Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Share dan Tag Temanmu di :

Ada banyak jenis makanan untuk menjaga kesehatan jantung diantaranya makanan yang tidak mengandung kolesterol jahat, makanan yang mengandung serat tinggi, tidak banyak mengandung garam, makanan yang mengandung omega-3, makanan yang mengandung asam folat, makanan yang mengandung zat mangan, polifenol dan karotenoid, makanan yang kaya akan vitamin C, E, B6, dan B komplek.


Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1.Buah apel

Manfaat buah apel untuk kesehatan sangat banyak salah satunya adalah mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah serta mengurangi penimbunan plak dalam arteri jantung. Kandungan fenolik yang terdapat didalamnya membantu memperkuat plak lapisan dinding arteri pada jantung.

2.Buah pisang

Buah pisang mengandung kalium, mineral elektrolit dan rendah sodium. Semua zat tersebut sangat penting untuk menjaga fungsi jantung. Kandungan rendah sodium yang terdapat pada buah pisang dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi / hipertensi yang dapat menyebabkan serangan jantung.

3.Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kubis merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi yang dapat menjaga kadar LDL, maka dapat mengurangi resiko penyakit jantung termasuk jantung lemah.

4.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan salah satunya untuk kesehatan jantung. Jenis kacang-kacangan seperti buncis, kacang merah dan kacang hitam kaya akan serat tinggi, asam folat, vitamin B komplek, asam lemak omega-3 dan niacin.

5.Brokoli

Brokoli kaya akan serat yang sangat tinggi, vitamin c, vitamin B6, vitamin A dan kalium. Selain itu juga kaya akan kandungan antioksidan, glukosarin serta karotenoid. Brokoli memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

6.Oatmeal

Tidak  hanya buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat, tetapi oatmeal juga kaya akan serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

7.Buah Jeruk

Jeruk memiliki kandungan serat, vitamin C, kolin dan kalium. Semua kandungan zat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga mengandung mineral elektrolit yang bermanfaat untuk mengatur detak jantung.

8.Asparagus

Asparagus memili manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, hal ini dikarenakan asparagus mengandung serat, vitamin B dan asam folat. Selain itu, zat antiinflamasi yang terdapat didalamnya  membantu mencegah serangan jantung.

9.Blueberry

Blueberry memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol dalam darah serta mencegah pembekuan darah dalam jantung. Hal ini dikarenakan blueberry memiliki kandungan vitamin C, karoten, seng, kalium, kalsium, karotenoid, magnesium dan serat.

10.Tomat

Tomat memiliki kandungan asam salisilar, vitamin C terutama zat lycopene. Semua zat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

11.Paprika merah

Paprika merah merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan jantung. Diantaranya kandungan zat karotenoid, antioksidan, vitamin E, vitamin B6, vitamin A, asam folat dan serat. Manfaat lainnya dari paprika merah untuk kesehatan adala mengurangi kadar kolesterol.

12.Wortel

Wortel memiliki kandungan zat beta-karoten, asam folat, vitamin B6, potassium, magnesium dan tiamin. Semua kandungan yang ada pada wortel tersebut befungsi dapat membangun otot jantung, membentuk sistem saraf dalam tubuh dan mencegah stroke.

13.Beras merah

Beras merah memiliki kandungan zat mangan yang berfungsi untuk memperbaiki sistem saraf serta organ reproduksi, menetralisis lemak dalam tubuh. Selain itu juga memiliki kandungan zat anti oksidan yang dapat membuat sistem kerja jantung menjadi sangat stabil.

14.Ikan tuna dan ikan salmon

Kedua jenis ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang berfungsi untuk mengatur denyut jantung, mengurangi resiko serangan jantung dan meningkatkan kadar HDL dalam darah. Selain itu kandungan protein dalam ikan salmon mampu membantu menjaga kesehatan.

Itulah jenis makanan untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya cukup dengan mengkonsumsi makanan sehat saja, tapi juga harus diimbangi dengan olahraga teratur, kurangi kebiasaan merokok, kurangi mengkonsumsi kafein dan jangan banyak pikiran.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 23 September 2016 13:51:16

Related Post :
Obat Kimia
Harga Obat DBD Cina…

Harga Obat DBD Cina…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Daun…

Kemangi yang memiliki nama…

Daun
Kegunaan Dan Manfaat Daun…

Kegunaan dan manfaat daun…

Tips
Begini Cara Terbaik Minum…

Begini cara terbaik minum…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Daging…

Selain memiliki telur yang…

Kesehatan
Makanan dan Minuman Penyebab…

Makanan dan minuman penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Badan Meriang? Ini Penyebab Dan Pengobatannya

Penyebab badan meriang beserta gejala…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Infeksi Rahim

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top