Bahaya Menggunakan Botol Plastik Minuman Berulang

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin tidak sedikit yang selalu menyimpan botol plastik kemasan air mineral dan menggunakannya kembali secara berulang setiap harinya. Minum air putih memang baik untuk kesehatan tubuh, namun botol minum yang Anda gunakan justru memiliki dampak yang sebaliknya. Botol plastik kemasan minuman yang digunakan setiap hari ternyata bisa menimbulkan penyakit.


Menurut sejumlah ilmuwan, bahaya botol plastik ini bisa disebabkan dari lekukan-lekukan dan retakan kecil pada botol plastik merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan dapat menjadi tempat yang aman bagi kuman berbahaya seperti norovirus untuk bersembunyi. Kebiasaan kita yang hanya membilasnya tanpa mencuci ketika akan digunakan kembali kemungkinan menyebabkan bakteri bisa terus berkembang biak.

Para peneliti telah menguji botol minum yang telah digunakan selama seminggu. Salah satu botol memiliki jumlah bakteri tertinggi hingga lebih dari 900 ribu bakteri per cm persegi. Dan jumlah bakteri tersebut lebih banyak daripada yang terdapat pada kursi toilet.

Beberapa jenis botol lebih baik, dimana botol dengan tutup bergeser mengandung paling banyak bakteri, yaitu sekitar 934 ribu bakteri per cm persegi, dibandingkan botol dengan tutup berputar yang mengandung bakteri sekitar 160 ribu per cm persegi. Botol minum yang paling aman adalah botol dengan sedotan.

Mencuci botol plastik dengan air bersabun memang bisa menghilangkan bakteri untuk sementara, namun botol plastik sulit untuk dibersihkan dengan sempurna, sehingga kuman masih bisa bertahan dan berkembang biak. Tidak hanya itu, penggunaan yang sering dan mencucinya hanya akan membuat plastik rusak, terutama jika di cuci dengan air panas.

Sebenarnya tidak ada botol minuman yang benar-benar bersih dari bakteri. Botol minum rata-rata memiliki 313 bakteri per cm persegi. Jumlah bakteri yang sangat banyak ini bersentuhan dengan mulut. Tentu Anda tahu bahwa jeni bakteri di botol minuman berbeda dengan bakteri yang ada dalam yoghurt. Bakteri yang terdapat pada botol minuman benar-benar bisa menimbulkan penyakit.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 21 September 2016 16:06:02

Related Post :
Kesehatan
Mengetahui Gejala Gula darah…

Berbagai gejala gula darah…

Manfaat
Manfaat Daun Binahong Untuk…

Binahong mempunyai nama latin…

Penyakit
Gejala-Gejala Penyakit Cacar Air…

Cacar air biasanyad iderita…

Penyakit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Manfaat
Buah Buahan Sebagai Obat…

Buah-Buahan Sebagai Obat Kolesterol…

Kulit
Waspadai Faktor-Faktor Penyebab Ketombe…

Waspadai faktor-faktor penyebab ketombe…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Lakukan Dari Sekarang! 5 Langkah Mencegah Batu Ginjal

Lakukan dari sekarang! 5 langkah…

Kesehatan
Olahraga Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Dengan Cepat

Olahraga terbaik untuk menurunkan asam…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top