Khasiat Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Khasiat Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

Daun cincau bisa ditemukan dengan mudah karena umumnya dapat tumbuh liar di pekarangan. Bagi masyarakat luas, daun cincau bisa dikonsumsi untuk camilan sekaligus pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh.

Inilah beberapa manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1.Manfaat daun cincau sebagai obat anti inflamasi. Cincau memiliki kandungan zat klorofil yang banyak pada daunnya. Zat tersebut bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi karena kuman atau bakteri pada bagian tertentu. Untuk manfaat tersebut, Anda dapat menumbuk daun cincau lalu diberi sedikit garam dan dioles pada bagian yang sakit sehari tiga kali.

2.Manfaat daun cincau sebagai obat demam. Kandungan saponin dan antioksidan dalam daun cincau mampu menurunkan demam. Caranya, minum air rebusan cincau dua kali sehari.

3.Manfaat daun cincau sebagai obat diabetes mellitus. Daun cincau mempunyai kandungan senyawa bernama bisbenzilsokuinolin serta klorofil yang mempunyai manfaat untuk menstabilkan kadar gula darah. Hal tersebut dapat memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas yang mengatur kadar gula darah. Untuk mendapatkan manfaatnya yang satu ini, konsumsi air rebusan daun cincau dengan teratur.

4.Manfaat daun cincau untuk obat radang lambung. Antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam daun cincau akan membantu lambung dalam mengatasi radang. Senyawa-senyawa tersebut dapat menguatkan otot dinding lambung sehingga mampu membunuh bakteri penyebab sakit lambung. 

5.Manfaat daun cincau sebagai obat penyakit hipertensi. Senyawa bernama S-S tetandrin bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Senyawa tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga darah mampu mengalir lebih lancar. Sistem peredaran darah lancar akan membantu mengatasi tekanan darah yang semula tinggi untuk kembali normal. 

6.Manfaat daun cincau sebagai obat keracunan karena seafood. Makanan laut memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Tetapi ada makanan laut tertentu seperti udang dan cumi yang dapat menimbulkan orang yang mengonsumsinya akan keracunan. Antioksidan dalam cincau bisa membantu mengatasi orang yang keracunan seafood. Cara membuat ramuan daun cincau untuk manfaat yang satu ini cukup mudah. Remas 5 sampai 10 lembar daun cincau dalam air sampai airnya berwarna hijau. Minum dengan gula jawa. 

7.Manfaat daun cincau sebagai obat tipes. Senyawa bernama tokoferol dalam daun cincau bisa meningkatkan sistem imun tubuh pada orang yang menderita penyakit tipes. Caranya, konsumsi rebusan daun cincau sebanyak tiga kali sehari. 

8.Manfaat daun cincau untuk mengatasi permasalahan otot. Di dalam daun cincau terdapat senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida dari daun cincau yang bisa membantu mengatasi masalah otot seperti pegal dan otot kaku. Anda dapat merebus daun cincau lalu rutin mengonsumsinya dua hari sekali. 

By Ana Rediana - Alami Jum'at, 23 September 2016 15:38:58

Related Post :
Daun
Manfaat Daun Hantap Bagi…

Manfaat daun hantap bagi…

Ibu Dan Anak
Kebiasaan Buruk yang Dapat…

Selain faktor genetik, juga…

Kesehatan
Wajib Tahu! Jenis-jenis Kanker…

Berikut ini jenis-jenis kanker…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Polip…

Informari tentang jenis-jenis polip…

Tips
Tips Cara Merawat Kulit…

Kulit berminyak sering tampak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Alami
Cara Mengatasi Penebalan Dinding Rahim Dengan Bahan Alami

Cara mengatasi penebalan dinding rahim…

Alami
7 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Atasi Kudis

Mengobati penyakit kulit kudis bisa…

Kirim Pertanyaan
Top