Jenis Penyakit Glaukoma Dan Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Glaukoma adalah penyakit yang terjadi pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Penyakit ini bisa menyerang orang tua. Bahkan bisa juga menyerang anak-anak dan remaja. Glaukoma dibedakan menjadi 5 jenis. Namun sebelum masuk ke pembahasan jenis penyakit glaukoma, akan membahas dulu tentang penyebab dan bahaya glaukoma.


Penyebab terjadinya glaukoma adalah rusaknya keseimbangan cairan yang dipakai untuk mengairi saluran mata. Glaukoma merupakan penyakit yang berbahaya, karena bisa mengakibatkan penderita kehilangan penglihatannya secara perlahan-lahan.

Jenis Penyakit Glaukoma Dan Penyebabnya

-Glaukoma sudut primer terbuka. Penyebab glaukoma jenis ini belum diketahui pasti, tetapi kerusakan saraf optik tidak memunculkan gejala atau sakit. Glaukoma sudut primer terbuka adalah salah satu jenis glaukoma yang paling umum terjadi.

-Glaukoma sudut tertutup. Glaukoma sudut tertutup dibedakan menjadi 2 jenis diantaranya adalah glaukoma sudut tertutup akut merupakan glaukoma yang terjadi secara tiba-tiba. Sedangkan glaukoma sudut tertutup kronis adalah glaukoma yang terjadi secara bertahap.

-Glaukoma tegangan normal. Glaukoma tegangan normal bisa menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Penyebab jenis glaukoma ini belum diketahui pasti.

-Developmental glaucoma. Glaukoma jenis ini terjadi pada bayi dan anak-anak. Kemungkinan anak-anak bisa mengalami kerusakan optik yang bisa disebabkan oleh penyumbatan sudut drainase atau malformasi.

-Pigmentary glaucoma. Glaukoma jenis ini sering mempengaruhi laki-laki yang berkulit putih. Gejala pigmentary glaucoma adalah beberapa rasa sakit serta pandangan kabur sesudah melaksanakan kegiatan fisik.

Faktor resiko tinggi glaukoma

  • Riwayat pada keluarga. Bila ibu, bapak, nenek atau kakek anda mengidap penyakit glaukoma, andapun memiliki resiko terkena glaukoma.
  • Orang yang berusia lebih dari 40 tahun.
  • Orang yang memiliki penyakit komplikasi seperti gangguan tiroid, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke dan jantung berisiko lebih tinggi terkena glaukoma.
  • Orang yang pernah mengalami cedera pada mata berisiko lebih tinggi terkena glaukoma.
  • Berbagai jenis penyakit pada mata seperti penyakit retina pada mata, tumor mata dan radang mata dapat menimbulkan glaukoma.

Ada beberapa jenis pengobatan untuk penderita glaukoma diantaranya dengan obat tetes mata, penggunaan obat oral dan operasi. Selain itu, ada juga pengobatan lainnya untuk penderita glaukoma yaitu dengan obat alami glaukoma dari bahan alami.

Itula informasi mengenai jenis penyakit glaukoma, penyebab dan cara pengobatannya. Semoga dapat bermanfaat.

By Rizka Ardiana - Penyakit Senin, 26 September 2016 14:06:43

Related Post :
Daun
Manfaat Daun Ungu Untuk…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Penyakit
Bronkhitis Infeksi pada Bronkus…

Bronkhitis merupakan infeksi yang…

Alami
Terapi Penyembuhan Syaraf Kejepit…

Terapi penyembuhan syaraf kejepit…

Ibu Dan Anak
Cara Merawat Kulit Bayi…

Cara Merawat Kulit Bayi…

Kesehatan
Barang-Barang Berikut Bisa Jadi…

Berbagai barang-barang bisa menjadi…

Kesehatan
Anda Penyuka Permen? Segera…

Permen merupakan salah satu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Penyakit Alzheimer Jika Mulai Sering Lupa

Sering mengalami kelupaan terhadaap sesuatu…

Penyakit
Memilih Prosedur Pengangkatan Kanker Hati yang Tepat

Untuk mengobati penyakit kanker hati…

Penyakit
Ladies! Kenali Gejala Dan Metode Pengobatan Polip Serviks

Informasi tentang polip serviks beserta…

Kirim Pertanyaan
Top