Ketahui Gejala Dan Penyebab Alergi Dingin Pada Kulit

Share dan Tag Temanmu di :

Ketahui Gejala Dan Penyebab Alergi Dingin

Alergi dingin atau urtikaria dingin adalah reaksi yang terjadi pada kulit saat suhu dingin yang membuat bilur yang gatal muncul serta kulit tampak berwarna kemerahan. Pada setiap orang, tingkat keparahan gejala alergi dingin berbeda-beda. Pada sebagian orang, alergi ini bisa membuat hilang kesadaran, mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah, bahkan bisa menyebabkan kematian. Masa remaja adalah masa yang paling sering terkena alergi dingin. Tetapi biasanya akan hilang secara penuh dalam beberapa tahun.


Gejala alergi dingin muncul ketika kulit terpapar air atau cuaca dingin. Alergi yang satu ini juga berisiko muncul ketika sedang berada di tempat lembap dan berangin.

Berikut beberapa gejala alergi dingin yang sering terjadi.

-Muncul bilur dan terasa gatal.

-Ketika memegang benda dingin, tangan akan terasa bengkak.

-Ketika mengonsumsi makanan maupun minuman dingin, tenggorokan dan bibir terasa bengkak.

-Kulit berwarna kemerahan.

-Ketika kulit menjadi lebih hangat, gejala akan bertambah parah.

Pada beberapa orang, kasus bisa lebih parah dengan gejala yang memiliki potensi membahayakan nyawa seperti bengkak pada lidah dan tenggorokan sampai sulit bernafas, pingsan, jantung berdebar, lengan dan kaki membengkak, serta menyebabkan tekanan darah yang menurun sampai drastis. 

Mereka yang menderita alergi dingin sebaiknya tidak berenang di air karena akan membuat seluruh kulit terpapar air dingin, mengalami reaksi parah seperti hilang kesadaran, dan tenggelam. Hal tersebut tentu akan sangat membahayakan nyawa. Umumnya alergi dingin akan menghilang seiring berjalannya waktu setelah beberapa pekan, namun ada pula yang bertahan lama. Jika Anda mengalami alergi dingin dan mengalami gejala lidah serta tenggorokan bengkak, sulit bernafas, dan merasa pusing, segera hubungi dokter. 

Penyebab alergi dingin adalah karena adanya proses pelepasan histamin serta zat kimia ke dalam aliran darah yang dipicu cuaca dingin. Tetapi penyebab pasti tentang mengapa tubuh bereaksi seperti itu, belum diketahui.

Berikut kami jelaskan beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena alergi dingin.

-Penyakit dasar tertentu. Beberapa penyakit seperti hepatitis atau kanker bisa meningkatkan risiko terkena alergi dingin.

-Remaja dan anak-anak. Mereka adalah orang yang paling rentan terkena alergi dingin dan akan membaik dengan sendirinya setelah beberapa tahun.

-Genetika. Ada beberapa kasus alergi dingin yang diwariskan orang tuanya, tetapi hal tersebut jarang terjadi.

-Infeksi. Orang yang baru terkena infeksi seperti radang paru-paru dan pneumonia memiliki risiko lebih tinggi mengalami alergi dingin.

By Ana Rediana - Penyakit Rabu, 21 September 2016 15:48:33

Related Post :
Manfaat
Manfaat Soda Kue Untuk…

Manfaat soda kue untuk…

Tips
Cara Mencegah Bisul Agar…

Cara mencegah bisul agar…

Manfaat
Manfaat Walatra Gamat Emas…

Walatra Gamat Emas Kapsul…

Kesehatan
Kesalahan Yang Sering Dilakukan…

Ada beberapa faktor yang…

Manfaat
Manfaat Daging Trenggiling si…

Trenggiling yang merupakan hewan…

Obat Kimia
Sukralfat Obat Untuk Menangani…

Sukralfat Obat Untuk menangani…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mewaspadai Gejala Kanker Ovarium Pada Wanita

Kanker ovarium menjadi salah satu…

Penyakit
Mengenal Tentang Diabetes Dan Gejalanya

Diabetes merupakan penyakit jangka panjang.…

Penyakit
Cara mengatasi Katarak Pada Bayi Dan Anak Yang Perlu Diketahui

Berikut adalah berbagai cara mengatasi…

Kirim Pertanyaan
Top