Manfaat Dibalik Manisnya Es Krim Bagi Kesehatan

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata es krim ? Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa es krim itu segar, nikmat, dan juga manis. Tapi, tidak sedikit pula yang menganggap bahwa es krim merupakan biang keladi dari kegemukan. Walaupun begitu, es krim sangat digemari di kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak hanya itu, es krim juga memiliki banyak varian rasa, seperti vanila, coklat, strawberry, dan sebagainya yang bisa membuat penggemar es krim tidak bosan ketika mengonsumsinya.


Namun, apakah Anda tahu, dibalik kesegaran dan rasa manisnya, ternyata es krim ini juga menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, manfaat es krim yang bisa didapatkan yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, tubuh akan mengeluarkan energi yang lebih banyak untuk membakar kalori ketika Anda mengonsumsi sesuatu yang dingin. Tidak hanya itu, mengonsumsi segelas es krim juga bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan ceria. Para ahli menemukan bahwa satu sendok es krim yang dikonsumsi memiliki khasiat yang sama menyenangkannya dengan memenangkan lotere atau mendengarkan musik favorit.

Berikut ini manfaat lain dibalik manisnya es krim bagi kesehatan :

Kaya akan Vitamin

Dalam satu sendok es krim terkandung vitamin A, D, K, dan B12 yang tinggi. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin D mampu menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan dan menyimpannya di ginjal. Vitamin K bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuka sel darah tersumbat. Sedangkan vitamin B12 sangat baik untuk meningkatkan memori dan sistem saraf.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat mengalami pilek, biasanya penderita dianjurkan untuk tidak mengonsumsi yang dingin-dingin. Namun, tidak untuk es krim. Pasalnya es krim tidak menyebabkan pilek atau flu. Sebaliknya, es krim justru mampu meningkatkan imunitas tubuh dan membantu proses penyembuhan flu pada tubuh. Es krim juga meleleh lebih cepat ketika bertemu dengan suhu tubuh dan tidak sedingin air es. Sehingga es krim relatif aman dikonsumsi meskipun sedang mengalami flu atau pilek.

Tidak Bikin Gemuk

Tingginya kandungan nutrisi yang ada pada es krim tidak akan membuat berat badan Anda menjadi naik. Kandungan energinya justru dapat membantu memenuhi kebutuhan energi harian dan hanya menyumbangkan 15% lemak saja.

Melawan Berbagai Virus

Di dalam es krim terdapat kandungan laktoferin yang berfungsi sebagai zat antiviral untuk melawan berbagai jenis virus, seperti cytomegalovirus, influenza, dan HIV.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Semua pasti mengetahui jika es krim terbuat dari susu. Hal tersebut menjadikan es krim kaya akan kalsium. Kandungan kalsium ini bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Tidak hanya itu, sisa 1% dari kalsium tubuh juga diperlukan untuk mendukung fungsi-fungsi tubuh yang penting, seperti sekresi hormonal, transmisi saraf, dan lain sebagainya.

Menstimulasi Otak

Mengonsumsi es krim ternyata juga baik untuk otak. Hal tersebut disebabkan karena es krim dapat merangsang terbentuknya thrombotonin. Thrombotonin sendiri merupakan hormon yang disebut hormon kebahagiaan. Zat ini dapat membantu mengurangi stress dan merilekskan pikiran.

Tidak hanya itu, es krim yang berbahan dasar susu juga mengandung L-triptopjane, yaitu zat yang berfungsi sebagai obat penenang alami. L-triptopjane yang terdapat dalam es krim ini juga dapat menenangkan sistem saraf dan sangat bermanfaat bagi para penderita insomnia.

Meskipun es krim memiliki begitu banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, namun alangkah baiknya jika kita membatasi konsumsi es krim. Karena konsumsi es krim yang berlebihan bisa mendatangkan dampak negatif bagi tubuh.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 23 September 2016 13:46:29

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Berbagai manfaat konsumsi makanan yang…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Telur Bagi Kesehatan

Banyak manfaat telur bagi kesehatan…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Pisang Bisa Bantu Turunkan Hipertensi

Tidak hanya nikmat, ternyata pisang…

Tambah Pertanyaan
Top