Jenis-Jenis Pengobatan Penyakit Batu Empedu

Share dan Tag Temanmu di :

Perkembangan penyakit batu empedu akan berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang bahkan tidak merasakan gejala batu empedu sama sekali. Dalam tulisan ini, yang akan kami bahas adalah langkah pengobatan yang disesuaikan dengan pengaruh terhadap kesehatan.


Di tahap awal, diperlukan peningkatan kewaspadaan serta pemantauan dengan teratur. Jika batu empedu tidak memberikan gejala apapun terhadap kesehatan Anda, dokter umumnya tidak merekomendasikan intervensi medis. Tetapi jika Anda mempunyai penyakit lain yang bisa mempertinggi kemungkinan komplikasi, maka sebaiknya Anda menjalani pengobatan. Penyakit yang bisa meningkatkan risiko komplikasi batu empedu diantaranya adalah diabetes, sirosis, dan hipertensi portal atau tekanan darah tinggi pada hati.

Jika Anda terdiagnosis mempunyai batu empedu dan mempunyai kalsium tinggi di dalamnya, langkah pengobatan akan sangat dianjurkan. Hal tersebut dikarenakan kombinasi batu empedu serta kalsium yang tinggi bisa menyebabkan kanker kantong empedu jika tidak diobati.

Untuk penyakit batu empedu tahap lanjut biasanya menimbulkan gejala berupa munculnya kolik bilier atau sakit perut. Pengobatan batu empedu tahap lanjut akan disesuaikan dengan keparahan gejala. Jika mengalami sakit perut yang jarang muncul dan terbilang ringan, dokter akan menganjurkan konsumsi analgesik atau obat pereda rasa sakit serta menerapkan pola makan sehat agar gejala bisa terkendali. Sedangkan jika Anda mengalami sakit perut yang sering muncul dan terasa hebat, dokter akan menganjurkan prosedur pengangkatan kantong empedu.

Jika gejala yang dialami sangat parah, kantong empedu bisa jadi harus diangkat lewat prosedur operasi. Namun ada juga yang mengatakan bahwa sekalipun kantong empedu diangkat, efeknya tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kesehatan. Karena jika menilik tentang penyebab batu empedu adalah kaitannya dengan organ hati yang bermasalah. Oleh karena itu, jika terjadi kantong empedu, jalan yang harus dilakukan adalah dengan mengobati organ hati agar berfungsi lebih baik kembali.

Namun jika Anda mempercayai batu empedu bisa dihilangkan dengan operasi, itu adalah pilihan Anda. Salah satu operasi yang paling umum dilakukan penderita batu empedu adalah kolesistektomi laparoskopik atau operasi lubang kunci. Disebut demikian karena ukuran sayatan sangat kecil yakni sekitar 1 cm. Operasi tersebut dilakukan dengan bius total sehingga Anda akan tertidur selama prosedur berlangsung dan tidak akan merasakan sakit. Pemulihan pasca operasi biasanya sekitar satu sampai dua minggu.

Batu empedu yang berukuran kecil dan tidak mengandung kalsium bisa ditangani menggunakan asam ursodeoksikolat yang mampu melarutkan batu empedu. Obat ini tidak dianjurkan untuk perempuan hamil dan menyusui.

Anda yang masih sehat dan belum terdiagnosis penyakit apapun termasuk batu empedu, pertahankan gaya hidup sehat Anda. Perlu Anda ketahui, batu empedu terbentuk karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Oleh karena itu, saran dari kami, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang alami dan aman untuk tubuh.

By Sri Maryati - Penyakit Senin, 26 September 2016 13:16:29

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Kacang…

Manfaat kacang panjang untuk…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Tips
Ngos-ngosan Saat Olahraga Lari?…

Cara mengatur nafas saat…

Kesehatan
4 Jenis Pantangan Makanan…

4 pantangan makanan bagi…

Kesehatan
Ini Anjuran Makanan Bagi…

Orang dengan gula darah…

Alami
Cara Alami Menghilangkan Gatal…

Cara alami menghilangkan gatal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Tanda-tanda Awal Penyakit Parkinson Yang Harus Diwaspadai

Tanda-tanda awal penyakit parkinson yang…

Penyakit
Cara Mengatasi Bronkitis Yang Sedang Kambuh

Cara mengatasi bronkitis yang sedang…

Penyakit
Mewaspadai Gejala dan Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Sakit dada sebelah kanan biasanya…

Kirim Pertanyaan
Top