Tips Cara Mencegah Penyakit Tbc

Share dan Tag Temanmu di :

TBC merupakan salah satu penyakit yang menular. Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit tbc yaitu dengan menjalankan gaya hidup sehat, bagi perokok aktif sebaiknya kurangi merokok atau bahkan hindari merokok, bagi perokok pasif hindarilah asap rokok, olahraga dan diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat. Pencegahan juga bisa dilakukan sejak masih bayi yaitu dengan pemberian imunisasi BCG pada bayi.



Penyakit TBC atau disebut juga dengan tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri mycobacterium tubrculosis. Bakteri ini dapat menyebar dari penderita kepada orang lain lewat bersin dan batuk. TBC bisa menyerang bagi tubuh manapun, akan tetapi lebih sering menyerang organ paru-paru.  

Ciri-ciri orang terkena penyakit tbc yaitu batuk yang tidak kunjung sembuh atau batuk bercampur darah, sesak nafas, nyeri dibagian dada, menurunnya nafsu makan, berat badan menurun drastis dan berkeringat di malam hari. Jika anda mengalami gejala dari tbc, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter, guna untuk mendapatkan pengobatan bila memang anda terjangkit penyakit tbc.

Tips Cara Mencegah Penyakit Tbc

-Menjaga kesehatan tubuh dan paru-paru dengan cara kurangi merokok dan hindari merokok. Karena merokok memiliki dampak buruk untuk kesehatan terutama kesehatan paru-paru, dimana akan membuat paru-paru menjadi tidak berfungsi dengan baik.

-Jangan terus berdiam diri di rumah. Biasakan untuk sering keluar rumah atau ke tempat yang mempunyai kualitas udara yang baik.

-Biasakan menggunakan masker atau pelindung lainnya bila sedang mengendarai motor. Selain itu, gunakan masker bila berpergian ke tempat umum guna untuk menghindari terkena kontak dengan penderita TBC aktif.

-Istirahat yang cukup. Karena istirahat yang cukup akan membuat badan menjadi kuat dan selalu fit serta sehat sehingga tidak mudah terkena infeksi bakteri salah satunya bakteri penyebab TBC.

-Olahraga secara teratur. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan , menjaga kekuatan otot dan sendi, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru. Bila organ paru-paru berfungsi dengan baik , maka akan terhindar dari penyakit tbc paru.

Pencegahan tidak hanya untuk orang yang masih sehat saja, akan tetapi penderita tbc juga harus berperan. Ada beberapa cara supaya penderita tidak menularan penyakit ini kepada orang lain yaitu jangan terlalu sering bersama dengan orang yang sehat dalam satu ruangan, jangan meludah sembarangan, menjaga kebersihan diri dan menggunakan masker ketika keluar rumah atau ketika sedang mengendarai kendaraan bermotor.

Demian informasi mengenai tips cara mencegah penyakit tbc. Semoga dapat bermanfaat. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.

By Rizka Ardiana - Penyakit Selasa, 20 September 2016 10:04:09

Related Post :
Manfaat
Manfaat Buah Srikaya Untuk…

Srikaya mungkin jarang ditemui…

Kesehatan
Inilah Penyakit Yang Timbul…

Inilah penyakit yang timbul…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Pencegahan…

Penyebab dan cara pencegahan…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Sariawan…

Informasi tentang jenis-jenis sariawan…

Manfaat
Ini Manfaat Kacang Kapri…

Ini beragam manfaat yang…

Kesehatan
Pilihan Makanan untuk Bantu…

Kopi tidak sepenuhnya membuat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Ketahui Beberapa Gejala yang Menyertai Penyakit Migrain

Migrain biasnaya menyerang pengderita dengan…

Penyakit
Kenali Penyakit Polio Serta Penyebab Dan Gejalanya

Mengenal penyakit polio serta jenis-jenis,…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top