Hydrocortisone Obat Oles Ringan Untuk Kulit Gatal Di Apotek

Share dan Tag Temanmu di :

Hydrocortisone, obat oles ringan untuk kulit gatal.

Hydrocortisone merupakan obat kortikosteroid ringan yang dipakai untuk mengurangi inflamasi, gatal-gatal di kulit, serta kulit kemerahan. Kortikosteroid oles ini umumnya dipakai dengan pelembap emolien ketika dermatitis atau serangan eksim terjadi. Namun, obat gatal kulit di apotik ini hanya meredakan gejala inflamasi dan tidak menyembuhkan penyebab dasarnya. Tidak hanya dermatitis dan eksim, hydrocortisone juga bisa mengatasi iritasi di kulit karena alergi atau gigitan serangga.


Obat yang tergolong obat resep berbentuk oles ini hanya bisa digunakan anak-anak berusia 10 tahun keatas dan dewasa. Hydrocortisone tersedia dalam beberapa merk dan harus dipakai sesuai dengan resep dokter. Perempuan hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi hydrocortisone karena bisa membuat bayi yang dikandung berisiko mendapatkan efek samping. Namun jika harus digunakan, pakai di bawah pengawasan dokter. Perempuan yang menyusui sebaiknya menggunakan hydrocortisone sesuai anjuran dokter. Begitu juga untuk anak-anak di bawah 10 tahun.

Tidak diperbolehkan mengoleskan obat pada luka terbuka. Hindari mengoleskan obat di wajah, terutama di sekitar mata, bagian genital, dan anus. Tidak boleh dipakai lebih dari satu minggu kecuali dokter memantau. Bagian kulit yang sudah diolesi obat ini, biarkan terbuka dan jangan dibungkus. Segera temui dokter jika overdosis atau reaksi alergi terjadi.

Takaran dan dosis hydrocortisone akan disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala dan jenis penyakit. Cara menggunakannya, oleskan krim hydrocortisone secukupnya kemudian ratakan. Jangan mengoleskan krim terlalu tebal karena efek sampingnya adalah kulit menjadi tipis. Oleskan krim 1 sampai 2 kali sehari pada kulit yang mengalami peradangan. Frekuensi penggunaan maksimalnya adalah 2 kali sehari.

Pakai obat oles ringan untuk kulit gatal ini dengan benar dan sesuai dengan anjuran dokter. Sebelum mengoleskan obat ini, cuci tangan dengan air dan sabun. Begitu juga setelah penggunaan. Hentikan penggunaan jika gejala sudah hilang sepenuhnya. Batas maksimal penggunaan obat ini adalah satu minggu. Jika gejala tidak kunjung berkurang setelah penggunaan selama satu minggu, segera hubungi dokter. Jangan menutup bagian yang telah diolesi dengan plester, kain kasa, atau kain apapun. Hal tersebut dikarenakan penyerapan obat oleh kulit akan meningkat dan mempertinggi efek samping.

Jika Anda memakai lebih dari satu obat oles, tanyakan mengenai cara mengkombinasikannya. Misal gunakan pelembap emolien dulu, tunggu 15 menit sebelum hydrocortisone dioleskan. Jika mengalami eksim dan dermatitis, gunakan amolien setiap hari usai memakai hydrocortisone. Obat ini tidak digunakan pada bagian wajah terutama area mata, kecuali jika dokter menganjurkan.

Efek samping hydrocortisone diantaranya adalah lebam, stretch mark, perubahan warna pada kulit, serta munculnya pembuluh darah halus di permukaan kulit. Jika mengalami kulit kemarahan, ruam, disertai gejala yang lebih parah, segera hubungi dokter.

By Nida Saripah - Obat Kimia Senin, 26 September 2016 10:59:25

Related Post :
Manfaat
Mengetahui Berbagai Manfaat Bawang…

Tidak hanya sebagai bumbu…

Manfaat
Manfaat Black Garlic Si…

Berikut adalah berbagai manfaat…

Tips
Cara Mudah Membuat Bawang…

Ternyata membuat bawang hitam…

Ibu Hamil
Benarkah Ibu Hamil Dilarang…

Benarkah ibu hamil dilarang…

Obat Kimia
Obat Terbinafine Untuk Mengatasi…

Obat Terbinafine untuk mengatasi…

Kesehatan
Pantangan Makanan Untuk Penderita…

Berikut adalah berbagai pantangan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Warfarin Nama Obat Pengencer Darah di Apotek

Warfarin Nama Obat Pengencer Darah…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Cefixime Untuk Mengobati Infeksi Bakteri

Obat antibiotik cefixime untuk mengobati…

Obat Kimia
Cilostazol Obat Untuk Mengatasi Kram Pada Kaki

Cilostazol obat untuk mengatasi kram…

Kirim Pertanyaan
Top