Obat Anti Inflamasi Fenilbutazon Untuk Mengatasi Cidera

Obat Anti Inflamasi Fenilbutazon Untuk Mengatasi Cidera 

Fenilbutazon adalah obat anti inflamasi non steroid yang berguna untuk meredakan rasa sakit ringan sampai menengah. Umumnya, fenilbutazon diberikan untuk mengatasi nyeri dan inflamasi berbagai jenis artritis seperti ankylosing spondylitis dan rheumatoid arthritis. Fenilbutazon juga bisa digunakan untuk nyeri karena cidera dan saat haid.


Fenilbutazon hanya boleh dikonsumsi menggunakan resep dokter karena jika tidak, efek samping dari obat ini sangat serius yakni gangguan pada sumsum tulang. Efek samping tersebut memang jarang terjadi, tetapi bisa memicu penurunan drastis sel darah putih dalam tubuh. Tidak heran, fenilbutazon adalah obat antiinflamasi yang jarang sekali dianjurkan oleh dokter. 

Obat yang berjenis anti inflamasi non steroid ini termasuk golongan obat resep. Berbentuk tablet, obat ini hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Perempuan yang sedang hamil dan menyusui sebaiknya menghindari fenilbutazon. Jika harus mengonsumsi obat anti inflamasi non steroid, gunakan obat lain. Fenilbuatzon baiknya dikonsumsi dengan makanan atau langsung setelah makan. 

Hati-hati dalam mengonsumsi fenilbutazon jika menderita asma, tukak lambung, alergi terhadap obat anti inflamasi non-steroid seperti ibuprofen dan aspirin, gangguan ginjal, dan pengguna antikoagulan. Beri tahu dokter mengenai pemakaian fenilbutazon sebelum melakukan tindakan medis terutama operasi karena obat ini bisa memberi pengaruh dalam proses pembekuan darah. Hentikan penggunaan fenilbutazon minimal 3 hari sebelum Anda dioperasi. Temui dokter jika terjadi alergi dan overdosis fenilbutazon. 

Dosis fenilbutazon akan diberikan oleh dokter bersadarkan kondisi yang diobati, respon tubuh pasien terhadap obat, serta tingkat keparahan gejala. Konsumsi fenilbutazon sesuai anjuran dokter dan jangan lupa membaca keterangan yang tercantum pada kemasan. Dokter biasanya memberikan fenilbutazon dengan dosis paling rendah terlebih dahulu disertai dengan durasi konsumsi sesingkat mungkin. Pemeriksaan kesehatan dianjurkan untuk memastikan perkembangan kondisi pasien dan efektivitas obat.

Fenilbutazon baiknya dikonsumsi setelah makan ataupun dengan makanan. Beri jarak waktu yang cukup antar dosis untuk membiarkan obat bekerja dengan maksimal. Pasien yang lupa mengonsumsi fenilbutazon sebaiknya segera mengonsumsinya saat ingat asal jadwal dosis selanjutnya tidak berdekatan. Tidak dianjurkan menggandakan dosis fenilbutazon di jadwal berikutnya.

Sama halnya seperti obat kimia lain, fenilbutazon bisa memicu efek samping. Beberapa efek samping fenilbutazon diantaranya adalah tukak lambung, sensasi panas atau terbakar pada lambung, kembung, kram, mual, dan gangguan hati. Segera hubungi dokter jika mengalami efek samping seperti lemas, tinja berwarna hitam dan cair, dan pusing ketika berdiri. Gejala tersebut bisa jadi indikasi adanya pendarahan pada lambung.

By Ana Rediana - Obat Kimia Kamis, 22 September 2016 15:45:04

Obat Anti Inflamasi Fenilbutazon Untuk Mengatasi Cidera
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Obat fenilbutazon untuk mengatasi sakit ringan sampai menengah dan untuk mengatasi nyeri serta inflamasi seperti cidera dan nyeri saat haid.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat infeksi sulfadiazine

    0 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…

  • Dosis Obat Terbinafine Untuk Mengatasi Infeksi Kurap Di Kaki

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Pagi min, mau nanya nih kalau dosis terbinafine untuk infeksi kurap di kaki yang benar berapa ya? tolong jawab min.


Obat Kimia
Amfetamin Obat Untuk Mengatasi Gangguan Hiperaktif

Amfetamin obat untuk mengatasi gangguan…

Obat Kimia
Hydrocortisone Obat Oles Ringan Untuk Kulit Gatal Di Apotek

Hydrocortisone adalah salah satu jenis…

Obat Kimia
Vitamin Untuk Menjaga Fungsi Otak Dan Sistem Saraf

Vitamin untuk menjaga fungsi otak…

Tambah Pertanyaan
Top