Penyebab Cegukan Dan Cara Pengobatannya

Share dan Tag Temanmu di :

Cegukan atau yang dikenal dengan singultus adalah kondisi yang dapat dialami semua orang. Kondisi ini terjadi saat diafragma, sebuah membran otot yang memisahkan rongga perut dan rongga dada mengalami kontraksi. Setiap kontraksi pada organ tersebut mengakibatkan pita suara menjadi menutup sehingga akan menimbulkan suara khas cegukan berupa ‘hik’.


Cegukan bisa berlangsung beberapa menit. Hal tersebut normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Penyebab cegukan singkat diantaranya adalah minuman bersoda, minuman panas, minuman beralkohol, makan terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas, merokok, perut yang kembung, dan stress. Dalam beberapa kasus, cegukan bisa pula berlangsung lama misalnya lebih dari dua hari.

Penyebab cegukan lama diantaranya adalah karena adanya gangguan metabolisme seperti hiperglikemia, hipoglikemia, dan diabetes, adanya gangguan sistem saraf seperti radang jaringan otak atau ensefalitis, cedera berat pada otak, stroke, dan tumor, adanya gangguan saraf vagus seperti faringitis, penyakit gondok, dan meningitis, adanya gangguan pernafasan seperti pneumonia, pleuritis, dan asma, adanya gangguan pencernaan seperti radang usus, obstruksi usus, serta penyakit refluks gastroesofagus (GERD), dan adanya reaksi psikologi seperti gembira, stress, syok, sedih, dan takut.

Penyebab cegukan lainnya bisa pula dikarenakan konsumsi obat-obatan seperti obat golongan pereda nyeri seperti morfin dan metadon, obat-obatan kemoterapi untuk menangani kanker, obat bius praoperasi, obat penenang atau benzodiazepine untuk mengatasi kecemasan, obat hipertensi seperti methyldopa, obat pencegah kejang seperti barbiturate, serta obat untuk mengatasi radang dan pembengkakan seperti kortikosteroid.

Jika cegukan terjadi lebih dari dua hari, sebaiknya segera temui dokter.
Cegukan yang berlangsung lama dikhawatirkan menjadi gejala bahwa Anda menderita kondisi serius. Untuk mendiagnosis cegukan yang berlangsung lama, beberapa tes bisa dilakukan seperti:

1.Endoskopi atau pemeriksaan menggunakan selang kecil lengkap dengan kamera dan lampu. Pemeriksaan ini dilakukan jika cegukan diduga berkaitan dengan gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung.

2.Elektrokardiogram. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengukur aktivitas elektrik dalam jantung jika cegukan diduga berkaitan dengan jantung.

3.Pemindaian sinar-X, CT Scan, atau MRI. Salah satu pemindaian tersebut dapat dilakukan dokter jika cegukan diduga karena tumor atau infeksi.

4.Pemeriksaan darah. Tes tersebut bisa dilakukan ketika cegukan diduga disebabkan gangguan hati, ginjal, serta diabetes.

Pengobatan cegukan bisa dengan beberapa hal sederhana seperti mengecap cuka, menggigit lemon, menelan gula pasir, bernafas dalam kantung dari kertas, berbaring atau duduk dengan menarik dua lulut sampai menyentuh dada, minum air dingin, serta menahan nafas dalam waktu singkat. Periksakan diri ke dokter jika cegukan tidak berhenti setelah 48 jam.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 27 September 2016 11:09:17

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Jeruk…

Kandungan dan manfaat jeruk…

Kesehatan
Buah-buahan Yang Dapat Mencegah…

Buah-buahan yang dapat mencegah…

Kesehatan
Ini Bahaya Mata Minus…

Ini bahaya mata minus…

Alami
Ini Dia Alasan Mengapa…

Jamu merupakan tanaman herbal…

Daun
Berbagai Manfaat Daun Kitolod…

Sekain sangat baik untuk…

Obat Kimia
Obat Yang Digunakan Untuk…

Sampai saat ini pengobatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab Luka pada Penderita Diabetes Sulit Sembuh

Mengenali berbagai penyebab luka pada…

Kesehatan
Mencegah dan Mengatasi Stres dengan Manfaat Nutrisi Alami

Selain berlibur atau beristirahat, beberapa…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top