Gejala Autisme Pada Anak Yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang memberikan pengaruh terhadap komunikasi, interaksi sosial, serta perilaku seseorang. Autisme atau yang disebut juga dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) ini melingkupi sindrom autism dan sindrom Asperger di masa kanak-kanak.


Dari data yang diambil dari Badan Pusat Statistik, di Indonesia tahun 2010 terdapat sekitar 2,4 juta orang yang menyandang autism. Dengan penduduk Indonesia yang berjumlah 237,5 juta jiwa saat itu mengartikan bahwa ada satu orang penyandang autisme dari setiap 100 orang. Autisme memang tidak bisa disembuhkan, namun ada beberapa langkah pengobatan dan jenis penanganan yang dapat membantu para penyandang autisme. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala autisme dan mewaspadainya sedini mungkin.

Gejala autisme umumnya akan tampak setelah adanya perubahan signifikan di dalam hidup seseorang dan mulai berkembang di masa kanak-kanak. Gejala autisme cenderung berbeda-beda pada setiap penyandang, namun bisa dikelompokkan menjadi dua kategori utama.

Pertama, gangguan komunikasi dan interaksi sosial. Gejala tersebut meliputi gangguan kepekaan dan pemahaman terhadap perasaan orang lain dan penguasaan bahasa cenderung lamban. Yang kedua adalah mengenai perilaku terbatas dan bersifat mengulang, minat, serta pola pikir. Contoh gerakan yang diulang-ulang adalah meremas tangan atau mengetuk-ngetuk meja serta merasa kesal jika aktivitas tersebut diganggu.

Penyandang autisme cenderung mempunyai masalah dalam belajar serta kondisi kejiwaan lain seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) atau gangguan hiperaktif, depresi, serta gangguan kecemasan. Gejala autisme umumnya akan diketahui di usia awal perkembangan anak sebelum dia berumur tiga tahun. Segera hubungi dokter jika hal tersebut terjadi pada anak Anda.

Penyebab autisme ada beberapa macam. Ada yang menyebabkan faktor lingkungan dan faktor genetik menjadi penyebab kelainan ini. Namun secara pastinya belum diketahui. Dalam kasus tertentu, autisme juga bisa disebabkan karena beberapa penyakit. Gondong, vaksin campak, serta rubella pernah dicurigai menjadi penyebab autisme. Namun setelah dilakukan penelitian yang melibatkan jutaan anak, peneliti tidak menemukan sama sekali bukti yang menghubungkan vaksin tersebut dengan autisme.

Pada beberapa kasus, ada orang yang tumbuh dewasa tanpa didiagnosis meski sebenarnya gejala autisme sudah muncul sejak kecil. Proses diagnosis ketika dewasa bisa membantu penyandang autisme dan keluarga untuk paham mengenai gangguan tersebut dan mengetahui jenis bantuan seperti apa yang dibutuhkan.

Penyandang autisme dewasa biasanya dihadapkan dengan kesulitan dalam mencari pekerjaan karena adanya tuntutan serta perubahan sosial dalam pekerjaan. Di Indonesia, tepatnya di Jakarta, ada lembaga nirlaba yang memberikan gambaran tentang pelatihan serta penyediaan lapangan kerja untuk penyandang autisme. Lembaga tersebut bernama International Center for Special Care in Education (ICSCE). Lembaga tersebut membantu penyandang autisme mencari pekerjaan yang cocok dengan kemampuan mereka.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Jum'at, 16 September 2016 15:53:54

Related Post :
Tips
Cara Alami Menghilangkan Bopeng…

Jerawat di wajah seringkali…

Tips
Tips Cara Mengatasi Disfagia…

Tips cara mengatasi disfagia…

Tips
Tips Memilih Susu Formula…

Berbagai tips memilih susu…

Kesehatan
Makanan Pengganti Nasi Untuk…

Makanan Pengganti Nasi Untuk…

Penyakit
Hepatitis B dan Komplikasinya

Hepatitis B dan komplikasinya…

Kesehatan
Mengenal 8 Makanan Yang…

Berikut adalah 8 makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Jangan Khawatir! Ini Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara mudah menghilangkan dan mengatasi…

Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa Menginfeksi Paru-Paru Anak

Kebiasaan merokok yang sering dilakukan…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Tak Rewel saat Diminta Makan Sayur

Diperlukan beberapa metode untuk mengatasi…

Kirim Pertanyaan
Top