Bahaya Kurang Minum Air Putih Sebabkan Stroke Dan Sembelit

Share dan Tag Temanmu di :

Air sangat berperan penting bagi kehidupan manusia terutama air putih. Jika seseorang kekurangan air putih dalam jangka waktu lama akan berakibat fatal karena hampir 80% tubuh manusia memerlukan air bahkan ada bagian tubuh yang memiliki kadar air lebih dari 80% yaitu darah dan otak. Otak memiliki air sebanyak 90% sedangkan darah mengandung komponen sebanyak 95%. Selain itu jika tubuh kekurangan cairan secara berlebihan akan mengganggu fungsi penting dalam tubuh seperti perubahan warna urin menjadi kemerahan,  sembelit atau gangguan BAB, keringat berkurang sehingga kulit kering, dan yang paling parah yaitu darah menjadi lebih pekat serta kental dan juga bisa menyebabkan berabagai macam gangguan fungsi tubuh, baik mulai dari yang ringan hingga yang fatal seperti kematian. Tapi sayangnya sampai sekarang masih banyak orang yang menghiraukan kepentingan minum air putih sehingga resiko yang timbul beberapa penyakit.


Berikut ini bahaya kurang minum air putih yang bisa menyebabkan berbagai penyakit yang timbul, diantaranya:

1. Stroke. Ketika aliran darah kental melewati otak otomatis akan tersendat. Padahal sel-sel otak sangat membutuhkan oksigen dan nutrisi penting yang dibawa oleh darah. Jika kebutuhannya kurang terpenuhi maka dapat menyebabkan sakit kepala, menurunnya daya ingat hingga stroke.

2. Infeksi kandung kemih. Dengan gejala awal infeksi kandung kemih diantaranya kulit menjadi kusam dan tidak terlihat cerah dan awet muda karena aliran darah kapiler dikulit pada tubuh tidak lancar.

3. Fungsi otak terganggu. Jika seseorang kekurangan minum air putih akan menyebabkan cairan diotak menurun, asupan oksigen yang seharusnya sirkulasi ke otak menjadi berkurang sehingga menyebabkan sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang. Oleh karena itu, air putih sangat penting untuk sel-sel otak yang berfungsi untuk berpikir lebih cepat sehingga tidak akan mudah lupa atau pikun.

4. Fungsi ginjal terganggu. Kekurangan minum air putih akan merasakan sakit pinggang yang kemungkinan mengakibatkan batu ginjal. Karena fungsi air putih pada organ ginjal akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersamaan dengan buang air kecil setiap harinya.

Jadi mulai sekarang perbanyak minum air putih sebanyak 6-8 gelas perhari merupakan suatu kewajiban untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh manusia.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 27 September 2016 08:44:13

Related Post :
Tips
Tips Cara Cepat Menghilangkan…

Tips cara cepat menghilangkan…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Obat Kimia
Obat Pengencer Dahak di…

Obat Pengencer Dahak di…

Obat Kimia
Pilihan Obat Salep Scabies…

Berikut adalah daftar nama…

Kesehatan
Penyakit Lain Yang Terjadi…

Waspadalah terhadap penyakit darah…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Selain minum obat-obatan, baik…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kaki Bengkak? Ini Penyebab Dan Cara Menanganinya

Beragam penyebab kaki bengkak yang…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Sesak Nafas

Informasi tentang sesak nafas, penyebab,…

Kesehatan
Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi saat Perut Kosong

Sebaiknya makanan ini tidak dikonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top