Jenis Penyakit Anemia Dan Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah hemoglobin atau jumlah sel darah merah dibawah normal. Berdasarkan penyebabnya, anemia dibagi menjadi 6 jenis. Namun, sebelum membahas tentang jenis penyakit anemia. Akan membahas dulu tentang penyebab dan gejala anemia.


Pada umumnya anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, gangguan pada sumsum tulang, mengalami pendarahan dan faktor genetik atau keturunan.  

Gejala anemia pada setiap individu berbeda-beda. Namun, pada umumnya gejala anemia diantaranya kelopak mata tampak pucat, mudah lelah walaupun melakukan aktivitas yang ringan, sakit kepala, pusing, wajah terlihat pucat, sesak nafas ketika melakukan aktivitas ringan dan palpitasi.

Jenis Penyakit Anemia Dan Penyebabnya

1.Anemia defisiensi zat besi

Anemia defisiensi zat besi disebabkan oleh kekurangan zat besi. Pada anemia jenis ini ukuran sel darah merahnya lebih kecil dari normal serta warnanyapun lebih pucat. Cara mencegah dan mengobati anemia defisiensi zat besi, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti ikan, telur, produk susu dan daging unggas.

2.Anemia pernisiosa

Anemia pernisiosa atau anemia defisiensi vitamin B12 disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Sedangkan fungsi vitamin B12 ini adalah untuk membentuk sel darah merah serta dapat menjaga kenormalan fungsi saraf. Cara mencegah dan mengobati anemia jenis ini adalah konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti makanan produk hewani.

3.Anemia megaloblastik


Anemia megaloblastik atau disebut dengan anemia defisiensi asam folat yaitu disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan mempunyai masalah penyerapan vitamin B9. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengobati anemia megaloblastik ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran hijau, buah-buahan, sereal, kacang kering dan kacang polong.

4.Anemia aplastik

Anemia aplastik terjadi pada saat tubuh tidak cukup membuat sel darah baru. Anemia aplastik ini dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya kekurang sel darah merah, sel darah putih, trombosit, penyakit autoimun, infeksi virus, faktor keturunan, paparan bahan kimia beracun dan pengobatan kanker.

5.Anemia sel sabit

Disebut anemia sel sabit sebab sel-sel darah merah berbentuk sabit yang tentunya berbahaya sebab dapat terjebak dalam pembuluh darah kecil, sehingga akan menghalangi aliran darah ke organ-organ tubuh.

6.Talasemia

Talasemia ialah bentuk anemia bawaan. Seseorang akan berisiko terkena talasemia bila kedua orangtuanya membawa gen cacat. Oleh karena itu, anda harus selalu menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat seperti mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, asam folat dan B12 agar terhindar dari jenis anemia ini.

Itulah informasi tentang jenis penyakit anemia dan penyebabnya. Semoga dapat bermanfaat.

By Rizka Ardiana - Penyakit Senin, 19 September 2016 14:02:38

Related Post :
Kesehatan
Ikuti Aturan Ini Agar…

Meskipun menyehatkan, jangan lakukan…

Ibu Hamil
Hal Yang Harus Dilakukan…

Hal yang harus dilakukan…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Ingin Ngabuburit Anda Bermanfaat?…

Ada banyak aktivitas yang…

Tips
Cara Mendeteksi Penyakit Leukemia…

Mengetahui cara mendeteksi penyakit…

Kesehatan
Rangkaian Tes untuk Mendiagnosis…

Untuk mendiagnosis penyakit kanker…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Tes Deteksi Serta Metode Pengobatan Kanker Rahim

Tes deteksi serta metode pengobatan…

Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Rahim

Meski penyebab kanker rahim belum…

Penyakit
Gejala Kanker Kandung Kemih Dan Cara Mendiagnosanya

Kanker kandung kemih merupakan kondisi…

Kirim Pertanyaan
Top