Obat TBC Tradisional Dari Bahan Alami Berkhasiat

Melimpah ruahnya bahan alami yang ada di sekitar kita, semata-mata memiliki khasiat tersendiri terlebih untuk kesehatan. Banyak tanaman herbal ataupun rempah yang sering kita temuai ternyata memiliki nilai positif untuk menjadi obat alami, yang mana salah satunya dapat di jadikan sebagai obat TBC tradisional.


Penyakit TBC atau tubercolosis merupakan salah satu penyakit menular yang di sebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterrium tuberkulosis. Pada dasarnya, penyakit ini sering kali mempengaruhi paru-paru. Bakteri penyebab TBC dapat berkembang dan menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui udara, terlebih pada saat penderita batuk dan bersin. Orang yang menderita penyakit TBC aktif perlu mengonsumsi beberapa jenis obat TBC untuk membasmi infeksi dan serta mencegah perkembangan resistensi biotik.

Namun adakalanya, meski tubuh anda terinfeksi bakteri penyebab penyakit tubercolosis, namun kekebalan tubuh dapat mencegahnya, sehingga dapat mencegah anda sakit. Maka darai itu, dokter membagi 2 jenis penyakit TBC:

  • TBC Laten. Pada kondisi tersebut, anda terinfeksi bakteri penyebab TBC akan tetapi bakteri tersebut berada dalam tubuh anda dalam keadaan tidak aktif. Namun, bakteri tersebut dapat aktif sewaktu-waktu sehingga pengobatan secara rutinpun perlu di lakukan oleh penderita TBC ini.
  • TBC aktif. Kondisi ini membuat anda sakit dan bakteri dapat menular ke orang lain. Gejala dapat timbul hanya dalam beberapa minggu setelah seseorang terinfeksi, dan bahkan terjadi setelah beberapa tahun kemudian.

Ada tanda-tanda atau gejala penyakit TBC aktif di derita oleh seseorang:

  • Mengalami batuk selama berminggu-minggu.
  • Mengalami batuk berdarah.
  • Nyeri dada atau sakit pada saat bernafas atau batuk.
  • Penurunanan berat badan.
  • Mudah lelah
  • Demamam dan menggigil.
  • Keringat dingin di malam hari.
  • Kehilangan nafsu makan.

Selain mempengaruhi paru-paru, tubercolosis juga dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya seperti ginjal, tulang belakang dan otak. Dan pastinya gejala TBC di luar paru-paru akan berbeda, tergantung anggahota yang terlibat. Jika anda atau sanak saudara anda mengalami gejala tersebut dan telah di diagnosa positif mengalami penyakit TBC, ada baiknya pengobatan harus segera di lakukan. Baik dengan pengobatan medis ataupun secara alami. Dan bagi anda yang berminat ingin melakukan pengobatan penyakit TBC secara alami, anda dapat menyimak uraian berikut ini.

Obat TBC tradisional dari bahan alami herbal berkhasiat

Selain pengobatan medis, ternyata pengobatan TBC paru-paru juga dapat di lakukan secara alami seperti dengan obat TBC tradisional dari bahan alami berkhasiat berikut. Selain efektif, pengobatan dengan ramuan tradisionalpun tidak menimbulkan efek samping dan biaya yang di keluarkan cukup murah.

1. Jeruk
Salah satu bahan alami yang dapat menjaga kesehatan paru-paru adalah jeruk. Mineral dan berbagai vitamin yang terkandung dalam jeruk mampu meremajakan jaringan paru-paru. Jeruk bertindak sebagai zat ekspektoran  dan dapat mengurangi batuk. Selain itu, obat TBC tradisional ini mampu mencegah infeksi sekunder  dari tubuh dengan tuberkolosis karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara memanfaatkannya: Cukup dengan mengambil 1 gelas jus jeruk, tambahkan sedikit garam dan 1 sendok makan madu. Konsumsi jus ini setiap hari secara tertur untuk menyehatkan paru-paru anda.

