Tips Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Perempuan yang sedang hamil tua atau setelah memasuki trimester ketiga kehamilan biasanya banyak yang mengalami sulit tidur di malam hari. Tetapi pada beberapa perempuan, sulit tidur juga dialami ketika hamil muda dan sangat mengganggu aktivitas karena biasanya akan menjadi ngantuk di pagi dan siang hari. Sulit tidur ketika hamil adalah wajar karena ketika hamil, perempuan mengalami perubahan mental dan fisik yang cukup signifikan. Hal tersebut mengakibatkan susah tidur di malam hari.


Ada beberapa alasan yang menjadikan perempuan hamil sulit tidur malam. Yang pertama adalah karena peningkatan hormon progesteron. Masalah yang dialami perempuan hamil tidak hanya susah tidur di malam hari, tetapi juga bisa seperti sering terbangun ketika sedang tidur di malam hari. Hal tersebut dikarenakan hormon progesteron meningkat. Total waktu untuk tidur ketika hamil muda mengalami peningkatan. Namun para perempuan tersebut tak mampu mencapai kualitas tidur yang baik sehingga akan diiring rasa lemas sampai dengan depresi.

Selain itu, penyebab lain susah tidur di malam hari adalah karena perubahan fisik yang mengganggu. Ketika hamil, payudara seorang perempuan biasanya mengalami pembesaran dan terasa nyeri saat disentuh. Posisi tidur yang menekan payudara membuat ibu hamil sulit tidur. Terlebih jika terbiasa tidur tengkurap. Oleh karena itu, pandai-pandailah menyesuaikan posisi tidur untuk ibu yang sedang hamil muda.

Rasa mual juga bisa dialami tidak hanya di pagi hari tetapi juga di malam hari. Rasa mual sampai menyebabkan muntah bisa menyebabkan susah tidur atau membuat ibu hamil sering terbangun lebih cepat dari biasanya. Hal ini umumnya akan terjadi di 12 minggu pertama kehamilan.

Hormon progesteron yang meningkat juga mempengaruhi kelenturan otot dinding organ berkemih. Hal ini membuat ibu hamil lebih sering buang air kecil. Biasanya, ibu hamil terbangun untuk buang air kecil di malam hari dengan frekuensi lebih dari satu kali. Hal tersebut tentu sangat mengganggu kualitas tidur malam. Ibu hamil muda rentan mengalami rasa nyeri di bagian ulu hati. Hal ini bisa menyebabkan ibu hamil bangun di tengah malam bahkan sepanjang malam karena tidak bisa kembali tidur.

Oleh karena itu, berikut kami berikan tips untuk bisa tidur nyenyak saat hamil muda.

1.Mencari posisi tidur yang nyaman ketika hamil. Biasakan untuk tidur miring ke sebelah kiri agar aliran darah serta nutrisi pada janin meningkat. Hindari posisi tidur dengan tengkurap saat hamil.

2.Tidur siang. Rasa kantuk pada ibu hamil biasanya dipicu hormon progesteron. Jika ngantuk di siang hari, lebih baik tidur. Hal tersebut bisa menggantikan waktu tidur di malam hari yang sering terganggu.

3.Minum air putih cukup di pagi dan siang hari. Tetapi batasi minum beberapa jam sebelum masuk waktu tidur agar keinginan berkemih di malam hari berkurang.

4.Mengganti lampu kamar. Anda bisa mengganti lampu kamar menggunakan lampu redup agar setelah terbangun, bisa kembali tidur.

By Rizka Ardiana - Tips Jum'at, 23 September 2016 09:43:49

Related Post :
Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging…

Dibalik rasanya yang nikmat,…

Tips
Tips Menjaga Kesehatan Gigi…

Pentingnya untuk melakukan tips…

Kesehatan
Mewaspadai Komplikasi yang Bisa…

Sama halnya dengan penyakit…

Ibu Dan Anak
Jangan Khawatir! Ini Cara…

Cara mudah menghilangkan dan…

Kesehatan
Waspadai Resiko Kesehatan Akibat…

Memiliki berat badan yang…

Ibu Hamil
Cara Sehat Mengatasi Nyeri…

Cara mengatasi nyeri sendi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Resep Obat Ginjal Tradisional dan Cara Membuatnya

Resep Obat Ginjal Tradisional dan…

Tips
Tips Aman Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL

Tips aman agar cepat melahirkan…

Kirim Pertanyaan
Top