Khasiat Obat Esomeprazole untuk Mengatasi GERD

Share dan Tag Temanmu di :

Esomeprazole merupakan sebuah obat yang dipakai untuk menghambat sel-sel lapisan lambung memproduksi asam terlalu banyak. Dengan demikian, lapisan pelindung lambung seperti mukosa atau lendir bisa dilindungi dari kerusakan, radang, atau luka. Kondisi kerusakan pelindung lambung yang bisa terjadi adalah pada pasien yang mengonsumsi obat pereda sakit yang berjenis anti radang atau anti inflamasi nonsteroid seperti OAINS.


Khaiat obat esomeprazole bisa dipakai untuk mengobati GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) atau kondisi naiknya asam lambung, sindrom Zollinger-Ellison, dan ulkus lambung. Obat ini bisa juga dipakai untuk memusnahkan bakteri penyebab ulkus bernama Helicobacter pylori. Obat yang berjenis antacid, antirefluks, atau antiulserasi ini bisa dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa. Esomeprazole tersedia dalam bentuk obat suntik dan tablet.

Perempuan yang sedang hamil, sedang merencanakan kehamilan, dan sedang menyusui boleh mengonsumsi esomeprazole dengan resep dokter. Hati-hati dalam mengonsumsi obat ini untuk penderita gangguan hati, gangguan ginjal, serta orang yang sedang terapi jangka panjang lebih dari satu tahun. Selain itu, obat ini juga harap diperhatikan untuk anak yang berusia kurang dari 12 tahun, penderita intoleransi fruktosa, penderira hipersensitivitas, malabsorpsi glukosa-galaktosa, insufisiensi sukrase-isomaltase, penderita yang mengalami gejala sulit menelan, kehilangan darah, kehilangan berat badan, dan sedang menjalani pengobatan lain di waktu yang sama.

Dosis esomeprazole akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Untuk pengobatan ulkus lambung oleh OAINS, dosis awal 20 miligram per hari selama 4 sampai 8 minggu.
  • Untuk pencegahan ulkus lambung oleh OAINS, dosis dimulai dari 20 miligram per hari.
  • Untuk mengobati GERD atau nyeri ulu hati, dosis dimulai 20 miligram per hari selama 4 sampai 8 minggu dan dosis maksimalnya adalah 40 miligram per hari.
  • Untuk mengobati sindrom Zollinger-Ellison, dosis awal dimulai dari 40 miligram sebanyak 2 kali dalam sehari dengan dosis maksimal 80 miligram 2 kali dalam sehari.
  • Untuk mengobati infeksi bakteri helicobacter pylori, dosis awal dimulai dari 20 miligram sebanyak 2 kali per hari selama seminggu.

Dosis esomeprazole di awal yang diberikan pada pasien dewasa atau anak-anak di atas 12 tahun beserta durasi minum obat bisa berubah, dikurangi ataupun ditingkatkan sesuai dengan respon masing-masing pasien. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini melebihi dosis yang telah diresepkan dokter.

Efek samping esomeprazole diantaranya adalah kembung, sakit kepala, mual, muntah, diare, nyeri perut, dan konstipasi. Efek samping berupa konstipasi akan mereda setelah ditangani obat pereda rasa sakit, menjaga diet makanan sehat dan seimbang, serta minum banyak air putih.

By Sri Maryati - Obat Kimia Kamis, 22 September 2016 10:38:40

Related Post :
Kesehatan
Lakukan 4 Hal Sederhana…

Lakukan 4 hal sederhana…

Kesehatan
Cara Mencegah Menopause Dini…

Cara mencegah menopause pada…

Kesehatan
Hindari 6 Hal Ini…

Hindari 6 hal ini…

Kesehatan
Manfaat Telur Bebek Untuk…

Manfaat telur bebek untuk…

Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala…

Mewaspadai penyebab dan gejala…

Alami
Obat Alzheimer Alami Yang…

Obat alzheimer alami bisa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Beberapa Jenis Obat yang Digunakan untuk Atasi Hipertensi

Biasanya penderita hipertensi dianjurkan untuk…

Obat Kimia
Obat Yang Digunakan Untuk Penyakit Lupus

Sampai saat ini pengobatan penyakit…

Obat Kimia
Kirim Pertanyaan
Top