Obat Untuk Mengatasi Penyakit Meniere Betahistine

Share dan Tag Temanmu di :

Betahistine, Obat Untuk Mengatasi Kondisi Karena Penyakit Meniere

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit Meniere? Penyakit Meniere adalah kondisi langka yang bisa memberikan pengaruh pada telinga bagian dalam. Kondisi tersebut akan menyebabkan beberapa gejala seperti tinnitus atau munculnya suara berdesir dalam telinga, vertigo, kehilangan pendengaran, serta merasakan tekanan dalam telinga. Betahistine adalah obat histamin analogue yang manfaatnya untuk mengatasi kondisi karena penyakit Meniere.


Orang yang menderita penyakit Meniere yang mengalami serangan dadakan akan merasakan seluruh atau sebagian dari gejala-gejalanya. Serangan karena penyakit Meniere ini mempunyai beberapa tingkat keparahan dan tingkat pengulangan berbeda. Betahistine diduga bisa mengurangi tekanan pada telinga serta meredakan gejala dengan cara meningkatkan aliran darah ke telinga.

Obat resep yang satu ini berbentuk tablet dan hanya bisa dikonsumsi orang dewasa. Harap perhatikan  jika obat ini dikonsumsi perempuan hamil atau perempuan yang sedang menyusui karena bisa memberi dampak buruk pada janin dan bayi yang sedang disusui. Hati-hati pula dalam mengonsumsi obat ini untuk penderita rhinitis, asma, pernah mengalami tukak lambung, urtikaria, serta penderita feokromositoma dan tumor kelenjar adrenal.

Jika Anda harus mengonsumsi obat lain bersama dengan betahistine, tanyakan pada apoteker atau dokter apakah obat tersebut mengandung antihistamine atau tidak. Hal tersebut penting ditanyakan karena antihistamine bisa mengganggu fungsi obat betahistine. Dosis betahistine di awal penggunaan adalah 8 sampai 16 miligram tiga kali dalam sehari. Selanjutnya bisa direvisi menjadi 24 sampai 48 miligram per hari. Dosis akan diberikan sesuai kebutuhan pasien dan tidak disarankan mengonsumsi obat ini melebihi 48 miligram per hari.

Betahistine hanya boleh dikonsumsi orang dewasa. Anak-anak dan remaja di bawah umur 18 tahun tidak direkomendasikan untuk mengonsumsinya. Pastikan sebelum mengonsumsi betahistine, Anda membaca petunjuk pada kemasan dan mengikuti anjuran dokter dengan tidak menambah ataupun mengurangi dosisnya. Bethistine dikonsumsi tiga kali sehari dan baiknya dikonsumsi ketika makan atau setelah makan.

Betahistine tidak memberikan pengaruh pada kemampuan Anda dalam mengoperasikan alat berat ataupun mengemudi. Namun jika Anda didiagnosis oleh dokter menderita penyakit Meniere ada baiknya Anda menghentikan aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Pasien yang tidak sengaja melewatkan konsumsi betahisine sebaiknya segera mengonsumsinya begitu ingat. Tidak dianjurkan menggandakan dosis betahistine di jadwal selanjutnya untuk mengganti dosis yang telah lewat.

Efek samping betahistine diantaranya adalah sakit kepala, merasa mual, gangguan pencernaan, dan perut kembung. Jika efek samping terus terjadi dan berkepanjangan hingga mengganggu aktivitas, segera temui dokter atau bisa juga datangi rumah sakit paling dekat.

By Ana Rediana - Obat Kimia Jum'at, 16 September 2016 15:44:40

Related Post :
Kesehatan
Inilah Perebedaan Paru-paru Perokok…

Inilah perbedaan paru-paru perokok…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Gejala dan Penyebab…

Mengetahui serta mewaspadai gejala…

Kesehatan
Jangan Bersihkan Telinga dengan…

Cutton bud merupakan hal…

Alami
Ini Dia Alasan Mengapa…

Jamu merupakan tanaman herbal…

Manfaat
Mengetahui Manfaat dan Kebaikan…

Jangkrik biasanya dijadikan sebagai…

Tips
Tips Cara Mengobati Telinga…

Tips cara mengobati telinga…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks di Apotek Acyclovir Oral

Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks…

Obat Kimia
Haloperidol Obat Untuk Masalah Kejiwaan

Haloperidol Obat Untuk Masalah Kejiwaan…

Obat Kimia
Obat Dexamethasone Dipakai Untuk Penyakit Autoimun

Efek samping dan fungsi Dexamethasone…

Kirim Pertanyaan
Top