, sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan kurang serat, serta kurang olahraga. Tidak hanya itu, konstipasi juga disebabkan karena efek samping konsumsi obat hamil atau obat pereda rasa sakit.


Manfaat obat bisacodyl tidak hanya di gunakan untuk mengatasi konstipasi. Akan tetapi, juga bisa diberikan dokter sebelum prosedur operasi dilakukan dan digunakan untuk mengosongkan isi perut sebelum dilakukan pemeriksaan medis tertentu. Obat berjenis obat pencahar ini hanya bisa di konsumsi anak-anak usia 4 tahun keatas dan orang dewasa. Bisacodyl berbentuk suppositoria dan tablet.

Perempuan hamil dan menyusui hanya bisa mengonsumsi obat ini sesuai dengan anjuran dokter. Dosis bisacodyl untuk anak-anak usia 4 sampai 10 tahun harus ditanyakan pada dokter. Hati-hati dalam mengonsumsi bisacodyl jika Anda sebelumnya mual, dehidrasi, merasa nyeri pada perut yang hebat, serta baru saja menjalani operasi perut.

Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi bisacodyl bersama dengan obat-obatan lain termasuk obat diuretik tanpa petunjuk dokter. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya. Hindari mengonsumsi makanan yang memperburuk gejala konstipasi seperti gula, permen, kue, keju, dan pudding.

Mengenai dosis bisacodyl, berikut kami berikan dosis yang bisa dipakai untuk mengatasi konstipasi pada anak maupun dewasa dalam jangka pendek.

  • Dosis untuk anak usia 10 tahun keatas sampai orang dewasa adalah 5 sampai 10 miligram per hari sebelum tidur malam.
  • Dosis untuk anak usia 4 sampai 10 tahun harus ditanyakan pada dokter. Namun umumnya dosis yang dianjurkan adalah 5 miligram per hari sebelum tidur di malam hari.

Sementara untuk keperluan pemeriksaan medis, berikut kami berikan dosis bisacodyl.

  • Untuk anak-anak usia 10 tahun keatas sampai orang dewasa, dosisnya 10 miligram di pagi dan malam hari, lalu 10 miligram dalam bentuk suppositoria untuk esok harinya.
  • Untuk anak-anak usia 4 sampai 10 tahun, dosisnya tanyakan dulu pada dokter. Tetapi biasanya dosis yang dianjurkan adalah 5 miligram di malam hari dan 5 miligram dalam bentuk suppositoria untuk esok harinya.

Mengonsumsi obat pencahar bisa menimbulkan efek samping. Efek samping bisacodyl diantaranya adalah diare, rasa tidak nyaman atau kram perut, mual, dan iritasi dubur pada pengguna suppositoria.

By Nida Saripah - Obat Kimia Kamis, 15 September 2016 13:33:06

Related Post :
Kesehatan
Obat tetes Air Mata…

Mengenal berbagai jenis air…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Saat Vertigo…

Pertolongan pertama saat vertigo…

Kesehatan
Cara Tepat Untuk Mengatasi…

Berikut adalah beberapa langkah…

Kesehatan
Mengenal Manfaat Berkebun untuk…

Meskipun bisa membuat tangan…

Penyakit
Mengenal Virus Yang Menjadi…

Mengenal virus yang menjadi…

Manfaat
Manfaat Strawberry Untuk Menurunkan…

Manfaat strawberry untuk menurunkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Baclofen, Obat Kimia Relaksan Otot

Baclofen, Obat Kimia Relaksan Otot…

Obat Kimia
Mengetahui Jenis Obat-Obatan untuk Bantu Atasi Alergi Dingin

Selain menghindari suhu dingin, Anda…

Obat Kimia
Bahaya Penggunaan Antibiotik Yang Tidak Tepat

Waspadai bahaya penggunaan antibiotik yang…

Kirim Pertanyaan
Top