Hindari Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung Berikut

Share dan Tag Temanmu di :

Ada berbagai masalah yang bisa timbul pada sistem pencernaan, salah satunya pada lambung. Dan asam lambung tinggi atau naiknya asam lambung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dikeluhkan oleh masyarakat.


Ketidakseimbangan asam lambung dalam tubuh bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh, terutama pada bagian lambung. Pada beberapa kasus, penderita merasakan nyeri, perih, dan sakit pada bagian lambung.

Penyakit naiknya asam lambung ini bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, namun mungkin terjadi setelah mengonsumsi makanan berat dengan kandungan asam yang tinggi. Maka dari itu, untuk mencegah asam lambung tinggi, hindari makanan pemicu naiknya asam lambung berikut ini :

Susu

Susu merupakan minuman yang banyak disukai dan sering dipandang sebagai obat yang mampu mengatasi masalah pencernaan. Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa susu sapi justru dapat merangsang produksi asam dan sangat rentan memicu mulas.

Peppermint

Walaupun biasanya peppermint digunakan dalam minuman untuk memberikan kenyamanan pada perut, namun ternyata peppermint ini memiliki efek samping yang buruk bagi penderita asam lambung tinggi.

Keju

Salah satu jenis produk olahan dari susu ini mengandung lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat memperlambat proses pencernaan dan pengosongan lambung. Jadi, alangkah baiknya jika para penderita sakit lambung menghindari jenis makanan yang satu ini.

Coklat

Siapa yang tidak kenal dengan coklat. Semua orang pasti menyukai makanan yang manis ini. Walaupun memiliki rasa yang nikmat, ternyata coklat ini mengandung methylxanthines yang terkait dengan kafetin, sehingga dapat melemaskan otot yang mengontrol aliran balik asam lambung. Hal ini bisa menimbulkan sensasi heartburn.

Selain dengan memperhatikan jenis makanan, ada cara lain yang dapat membantu mengatasi naiknya asam lambung, yaitu dengan membatasi asupan makanan yang dikonsumsi. Biasanya, makanan berat dalam satu waktu dapat mengakibatkan asam lambung naik dibandingkan dengan makan dengan porsi kecil. Mengonsumsi makanan berat bisa mengakibatkan masalah perut, karena makanan tidak dapat dicerna dengan baik untuk konsumsi perut, sehingga menyebabkan naiknya asam lambung.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 16 September 2016 14:25:58

Related Post :
Tips
Penyebab Dan Cara Mengobati…

Cara mengobati radang sendi…

Obat Kimia
Mengetahui Kandungan dan Efek…

Mengetahui kandungan serta efek…

Alami
Obat Alami Maag Kronis…

Penyakit maag merupakan sebuah…

Obat Kimia
Obat Mual Akibat Mabuk…

Obat mual akibat mabuk…

Kesehatan
Makanan Penyubur Kandungan Agar…

Pilihan makanan penyubur kandungan…

Alami
Bahan Alami untuk Bantu…

Selain dapat meningkatkan kolesterol,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Cara melancarkan buang air besar…

Tips
Cara Untuk Mengurangi Risiko Terkena Kanker Ginjal

Mengurangi risiko terjangkitnya suatu penyakit,…

Tips
Cara Menanggulangi Polusi Udara Dalam Ruangan

Pada kenyataannya, polusi udara tidak…

Kirim Pertanyaan
Top