Penyebab dan Gejala Kondisi Kelainan Albinisme

Share dan Tag Temanmu di :

Albinisme adalah kelainan yang terjadi dimana seseorang mengalami kekurangan melanin atau bisa juga sama sekali tidak mempunyai pigmen yang menyebabkan kulit, rambut, dan mata tampak pucat bahkan cenderung putih seperti bule. Kelainan albanisme diderita kelompok etnis di seluruh dunia dan orang yang menderita kondisi ini disebut dengan albino. Meski albinisme tidak mungkin disembuhkan, namun kondisi tersebut tidak membuat penderitanya untuk hidup terasing. Mereka tetap bisa menjalankan kehidupan dengan normal.


Gejala albinisme biasanya berupa kulit pucat dengan rambut pirang. Sebagian orang, rambutnya berwarna cokelat. Karena kekurangan pigmen melanin, kulit orang albino mudah terbakar jika sering terpapar matahari langsung. Untuk penderita albinisme, paparan sinar matahari jangan disepelekan karena bisa mengarah menjadi komplikasi serius salah satunya adalah kanker kulit.

Pada mata pun bisa memberikan dampak berupa kekurangan pigmen melanin yang merubah warna iris menjadi biru pucat atau abu-abu dan membuat pandangan terganggu dan sensitive terhadap cahaya. Kondisi mata yang timbul karena kondisi albinisme diantaranya adalah rabun jauh, rabun dekat, juling, mata silindris, serta nistagmus atau gerakan ritmik tanpa control dari sisi ke sisi. Pada anak-anak albino sering kali tampak kikuk karena gangguan pada penglihatannya ini.

Lalu apa sebenarnya penyebab albinisme? Kondisi ini disebabkan karena adanya mutasi atau perubahan pada gen yang memproduksi melanin oleh sel-sel melanocytes yang ada dalam kulit dan mata. Karena perubahan gen tersebut, produksi melanin terganggu atau berkurang drastic bahkan tidak diproduksi sama sekali.

Terdapat dua jenis albinisme yakni albinisme okulokutaneus dan albinisme okular. Albinisme ocular adalah jenis albinisme yang jarang ditemukan. Kondisi tersebut berdampak pada penglihatan ketimbang pada perubahan warna kulit, mata, ataupun rambut. Penderita albinisme ocular hanya mengalami gangguan penglihatan saja. Tetapi warna rambut, kulit, mata, dan penampilan tampak sama seperti orang kebanyakan. Meski sedikit tampak lebih pucat. Albanisme ocular diakibatkan mutasi gen kromosom X dan penderitanya sebagian besar adalah laki-laki.

Sementara albinisme okulokutaneus adalah albinisme paling umum yang berdampak pada kulit, mata, dan rambut. Kondisi ini disebut juga dengan albinisme komplit. Albinisme didiagnosis dokter sejak penderita lahir dengan ciri-ciri seperti mata, kulit, dan rambut lebih pucat.

Dalam mendiagnosis penglihatan, dokter spesialis mata akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan memakai alat khusus bernama slit lamp, pemeriksaan bentuk lengkung kornea, pengecekan pupil, pemeriksaan arah mata untuk mendiagnosis juling, serta pemeriksaan gerakan mata untuk mendiagnosa nistagmus.

Jika Anda menderita albinisme, kurangi aktivitas di luar ruangan ketika siang hari. Jika harus pergi ke luar, gunakan selalu tabir surya atau pakaian yang melindungi diri dari terik matahari langsung.

By Sri Maryati - Penyakit Jum'at, 23 September 2016 13:17:12

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Kesehatan
Waspadai! Ini Berbagai Gejala…

Meskipun tidak semua penderita…

Penyakit
Penyebab Akibat Usus Turun…

Penyebab akibat usus turun…

Kesehatan
6 Manfaat Minyak Hati…

6 khasiat dan manfaat…

Kesehatan
Deretan Artis Indonesia Yang…

Deretan artis Indonesia yang…

Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak…

Daftar makanan pembakar lemak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Hepatitis C Pemicu Penyakit Hati Yang Mematikan

Waspadai hepatitis C yang merupakan…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Gondongan Pada Anak Serta Penanganannya

Penyebab dan gejala gondongan pada…

Penyakit
Ketahui Berbagai Penyakit Akibat Sering Begadang

Ketahui berbagai penyakit yang timbul…

Kirim Pertanyaan
Top