Manfaat Zat Asam Glikolat Dalam Produk Kosmetik

Asam glikolat adalah zat yang banyak dipakai dokter spesialis kulit, bedah plastic, dan estetik untuk proses pengelupasan kulit atay chemical peeling. Zat yang tergolong ke dalam asam alpha-hydorxy (AHA) ini juga biasa dimasukkan dalam produk-produk kosmetik untuk obat jerawat dan papul karena bisa menginterfensi proses keratinisasi di lapisan kulit luar. Asam glikolat digunakan untuk membuat kulit tampak lebih muda dan untuk mengatasi masalah-masalah kulit seperti bintik-bintik kulit, bekas luka, jerawat, dan kulit mati. Berikut kami jelaskan beberapa manfaat zat asam glikolat dalam produk kosmetik :


  • Mengatasi bekas jerawat. Jerawat bisa merusak jaringan kulit dan meninggalkan bekas luka. Oleh karena itu, asam glikolat dipakai untuk mengurangi munculnya bekas luka serta membuat kulit lebih rata. Penggunaan asam glikolat sebanyak dua kali sehari efektif dalam mengurangi bekas jerawat dalam setahun. Penggunaan produk perawatan kulit setidaknya harus mengandung 15 persen asam glikolat agar efektif.

  • Anti aging. Asam glikolat bagus digunakan untuk anti aging serta meminimalkan tanda penuaan seperti kerutan. Memakai asam glikolat dengan teratur membantu mempercepat proses pergantian sel kulit. Kulit yang lambat mengelupas akan membuat kerutan cepat terbentuk. Sedangkan sel kulit mati yang cepat mengelupas mampu merangsang produksi elastin dan kolagen sehingga membuat kulit tampak lebih mudah dan halus. Informasi yang perlu Anda ketahui, sel kulit mati mulai melambat mengalami pergantian sekitar usia 28 tahun.

  • Antioksidan. Asam glikolat bisa sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang terkenal memiliki sifat jahat karena menghancurkan sel-sel kulit sehat. Cara kerja asam glikolat adalah dengan melekat pada radikal bebas lalu melucuti kemampuan radikal bebas dalam merusak sel-sel kulit.

  • Mencegah Ingrown Hair atau rambut tumbuh ke dalam. Dalam beberapa kasus akan terjadi pseudofolliculitis barbae atau rambut yang tumbuh ke dalam. Hal ini disebabkan karena metode mencukur yang kurang tepat. Saat rambut dicukur, pori-pori memiliki potensi meradang sehingga rambut baru tidak mampu tumbuh ke permukaan kulit. Rambut yang tidak bisa tumbuh tersebut terjebak dan memicu pembentukan nanah. Asam glikolat mampu mencegah hal ini terjadi dengan mencegah sel kulit menutupi pori-pori.

  • Memperbaiki tekstur kulit. Asam glikolat efektif dalam membantu pengelupasan kulit dan memperbaiki teksturnya. Menggunakan asam glikolat akan membuat sel kulit mati mudah mengelupas dan mencegah kulit kering.

Dosis asam glikolat umumnya 2 sampai 10 persen yang terkandung dalam produk perawatan kulit di pasaran. Efek samping zat asam glikolat dalam produk kosmetik diantaranya adalah kulit terasa nyeri, kulit menjadi kemerahan, dan muncul luka bakar.

By Sri Maryati - Manfaat Selasa, 20 September 2016 11:37:16

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Beragam Manfaat yang Bisa Didapat dari Daging Rusa

Mengetahui kandungan nutrisi dan beragam…

Manfaat
Manfaat Ketan Hitam Untuk Kesehatan

Penelitian mengenai manfaat ketan hitam…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Kandungan gizi dan manfaat wortel…

Tambah Pertanyaan
Top