Mengenal Gejala Penyebab Dan Jenis-Jenis Alergi

Share dan Tag Temanmu di :

Kenali gejala, penyebab dan jenis-jenis alergi.

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya meski sebenarnya tidak. Hal tersebut berupa substansi yang bersentuhan atau masuk ke dalam tubuh. Substansi pemicu alergi atau allergen hanya berdampak pada orang yang mempunyai alergi tersebut. Substansi yang bisa menjadi penyebab alergi diantaranya adalah tungau debu, gigitan serangga, obat-obatan, bulu hewan, serbuk sari, dan makanan tertentu.

Ketika tubuh berpapasan dengan allergen, tubuh memproduksi antibodi karena menganggap hal tersebut adalah sesuatu hal yang berbahaya. Jika tubuh berpapasan lagi dengan allergen sama, maka tubuh akan meningkatkan jumlah antibodi terhadap alergen tersebut. Hal tersebut memicu pelepasan senyawa kimia di dalam tubuh yang membuat gejala alergi muncul.


Gejala-gejala yang muncul ketika alergi adalah batuk-batuk, bersin-bersin, ruam pada kulit, sesak nafas, mata berair, hidung beringus, gatal dan merah pada mata serta bengkak di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen seperti di mulut, wajah, dan lidah.

Tingkat keparahan alergi berbeda-beda setiap orang. Ada yang ringan, ada yang menengah, ada juga yang fatal atau anafilaksis. Jika anafilaksis terjadi, penanganan medis darurat pasti akan dibutuhkan. Cara ampuh untuk mencegah alergi adalah dengan menghindari diri dari alergen. Namun jika gejala alergi muncul, beberapa obat anti alergi bisa dikonsumsi.

Gejala alergi yang terjadi biasanya tergantung pada jenis alergen. Misal gejala alergi karena makanan yang menyebabkan gejala pada mulut serta sistem pencernaan. Sementara alergi debu bisa menyebabkan gejala pada sistem pernafasan. Berikut kami jelaskan jenis-jenis alergi secara detailnya.

- Alergi karena substansi dari udara. Jika mempunyai alergi terhadap substansi di udara seperti serbuk sari, debu, dan tungau debu, maka gejalanya biasanya berupa bersin-bersin. Gejala tersebut bisa berkembang menjadi hidung mampet atau berair yang memicu sulit bernafas. Selain itu, gejalanya bisa juga berupa mata berair, mata merah, dan gatal-gatal pada hidung.
- Alergi karena sengatan atau gigitan serangga. Gejala umum ketika digigit atau disengat serangga adalah adanya pembengkakan pada bagian yang digigit. Selain itu bisa juga berupa gatal-gatal di seluruh tubuh, sesak dada, batuk-batuk, dan sesak nafas.
- Alergi karena makanan. Alergi ini bisa menyebabkan sensasi gatal di mulut dan pembengkakan di bibir, mata, tenggorokan, lidah, hingga wajah. Tidak hanya itu, gejala alergi lain juga bisa terjadi seperti mual-mual, diare, sakit perut, dan merah pada kulit.
- Alergi karena obat. Gejala alergi karena obat bisa berupa gatal-gatal pada kulit, pembengkakan pada wajah, sulit bernafas, dan ruam pada kulit.

Jika mengalami gejala di atas, cari tahu penyebabnya dan konsultasikan dengan dokter untuk segera ditangani.

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 16 September 2016 10:47:07

Related Post :
Kesehatan
Ini Jenis Makanan Yang…

Jenis makanan yang perlu…

Tips
Penyebab Gigi Ngilu dan…

Penyebab gigi ngilu dan…

Daun
Manfaat Daun Sendok Bagi…

Ketahui kandungan, khasiat dan…

Alami
Obat Herbal Untuk Penyakit…

Obat polip usus alami…

Penyakit
Mengenal Jenis Kanker Payudara

Kanker payudara biasanya terbagi…

Kesehatan
Mengenal Gejala Fibrilasi Atrium…

Tahukah anda apa itu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top