Mengenal Karotenoid Pada Hewan Atau Tanaman Astaxanthin

Share dan Tag Temanmu di :

Astaxanthin merupakan sebuah karotenoid atau pigmen alami yang membuat hewan, tanaman, atau buah-buahan berwarna merah atau merah muda. Pigmen ini terdapat dalam salmon atau beberapa jenis alga. Sumber alami lainnya adalah berbagai makanan laut seperti lobster dan udang. Astaxanthin yang juga bisa dipakai sebagai antioksidan dipercaya mempunyai banyak sekali manfaat. Diantaranya adalah untuk menjaga ketahanan tubuh atau imunitas, melawan efek radikal bebas, dan memelihara kesehatan secara general.


Astaxanthin termasuk obat yang berjenis suplemen dan terdapat bebas di pasaran, artinya penggunaan obat ini tidak harus selalu menggunakan resep dokter. Manfaat astaxanthin adalah untuk mencegah kerusakan sel-sel karena serangan radikal bebas, memelihara kesehatan tubuh, sistem kekebalan tubuh, dan daya tahan tubuh, serta digunakan untuk pengobatan suportif terhadap gangguan mata. Obat berbentuk cair dan kapsul ini bisa dikonsumsi orang dewasa.

Astaxanthin bisa dibeli bebas di apotek dan tersedia dalam berbagai jenis merk. Namun ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau apoteker dalam mengambil manfaat dari suplemen ini sebelum dikonsumsi. Untuk perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, maupun sedang menyusui, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi astaxanthin.

Hati-hati dalam mengonsumsi suplemen astaxanthin jika mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh, kadar kalsium rendah, mengalami osteoporosis, gangguan hormon, gangguan pada kelenjar paratoid, hipotensi, dan mengonsumsi imunosupresan ataupun obat anti hipertensi. Segera temui dokter jika terjadi overdosis atau alergi dalam mengonsumsi astaxanthin.

Dosis astaxanthin akan berbeda-beda pada setiap orang dan tergantung pula terhadap merk yang dipakai. Sebelum mengonsumsi suplemen ini, baca aturan pakai yang tertera pada kemasan lalu ikuti juga petunjuk mengenai jangka waktu yang aman untuk mengonsumsi serta dosis dan frekuensi penggunaannya. Bentuk suplemen yang dikonsumsi akan berpengaruh pada dosis. Jika ragu dalam mengonsumsinya, konsultasikan dengan apoteker maupun dokter.

Konsumsi astaxanthin dengan cara yang benar. Selama mengonsumsi suplemen ini, ada baiknya Anda menjalani pemeriksaan kesehatan dengan teratur ke dokter. Langkah tersebut membantu dokter memastikan mengenai perkembangan kondisi dan efektivitas suplemen ini. Astaxanthin baik dikonsumsi dengan makanan. Jika mengonsumsi suplemen atau obat lain selain astaxanthin, beri tahu dulu dokter tempat konsultasi.

Ketika lupa mengonsumsi astaxanthin, sebaiknya segera meminumnya begitu ingat. Namun dilarang menggandakan dosis di jadwal minum berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlupa. Mengenai efek samping, astaxanthin sebenarnya jarang menyebabkan efek samping terutama jika dikonsumsi dengan normal. Jika terjadi alergi atau overdosis astaxanthin, segera hubungi dokter.

By Sri Maryati - Alami Kamis, 15 September 2016 13:40:57

Related Post :
Penyakit
Komplikasi Penyakit Epilepsi Pada…

Berikut adalah komplikasi penyakit…

Manfaat
Manfaat Omega 3 pada…

Ikan tuna merupakan salah…

Penyakit
Mengetahui Ciri-ciri Gejala Seseorang…

Mengetahui ciri-ciri gejala seseorang…

Penyakit
Kenali Penyebab Sakit Kepala…

Kenali penyebab sakit kepala…

Kesehatan
Wajib Tahu! Jenis-jenis Kanker…

Berikut ini jenis-jenis kanker…

Kesehatan
Sakit Kepala saat Lihat…

Saat melihat cahaya terang,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Obat Diabetes Alami Bebas Efek Samping

obat diabetes basah dan kering…

Alami
Cara mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

Cara mengatasi sakit kepala secara…

Alami
Kirim Pertanyaan
Top