Obat Untuk Meredakan Gejala Penyakit Asam Urat Colchicine

Share dan Tag Temanmu di :

Colchicine, Obat Untuk Meredakan Gejala Penyakit  Asam Urat

Penyakit asam urat adalah sebuah kondisi yang akrab dengan orang lanjut usia. Serangan penyakit asam urat terjadi saat kristal-kristal tajam yang terbuat karena kadar asam urat dalam darah mengiritasi tendon dan persendian. Tidak hanya rasa sakit yang dirasakan dan mengganggu, iritasi ini juga membuat peradangan dan pembengkakan.


Colchicine adalah obat yang dipakai untuk meredakan gejala dari rasa sakit karena serangan mendadak penyakit asam urat. Dokter akan memberi resep colchicine jika pasien tidak bisa mengonsumsi pain killer atau obat pereda sakit dari golongan antiinflamasi nonsteroid karena beberapa alasan. Cara kerja colchicine adalah dengan menurunkan laju peredaran sel darah putih ke daerah uang mengalami inflamasi atau peradangan sehingga siklus radang akan terputus. Dengan demikian, rasa sakit dan pembengkakan akan mereda dengan sendirinya.

Obat resep yang berbentuk tablet satu ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak berusia di atas 12 tahun dan orang dewasa. Perempuan yang sedang hamil tidak dianjurkan mengonsumsi colchicine. Sementara perempuan yang sedang menyusui sebaiknya menyesuaikan dosis dengan anjuran dokter. Anak-anak di bawah usia 12 tahun mutlak tidak boleh mengonsumsi colchicine. Hati-hati jika Anda menderita gangguan hati, gangguan ginjal, gangguan jantung, gangguan darah, serta masalah pada sistem pencernaan.

Tidak dianjurkan menggunakan colchicine bersama obat-obatan lain tanpa petunjuk doker karena bisa menyebabkan interaksi obat yang membahayakan. Jika overdosis atau terjadi alergi, hubungi dokter segera. Dosis colchicine untuk pengobatan gejala asam urat yang pertama kali adalah 1000 mikrogram dilanjut dengan 500 mikrogram atau setengahnya setiap 2 sampai 3 jam sampai gejala mereda.

Dosis colchicine maksimalnya adalah 6000 mikrogram per rangkaian terapi untuk satu kali serangan penyakit asam urat. Sementara untuk mencegah serangan asam urat, dosisnya adalah 1000 sampai 1500 mikrogram setiap hari. Dosis akan diberikan dokter sesuai tingkat keparahan penyakit, respon terhadap obat, serta kondisi kesehatan pasien. Dosis untuk pasien berusia 65 tahun ke atas umumnya akan lebih sedikit dibandingkan pasien dengan umur 12 sampai 64 tahun.

Agar pengobatan dengan colchicine maksimal, sebaiknya dibarengi dengan penerapan gaya hidup sehat seperti mengurangi minuman manis, menjaga berat badan agar tetap ideal, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi colchicine diantaranya adalah mual, sakit perut, diare, dan muntah. Jika mual dan diare terjadi usai mengonsumsi colchicine, hentikan dulu penggunaan sampai gejala tersebut mereda.

By Ana Rediana - Obat Kimia Kamis, 15 September 2016 15:53:08

Related Post :
Alami
Cara Alami Mengatasi Kulit…

Berikut adalah cara alami…

Kesehatan
Benarkah Makan Es Krim…

Es krim merupakan salah…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Daun
Manfaat Daun Encok Yang…

Tahukah anda apa saja…

Tips
Anda Cukup Kompres Pakai…

Anda cukup kompres pakai…

Tips
Tips Cara Mengatasi Wajah…

Minyak pada kulit wajah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Fenofibrate Obat Untuk Mengatasi Hyperlipidaemia

Fenofibrate obat untuk mengatasi konsentrasi…

Obat Kimia
Komposisi Obat untuk Penyakit Tulang Strontium

Komposisi obat untuk penyakit tulang…

Obat Kimia
Cilostazol Obat Untuk Mengatasi Kram Pada Kaki

Cilostazol obat untuk mengatasi kram…

Kirim Pertanyaan
Top