Beragam Penyakit Keturunan yang Sulit Di Cegah

Share dan Tag Temanmu di :

Siapapun pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari serangan berbagai jenis penyakit. Namun, sayangnya terdapat beberapa penyakit tertentu yang kehadirannya tidak bisa dicegah, karena teramsuk penyakit genetik yang diturunkan dari orangtua.

Penyakit keturunan memang tidak dapat atau sulit untuk dihindari. Karena berhubungan dengan genetika dan diwariskan dari orangtua kepada anaknya. Namun, ada orangtua yang hanya bertindak sebagai pembawa sifat (carrier) saja dan penyakit ini baru timbul setelah dipicu oleh lingkungan dan gaya hidup.


Penyakit keturunan ini sifatnya sangat serius. Sehingga, bagi para orangtua yang memiliki gen penyakit turunan, sebaiknya segera periksakan anak Anda ke dokter.

Berikut ini beberapa jenis penyakit turunan yang sulit di cegah dan secara otomatis di wariskan ke generasi berikutnya, diantaranya :

  • Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus memiliki hubungan yang erat dengan keturunan. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat insulin dalam tubuh yang tidak bisa bekerja secara optimal. Seseorang yang memiliki antigen leukosit dalam darah yang diperoleh dari orangtuanya akan memiliki kecenderungan kuat untuk mengembangkan penyakit diabetes tipe 1. Sedangkan, diabetes tipe 2 juga merupakan penyakit turunan yang akan timbul di generasi berikutnya jika ada masalah lain yang menyertai, seperti obesitas, hipertensi, atau gaya hidup tidak sehat yang mengganggu fungsi sel-sel beta dalam tubuhnya.

  • Asma

Asma termasuk salah satu penyakit keturunan yang risikonya lebih kuat diturunkan dari pihak ibu daripada ayah. Penyakit ini biasanya dipicu oleh alergen yang ada disekitar. Selain itu, faktror bawaan dari orangtua akan memungkinkan anak 30% berisiko mengalami alergi juga. Namun, pada beberapa kasus, asma ini dapat hilang dengan sendirinya ketika menjelang dewasa dengan kontrol yang baik.

  • Alergi

Sebagian besar alergi diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan. Jika orangtua memiliki bakat alergi, maka tidak menutup kemungkinan sekitar 70% anak akan mengalami alergi juga. Namun, jika hanya salah satu orang saja yang mengidap alergi, maka faktor risiko ini bisa berkurang sekitar 30%.

  • Buta Warna

Buta warna merupakan salah satu masalah penglihatan yang terjadi karena ketidakmampuan melihat perbedaan antara beberapa warna. Penyakit ini diturunkan dari mutasi genetik kromosom X. Sebagian besar penyakit ini akibat faktor genetik, namun ada juga yang disebabkan karena mata, saraf, atau otak akibat bahan kimia tertentu. Mutasi yang mengakibatkan buta warna jika sedikitnya ada 19 kromosom berbeda dan 56 gen berbeda. Kondisi ini bisa timbul saat anak-anak ataupun sudah dewasa.

  • Kebotakan

Seperti yang telah diketahui, bahwa ada banyak hal yang bisa menyebabkan kebotakan, namun salah satu yang termasuk didalamnya yaitu bisa disebabkan karena faktor keturunan dari orangtua. Jika ayah mengalami kebotakan, maka setidaknya salah satu anaknya ada yang mengalami kebotakan akibat adanya gen yang diturunkan. Dr Angela Christiano, profesor dermatologi dan genetika di Columbia University Medical Center berhasil menemukan gen yang dapat mengakibatkan rambut menipis dan bahkan bisa terasa dampaknya ketika masih anak-anak. Diketahui gen APCDD1 yang menyebabkan folikel rambut menyusut, sehingga rambut semakin lama semakin menipis dan botak.

  • Hemofilia

Hemofilia merupakan salah satu penyakit keturunan akibat kekurangan faktor pembeku darah 8 atau 9. Perintah pembekuan darah ini terdapat di kromosom X, sehingga penderita hemofilia kebanyakan adalah kaum laki-laki. Maka dari itu, sebagian besar perempuan sebagai carrier saja. Penyakit ini sulit dicegah, karena setiap anak mengandung 1 kromosom seks dari ibu dan satu kromosom seks dari ayah, karenanya penyakit ini selalu dimulai sejak anak-anak.

  • Albino

Albino termasuk salah satu penyakit turunan yang diakibatkan karena anak tersebut menganduung gen albino dari ayahnya dan ibunya. Kebanyakan orang dengan albino lahir dari orangtua yang memiliki gangguan dalam hal produksi melanin, namun pada orangtua yang carrier tidak akan menunjukkan tanda-tanda memiliki gen albino. Jika orantua hanya sebagai carrier atau memiliki satu gen albino, maka sebaiknya tidak menikah dengan orang yang memiliki albino.

  • Thalasemia

Thalasemia yaitu kelainan darah karena hemoglobin darah mudah sekali pecah. Penyakit ini merupakan genetik yang diturunkan jika orangtuanya merupakan pembawa sifat (carrier). Akibat kelainan darah ini bisa membuat anak terlihat pucat dan harus mendapatkan transfusi darah secara teratur agar hemoglobinnya tetap normal. Berdasarkan hukum Mendel, jika ibunya sebagai carrier, maka setiap anaknya 25% berpeluang sehat, 50% sebagai carrier, dan 25% terkena thalasemia.

Melakukan pemeriksaan lengkap sebelum menikah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah beragam penyakit turunan tersebut. Pasalnya, dari pemeriksaan ini bis diketahui apakah keduanya memiliki gen penyakit yang diturunkan ke anaknya kelak atau tidak, sehingga bisa lebih siap menghadapinya di kemudian hari.

By Sri Maryati - Penyakit Senin, 26 September 2016 12:05:11

Related Post :
Manfaat
Manfaat Gula Merah Bagi…

Tidak hanya manis, gula…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Jengkol Bagi…

Tidak sedikit orang yang…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Alami
Khasiat Amazone Berries Sebagai…

Berikut ini beberapa manfaat…

Ibu Dan Anak
Masalah yang Sering Timbul…

Pada tahap pertumbuhan gigi,…

Kesehatan
Ingin Sembuh Dari Asam…

Ingin sembuh dari asam…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ciri-ciri Wanita Jika Terkena Infeksi Rahim

Ciri ciri infeksi rahim yang…

Penyakit
Mengenal Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Penyebab dan gejala pembengkakan kelenjar…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top