Obat Clopidogrel untuk Mencegah Pembekuan Darah di Arteri

Share dan Tag Temanmu di :

Clopidogrel adalah sebuah obat  yang diberikan untuk mengurangi kekentalan darah serta mencegah terjadinya pembekuan darah dalam arteri. Tujuan penggunaan clopidogrel adalah untuk mengurangi risiko terjadinya stroke maupun serangan jantung. Biasanya obat clopidogrel untuk mencegah pembekuan darah di arteri diberikan kepada orang yang baru terkena stroke maupun serangan jantung atau orang yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit tersebut. Orang yang berisiko tinggi diantaranya adalah mereka yang menderita sindrom koroner akut, gangguan sirkulasi darah dan fibrilasi atrium.


Clopidogrel bisa dikonsumsi individu maupun dibarengi dengan obat lain seperti aspirin dosis rendah yang memiliki fungsi untuk mencegah pembekuan darah. Jika dikonsumsi bersamaan, efeknya akan sangat efektif namun risiko pendarahancenderung lebih tinggi terjadi dalam usus. Obat yang berjenis anti platelet ini tergolong obat resep. Berbentuk tablet, clopidogrel hanya dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Karena termasuk obat resep, pastikan untuk meminumnya sesuai petunjuk yang disarankan dokter.

Perempuan hamil, sedang menyusui, atau sedang dalam program kehamilan tidak disarankan mengonsumsi clopidogrel. Sementara untuk penderita gangguan ginjal, gangguan organ hati, gangguan pendarahan, danulkus peptikum sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsi obat ini. Obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi orang di bawah usia 16 tahun, kecuali jika dokter memperbolehkan. Ketika terluka, pendarahan akan lebih lama berhenti dari biasanya. Jika hal tersebut terjadi, segera hubungi dokter. Jika akan melakukan perawatan gigi atau menjalani operasi, beritahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi clopidogrel.

Dosis clopidogrel biasanya diresepkan dokter dengan dosis 75 miligram per hari. Dosis bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan paasien. Konsumsilah clopidogrel dengan benar. Ikuti anjuran dokter serta biasakan untuk membaca informasi yang ada pada kemasan sebelum menggunakannya. Mengonsumsi clopidogrel bersama dengn aspirin dosis rendah hanya diresepkan untuk waktu yang terbatas maksimal sampai 12 bulan.

Clopidogrel bisa dikonsumsi kapan saja namun sebaiknya konsumsi obat ini di waktu sama setiap harinya. Clopidogrel bisa dikonsumsi baik sebelum, ketika, maupun setelah makan. Ketika tidak sengaja melewatkan jadwal minum, sebaiknya segera meminumnya saat ingat. Namun tidak dianjurkan mengganti dosis yang terlewat di jadwal minum selanjutnya.

Kenali efek samping obat clopidogrel untuk mencegah pembekuan darah di arteri dan bahayanya. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi usai mengonsumsi clopidogrel adalah mimisan, memar, sakit perut, pendarahan di bawah kulit atau lepuh darah, gangguan pencernaan, diare, dan konstipasi. Temui dokter segera jika terjadi efek samping yang serius seperti memar di bawah kulit, demam, bintik-bintik merah, sangat lelah, merasa linglung, dan penyakit kuning. 

By Sri Maryati - Obat Kimia Jum'at, 16 September 2016 13:37:39

Related Post :
Penyakit
Faktor Penyebab Impotensi Atau…

Faktor penyebab impotensi atau…

Tips
Cara Mengatasi Bayi atau…

Cara mengatasi bayi atau…

Kesehatan
Jangan Abaikan! Ternyata Keringat…

Meskipun bisa membuat badan…

Kesehatan
Ini Bahayanya Jika Malas…

Pembalut adalah produk kewanitaan…

Kesehatan
Makanan Pemicu Radang Usus…

Meskipun penyebab usus buntu…

Obat Kimia
Vitamin Untuk Menjaga Fungsi…

Vitamin untuk menjaga fungsi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Kimia
Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian Wajah Keriput

Suntikan Filler solusi wajah keriput…

Kirim Pertanyaan
Top