Waspadai Wabah Penyakit Yang Timbul Pasca Banjir

Share dan Tag Temanmu di :

Sekarang ini sudah mulai memasuki musim hujan yang harus kita syukuri, akan tetapi ada beberapa dampak negatif dari musim hujan yaitu dengan tergenangnya air disuatu daerah yang biasa disebut banjir sudah menjadi hal yang selalu dialami setiap tahunnya pada daerah langganan banjir tersebut termasuk di daerah Garut yang saat ini sedang mengalami musibah banjir. Oleh karena itu, musim hujan merupakan suatu hal yang harus kita waspadai, selain memberikan dampak buruk bagi lingkungan, dan akan memberikan dampak buruk juga bagi kesehatan tubuh karena genangan airnya berasal dari sungai atau parit yang kotor dipenuhi sampah sehingga banyak sekali wabah penyakit yang akan muncul setelah banjir yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.


Inilah beberapa penyakit yang selalu timbul pasca banjir sebagai berikut:

Timbul penyakit chikungunya. Penyakit ini kemungkinan akan datang jika musim hujan yang disebabkan oleh adanya virus yang juga ditularkan ke manusia oleh nyamuk aedes aegypti.

Ditandai gejala mendadak demam, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki, tangan, dan tulang belakang serta ruam atau bintik-bintik kemerahan pada kulit.

Mengalami demam berdarah. Saat musim hujan, biasanya akan banyak sampah seperti kaleng bekas, dan tempat lain yang terisi air dan terjadi genangan selama beberapa hari kedepan sehingga akan terjadi sarang induk nyamuk penular penyakit demam berdarah yaitu nyamuk aedes aegypti. Dengan meningkatnya populasi nyamuk aedes aegypti, maka resiko terjadinya penularan penyakit semakin meningkat.

Mengalami diare. Saat musim hujan dengan potensi curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan banjir, sumber-sumber air minum di masyarakat akan ikut tercemar serta dengan sarana dan fasilitas ketersediaan air bersih yang terbatas sehingga akan menimbulkan penyakit diare.

Timbul beberapa penyakit kulit. Banjir akan membawa sampah serta kotoran yang tentunya akan mencemari lingkungan menjadi kotor sehingga menyebabkan penyakit kulit seperti ruam dan gatal-gatal.

Mengalami ISPA. Yang disebabkan infeksi saluran pernafasan dapat berupa virus, bakteri, dan mikroba lainnya. Ditandai gejala awal seperti demam dan batuk. Jika kondisinya parah, kemungkinan disertai dengan sesak napas, sakit bagian dada dan sebagainya.

Ada beberapa tips untuk melindungi kita dari virus ISPA saat musim hujan atau pasca banjir karena banyak orang yang masih tetap beraktivitas walaupun banjir belum surut, diantaranya:

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C misalnya sayur dan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena virus ISPA mudah menginfeksi kepada orang yang daya tahan tubuhnya lemah.
2. Mencuci tangan sebelum makan atau setelah menggunakan fasilitas umum seperti toilet umum.
3. Selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal anda setiap hari.
4. Harus selalu hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat agar tubuh kita tetap sehat meskipun musim hujan kembali datang.
5. Selalu menjaga kesehatan diri agar terhindar dari serangan wabah penyakit akibat banjir yang sudah dijelaskan diatas.

By Ana Rediana - Penyakit Sabtu, 24 September 2016 09:24:31

Related Post :
Kesehatan
Fakta Tentang Kutu Rambut…

Kutu rambut adalah parasit…

Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Kondisi Bayi…

Kembar siam merupakan suatu…

Kesehatan
Waspadai Perilaku Ini untuk…

Berkaca dari kasus Jonghyun…

Alami
Sembuhkan Tenggorokan Gatal Dengan…

Sembuhkan tenggorokan gatal dengan…

Kesehatan
Sering Ngupil? Hati-hati Ini…

Sering mengupil? Hati-hati Ini…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Jangan panik! Atasi Angin Duduk Dengan Cara Ini

Jangan panik! Atasi Angin Duduk…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Kista Bartholin Yang Perlu Anda Waspadai

Berikut adalah berbagai penyebab dan…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top