Domperidone Obat Untuk Mengatasi Refluks Asam Lambung

Share dan Tag Temanmu di :

Domperidone, obat untuk meredakan refluks asam lambung.

Domperidone adalah obat yang tergolong anti emetic untuk meredakan rasa mual, gangguan perut, muntah, rasa tidak nyaman karena kekenyangan, dan refluks asam lambung. Sebelum membahas lebih jauh mengenai obat domperidone, kami akan menjelaskan terlebih dahulu gejala refluks asam lambung.


Sakit tenggorokan adalah salah satu gejala refluks asam lambung yang paling umum. Sakit tenggorokan menjadi tanda tidak normalnya asam lambung terutama saat mengonsumsi suatu makanan. Selain itu, gejala refluks asam lambung lainnya adalah batuk, sulit menelan, gangguan pernafasan, terlalu banyak air liur, nyeri berlebih saat istirahat, dan mulut terasa pahit.

Ketika terkena refluks asam lambung, gangguan pernafasan bisa terjadi karena asam lambung naik. Jika batuk berlebihan maka itu bisa jadi disebabkan karena maag yang membuat asam dari perut masuk keparu-paru. Sementara susah menelan terjadi karena pembengkakan pada kerongkongan yang membuatnya jadi lebih sempit sehingga susah menelan.

Untuk meredakan mual, domperidone bekerja dengan mempercepat pencernaan makanan dalam perut supaya bisa lanjut ke usus. Dengan demikian, muntah bisa dicegah. Meski begitu, obat ini harus dikonsumsi dengan hati-hati karena mendatangkan risiko mengganggu detak jantung terutama pada orang-orang lansia.

Obat yang berjenis anti emetic ini tergolong obat resep dan tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Obat yang berbentuk cairan yang diminum, tablet, dan suppositoria ini boleh dikonsumsi oleh anak-anak yang berusia 16 tahun dan orang dewasa. Untuk perempuan hamil, dosis obat ini harus sesuai anjuran dokter. Sementara untuk perempuan menyusui, obat ini mutlak tidak boleh dikonsumsi. Dosis domperidone untuk anak-anak harus ditanyakan kepada dokter.

Hati-hati dalam mengonsumsi obat untuk mengatasi refluks asam lambung ini, jika Anda menderita gangguan hati, gangguan ginjal, masalah pada jantung, mempunyai tumor pada kelenjar pituitary, serta memiliki masalah pada system pencernaan seperti penyumbatan dan pendarahan. Dosis demporidone untuk remaja dan orang dewasa adalah 10 miligram dengan frekuensi konsumsi tiga kali sehari. Tidak dianjurkan mengonsumsi domperidone lebih dari 30 miligram dalam sehari. Jangka waktu maksimal dalam mengonsumsinya adalah 2 minggu.

Konsumsi domperidone dengan benar. Sebaiknya obat ini diminum setengah jam atau satu jam sebelum makan agar efeknya bisa terasa. Beri jarak waktu antara dosis satu dengan dosis lainnya. Pengobatan menggunakan obat ini berlangsung maksimal 2 minggu. Jika dalam satu minggu masih terasa ada gejala mual, hentikan penggunaan obat ini dan konsultasi dengan dokter.

Kenali efek samping serta bahaya dari obat untuk mengobati refluks asam ini, seperti pusing, mengantuk, sakit kepala, cemas, nyeri payudara, diare, dan denyut jantung meningkat.

By Nida Saripah - Obat Kimia Rabu, 21 September 2016 09:34:33

Related Post :
Penyakit
Bagaimana Cara Mendiagnosis Kanker…

Cara mendiagnosis kanker paru-paru…

Kesehatan
Inilah Penyebab Konsumsi Makanan…

Anda mungkin pernah melihat…

Manfaat
Ini Manfaat Minyak Jarak…

Apa itu minyak jarak?…

Manfaat
Ini Manfaat Luar Biasa…

Beragam kandungan gizi dan…

Tips
Tips Atasi Stres pada…

Meskipun cukup baru di…

Kesehatan
Wajib Tahu! Gejala HIV…

Sebenarnya tidak adak perbedaan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Famotidine di Apotek Untuk Asam Lambung

Obat Famotidine di Apotek Untuk…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Spiramycin Untuk Mengatasi Infeksi

Spiramycin biasanya dipakai untuk mengobati…

Obat Kimia
Kirim Pertanyaan
Top