Gejala Penyebab Dan Pengobatan Cacing Kremi

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala, penyebab dan pengobatan penyakit infeksi cacing kremi.

Cacing kremi merupakan parasit kecil yang biasanya menjangkiti usus besar. Parasit yang memiliki nama latin Enterobius vermicularis ini, mempunyai fisik berwarna putih dan tampak seperti benang. Cacing kremi dapat dilihat di sekitar lubang anus maupun tinja penderita. Cacing dengan panjang 5 sampai 13 milimeter ini bisa menaruh telur-telurnya di lipatan kulit di sekeliling anus ketika penderita sedang tertidur.


Infeksi cacing kremi biasanya tidak akan menimbulkan kondisi medis serius. Tetapi terkadang cacing kremi bisa naik dari area anal ke vagina, tuba palopi, uterus, serta organ sekitar pinggul. Jika hal tersebut terjadi, penderita terancam terkena komplikasi seperti vaginitis atau peradangan pada vagina serta endometritis atau peradangan lapisan dinding dalam uterus.

Gejala cacing kremi biasanya tidak ada tanda-tandanya. Tetapi yang paling umum adalah adanya rasa gatal di sekitar anus dan vagina di malam hari. Gatal tersebut terjadi karena aktivitas cacing kremi ketika menaruh telur-telurnya. Jika cacing kremi menimbulkan infeksi parah, gejala yang dirasakan penderita biasanya berupa hilangnya nafsu makan, mengompol, berat badan berkurang, nyeri perut dan mual, sulit tidur, dan infeksi kulit di sekitar anus.

Penyebab cacing kremi biasanya menjangkiti seseorang  yang menelan telur cacing kremi dari tangan yang tidak bersih. Cacing betina meletakkan ribuan telur di sekitar anus. Lalu saat proses menaruh telur tersebut, cacing betina mengeluarkan lendir yang membuat penderita merasa gatal. Rasa gatal tersebut memancing penderita untuk mengelap atau menggaruk anus. Ketika itulah telur-telur cacing dapat menempel di ujung jari ataupun di bawah kuku penderita.

Telur cacing kremi dapat bertahan hidup kurang lebih selama dua minggu. Telur-telur tersebut bisa berpindah pada benda apapun yang disentuhnya seperti handuk, sprei maupun sarung bantal, mainan anak, peralatan dapur, sikat gigi, perabotan rumah, permukaan kamar mandi, dan dimana saja. Cacing kremi biasanya diidap anak kecil karena mereka belum dapat menjaga kebersihan tangan dengan baik. Tidak hanya anak kecil, orang yang sering melakukan kontak dengan penderita cacing kremi secara langsung juga memiliki risiko tinggi untuk mengidap parasit cacing kremi.

Pengobatan cacing kremi bertujuan untuk menghilangkan cacing kremi serta mencegah infeksi datang kembali. Oleh karena itu, semua orang yang serumah dengan penderita sebaiknya menjalani pengobatan karena penyebaran infeksi cacing kremi akan sangat tinggi. Beberapa obat yang bisa dipakai untuk menangani cacing kremi diantaranya adalah mebendazole dan albendazole.

Selain mengonsumsi obat-obatan tersebut, pasien dan keluarga juga diminta untuk menerapkan perilaku hidup bersih seperti rutin mencuci semua baju, sprei, mainan, dan handuk, membersihkan debu di seluruh rumah, membersihkan kamar mandi dan dapur dengan rutin, menghindari makan di tempat tidur, menjaga kuku agar selalu pendek terutama kuku anak-anak, dan ajari anak untuk tidak mengisap jari.

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 27 September 2016 08:25:29

Related Post :
Manfaat
6 Manfaat Biji Selasih…

Anda mungkin sudah taka…

Kesehatan
Ingin Tetap Sehat dan…

Meskipun makanan tidak benar-benar…

Kesehatan
Benarkah Terserang Flu saat…

Sakit tenggorokan, batuk, dan…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Gejala penyebab dan pengobatan…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Makanan yang baik dikonsumsi…

Penyakit
Diagnosis Hidradenitis Suppurativa dan…

Hidradenitis Suppurativa merupakan penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Awas! Konsumsi Daging Anjing Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

Dibeberapa negara, daging anjing memang…

Kesehatan
Gaya Hidup Sehat yang Harus Dilakukan Penderita Hepatitis

Selain melakukan pengobatan, penderita hepatitis…

Kesehatan
Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Polip Rahim

Selain mengonsumsi obat polip rahim,…

Kirim Pertanyaan
Top