Penyebab Gejala Hamil Anggur Dan Penanganannya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Gejala Hamil Anggur Dan Penanganannya

Hamil anggur merupakan tumor jinak yang terjadi di dalam rahim. Kondisi tersebut terjadi saat sel telur yang telah dibuahi dan plasenta tidak tumbuh dengan normal. Hal tersebut mengakibatkan sel-sel abnorlan membentuk sekumpulan kista. Hamil anggur merupakan masalah kesehatan yang jarang terjadi. Kondisi tersebut harus ditangani dengan cepat untuk menghindari risiko komplikasi seperti penyakit trofoblastik gestasional.


Penyebab hamil anggur diakibatkan karena ketidakseimbangan kromosom. Kelainan tersebut bisa terjadi ketika sel telur yang dibuahi tidak mempunyai informasi genetika maupun satu sel telur normal dibuahi dua sperma dengan bersamaan. Penyebab tersebut yang mengelompokkan hamil anggur menjadi dua kategori yakni hamil anggur lengkap dan hamil anggur parsial.

Hamil anggur lengkap terjadi saat sel telur dibuati sperma dan tidak tumbuh menjadi janin atau fetus, melainkan tumbuh menjadi sekumpulan jaringan abnormal yang lama lama memenuhi rahim. Sementara hamil anggur parsial tumbuh jika satu sel telur yang normal dibuahi dua sperma secara berbarengan. Jaringan plasenta abnormal lalu tumbuh bersama dengan fetus yang juga abnormal. Jaringan tersebut biasanya mengalami kerusakan fatal serta tidak berkembang dengan normal.

Gejala hamil anggur diantaranya adalah terjadi pendarahan pada vagina terutama pada trimester pertama, muntah dan mual parah, hipertensi, anemia, kista ovarium, rahim yang tampak lebih besar dibandingkan dengan usia kandungan seharusnya, keluar jaringan berbentuk anggur dari vagina, serta nyeri pada tulang panggul.

Kondisi hamil anggur biasanya tidak disarai pengidap karena indikasi kehamilannya mirip dengan kehamilan normal. Namun jika Anda merasa ada kejanggalan terutama di trimester pertama masa kehamilan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ada beberapa faktor yang dapat mempertinggi risiko seorang perempuan mengalami hamil anggur. Diantaranya adalah pernah keguguran, sebelumnya pernah mengalami hamil anggur, dan usia saat hamil 20 tahun ke bawah atau 40 tahun ke atas.

Hamil anggur umumnya menyebabkan gejala yang serupa dengan kehamilan normal sehingga sulit dideteksi tanpa pemeriksaan lebih detail seperti tes darah dan USG. Kondisi hamil anggur biasanya diketahui lewat proses USG di trimester pertama tepatnya minggu ke-10 sampai minggu ke-14. Tes darah juga dianjurkan untuk mengukur kadar hormon HCG yang berhubungan dengan kehamilan.

Jika Anda didiagnosis mengalami hamil anggur, maka dokter akan menganjurkan Anda menjalani penanganan dengan cepat untuk mencegah komplikasi terjadi. Langkah tersebut diantaranya adalah kuret dan pengangkatan rahim atau histerektomi. Pengangkatan rahim hanya dilakukan jika Anda tidak berencana untuk mempunyai keturunan lagi.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Sabtu, 24 September 2016 15:45:58

Related Post :
Kesehatan
Hal yang Harus Diketahui…

Sebelum menetukan program KB,…

Obat Cina
Manfaat Fufang Ejiao Jiang…

Manfaat Fufang Ejiao Jiang…

Tips
Penyebab Dan Cara Mengobati…

Cara mengobati radang sendi…

Penyakit
Mengenali Gejala Kanker Hati…

Kelelahan dan mual merupakan…

Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami…

Ibu hamil jangan mengonsumsi…

Ibu Hamil
Resiko Yang Mungkin Terjadi…

Resiko yang mungkin terjadi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Bahayakah Cabut Gigi Saat Hamil? Cek Disini Jawabannya!

Bahayakah cabut gigi saat hamil?…

Ibu Hamil
Tips Ibu Hamil Agar Lahirkan Anak Cerdas

Anak cerdas memang dambaan setiap…

Ibu Hamil
Benarkah Ibu Hamil Dilarang Berendam?

Benarkah ibu hamil dilarang berendam?…

Kirim Pertanyaan
Top