2. Lada hitam
Lada hitam sangat efektif dalam membersihkan paru-paru dan lendir. Dan tak terkecuali kandungan di dalamnya mampu untuk meringankan nyeri dada yang di sebabkan oleh mycobacterium. Lada hitam juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu dan mengurangi peradangan yang di sebabakan oleh infeksi dan batuk.

Cara memanfaatkannya: Ambil beberapa butir lada hitam, yang belum lama di simpan dan hancurkan.tumis bubuk lada hitam tersebut dengan satu sendok makan mentega. Makan campuran lada hitam dan lada hitam tersebut selama 3 kali sehari.

3. Walnut atau kenari
Kacang kenari sangat efektif dalam meningkatkan respone kekebalan tubuh ketika anda menderita TBC. Nutrisi yang terdapat dalam kenari dapat memilihkan peradangan dengan cepat.

Cara memanfaatkannya: Campurkan 2 sendok teh bubuk kenari yag di tambahkan dengan 1 sendok pasta bawang putih, dan satu senddok teh mentega. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari untuk mendapatkan bantuan dari tubercolosis.

4. Teh hijau
Teh hijau merupakan salah satu bahan alami yang sangat kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Maka dari itu, teh hijaupun termasuk salah satu obat tradisional TBC yang patut untuk di perhitungkan khasiatnya.

Cara memanfaatkannya sebagai obat herbal TBC adalah dengan merebus teh hijau dengan air untuk membuat teh hijau lalu konsumsi 2-3 kali dalam sehari.

5. Mint
Mint merupakan salah satu bahan alami yang memiliki bakteri propertin yang dapat membantu dalam penyembuhan jaringan yang terkena TBC. Mint akan melarutkan lendir dan mencegah efek samping obat tuberkolosis.

Cara memanfaatkannya: Campurkan 1 sendok teh nus mint dengan duua sendok teh madu dan dua sendok teh cuka malt dan setengah cangkir jus wortel. Bagi adonana tersebut secara sama rata dan konsumsi dalam waktu yang berkala.

6. Daun sambiloto
Tanaman yang memiliki daun berwarna hijau dan rasa yang pahit ini mampu mengobati penyakit TBC dan penyakit lainnya seperti diabetes salah satunya.

Cara memanfaatkannya:  Ambil daun sambiloto sebanyak 30 gr. Lalu rebus dengan air sebanyak 400 cc hingga 200 cc. Tambahkan madu secukupnya, aduk hingga rata. Konsumsi ramuan tersebut secara teratur yaitu 2 kali sehari.

7. Bunga kenop
Salah satu jenis tnaman bunga ini juga ternyata memiliki kahsiat yang khusus sebagai obat alami TBC paru-paru.

Cara memanfaatkannya: ambil 10 kuntum bunga kenop, dan rebus menggunakan 300 cc air hingga 150 cc. Minum air rebusan tersebut secara teratur  dua kali sehari secara rutin.

Nah, itulah beberapa obat TBC tradisional dari bahan alami berkhasiat, yang dapat anda gunakan salah satu diantaranya untuk mengatasi penyakit TBC atau tubercolosis yang tengah anda anda alami sekarang. Selain itu, untuk memepercepat proses pemulihan kesehatan anda, rajinlah untuk berolahraga dan ketahui beberapa pantangan dan anjuran makanan untuk penderita TBC.

By Nida Saripah - Alami Selasa, 20 September 2016 10:29:29

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • pertanyaan

    1 Balasan

    Alami

    ada ga hasiat daun tembakau untuk pertanian Padi sawah

  • Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag

    1 Balasan

    Alami

    Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?

  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?


Alami
Alami
Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Dengan Bahan Alami

Berikut adalah berbagai cara mengatasi…

Alami
Ramuan Minyak Cengkeh dan Kayu Putih untuk Obati Sariawan

Jika biasanya sariawan diatasi dengan…

Tambah Pertanyaan
Top