5 Jenis Terapi Untuk Penyandang Autisme

Share dan Tag Temanmu di :

Autisme memang tidak dapat disembuhkan. Namun ada banyak pelayanan bantuan terapi perilaku khusus dan pendidikan yang bisa meningkatkan kemampuan para penyandang autisme. Terapi bantuan untuk penyandang autisme mempunyai banyak jenis dan umumnya keluarga memiliki kesulitan dalam memilih bantuan mana yang tepat dan efektif karena efeknya berbeda pada setiap penyandang. Penanganan autisme memerlukan komitmen finansial, emosi, dan waktu.



Program untuk menangani pengidap autisme umumnya melibatkan para spesialis seperti psikolog, dokter spesialis anak, psikiater, ahli terapi okupasi, dan ahli terapi wicara. Aspek penting dalam perkembangan anak yang mengidap autisme yang seharusnya menjadi fokus utama adalah kemampuan berinteraksi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan akademis, dan kemampuan kognitif seperti bermain dengan kreatif.

1.Intervensi interaksi sosial. Bantuan tersebut memiliki tujuan untuk membantu penyandang autisme dalam berkomunikasi dan berinteraksi sehingga mereka mudah beradaptasi. Intervensi ini juga mungkin akan diadakan di sekolah atau bersama orang tua.

2.Analisis perilaku terapan (ABA). Applied Behaviour Analysis atau ABA membagi kemampuannya menjadi tugas sederhana yang diajarkan dengan terstruktur dan memberikan pujian untuk mendorong perilaku baik. ABA umumnya dilakukan di rumah dengan program tertentu yang dapat diterapkan di tempat penitipan anak maupun sekolah. Tugas sederhana yang semakin kompleks dalam terapi ini bisa membantu perkembangan sang anak dalam meningkatkan kemampuannya dengan bertahap. Namun ada sebagian ahli yang mengkhawatirkan intensitas dan meragukan kemampuan yang dikembangkan di luar terapi.

3.Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children atau TEACCH. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menyandang autisme seringkali menunjukkan respon yang lebih baik terhadap informasi yang diberikan lewat visual. Oleh karena itu TEACCH mengutamakan sistem pembelajaran terstruktur yang menggunakan komunikasi visual.

4.Pelatihan dan pengajaran untuk orang tua. Peran orang tua untuk anak-anak yang menyandang autisme sangat penting. Partisipasi aktif orang tua sangat mendukung serta membantu meningkatkan kemampuan anak.

5.Terapi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Ada berbagai macam penanganan yang dapat dianjurkan dalam mengatasi gangguan komunikasi yang dialami anak seperti bantuan terapi psikologi, terapi wicara, dan metode komunikasi makaton. Makaton merupakan metode komunikasi memakai bahas aisyarat serta symbol untuk membantu para penyandang autisme untuk berkomunikasi. Metode tersebut dirancang dalam membantu komunikasi verbal. Oleh karena itu, bahasa isyarat serta symbol umumnya dipakai bersamaan dengan perkataan sehingga artinya bisa lebih dimengerti.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 19 September 2016 14:35:00

Related Post :
Tips
Tips Cara Mengatasi Bibir…

Berikut adalah berbagai tips…

Alami
Obat Nyeri Sendi Di…

Obat nyeri sendi di…

Kesehatan
Tubuh Cepat Kurus Dengan…

Tubuh cepat kurus dengan…

Tips
Tips Cara Menangani Bisul…

Saat kulit terinfeksi yang…

Penyakit
Cara Mengobati Herpes Zoster…

Cara mengobati herpes zoster…

Kesehatan
Ini Larangan Dan Pantangan…

Berikut adalah larangan dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Gangguan Tidur Microsleep yang Ancam Pemudik

Microsleep merupakan salah satu gangguan…

Kesehatan
Mencegah dan Mengatasi Stres dengan Manfaat Nutrisi Alami

Selain berlibur atau beristirahat, beberapa…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Mampet saat Flu

Hidung mampet sering kali dikeluhkan…

Kirim Pertanyaan
Top