Obat Alami Batuk Pilek Untuk Bayi Dan Balita

Share dan Tag Temanmu di :

Mengalami batuk pilek, mungkin adalah salah satu penyakit yang sangat sering kali terjadi terlebih saat musim hujan menjelang. Karena pada saat itulah sumber penyakit seperti virus dan bakteri sangat mudah menyebar. Batuk dan pilek ini tidak hanya di alami oleh dewasa, tetapi juga sering kali dialami oleh bayi dan balita. Penyebabnya adalah akibat daya tahan tubuh mereka yang belum cukup kuat untuk menangkal dampak buruk di sekitar mereka.


Siapa saja yang mengalami kondisi ini pastinya akan tidak merasa nyaman, terlebih pada bayi. Mereka akan sering rewel dan menangis akibat rasa tidak nyaman yang mereka alami. Maka dari itu, hendaklah anda sebagai orang tua segera mengatasinya secepat mungkin. Karena dengan semakin cepat pengobatan di lakukan, maka mereka pun tidak akan semakin rewel dan dapat bermain ceria kembali seperti sebelumnya. Adapun selain pengobatan medis, anda juga dapat mengobatinya dengan obat alami batuk pilek untuk bayi berikut ini. Tentunya pengobatan menggunakan ramuan alami ini lebih efektif, cepat dan juga aman.

Obat alami batuk pilek untuk bayi dan balita

Ada beberapa bahan alami yang sangat mudah anda temukan di rumah, yang mana dapat anda manfaat sebagai obat batuk pilek tradisional untuk bayi.  Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jeruk nipis dan madu
Bahan alami yang satu ini sudah terkenal sehjak dulu untuk meredakan filek. Jika bayi anda tengah mengalami batuk filek dan telah berusia lebih dari 1 tahun maka anda dapat mencoba memberikan ramuan campuran jeruk nipis dan madu ini untuk meredakan batuk pada bayi anda. Ramuan alami ini mampu meredakan gatal pada tenggorokan serta dapat merangsang keluarnya air liur yang dapat meredakan batuk bayi. Untuk abak-abak berusia 1-5 tahun sendiri takarannya adalah setengah sendok teh dengan mencampurkan sedikit perasana air jeruk nipis dan madu pada segelas air hangat. Usahakan si kecil meminum ramuan ini sebelum tidur. Anda dapat memberikannya 3 kali sehari secara teratur

2. Kunyit
Obat alami flu dan batuk pada si kecil lainnya adalah kunyit. Bahan alami ini tentunya sangat aman apabila di konsumsi oleh si kecil. Kunyit sendiri memiliki kemampaun untuk mengurangi inflamasi dan memperkuat daya tahan tubuh bayi. Caranya juga tidak terlalu rumit, jika bayi atau balita anda masih menyusui, maka anda dapat mengoleskan bubuk kunyit pada payudara sang ibu sebelum si bayi menyusui. Anda juga dapat mencampuirkan bubuk kunyit pada susu si kecil. Untuk hasil yang efektif, berikan bubuk kunyit ini pada si kecil 2 kali sehari.

Tak cukup pengobatan dari dalam. Pengobatan batuk dan pilek pada bayi dan balitaopun dapat di lakukan dari luar. Salah satunya adalah dengan memiljat bayi menggunakan minyak telon atau parutan bawang merah, sehingga bayi dapat merasa lebih hangat dan juga nyaman.

Selain dari pada itu, pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup. Asupan cairan juga sangat perlu untuk di perhatikan. Jika anak masih menyusui, berikan ASI sebanyak-banyaknya. Karena ASI sendiri mengandung zat-zat baik yang dapat meningakatkan kekebalan tubuh si anak, sehingga dapat mempercepat proses prnyembuhan si anak. Jika tidak, anda dapat memberikannya air putih hangat, karena hal ini dapat memberikan rasa lega pada pencernaan. Hindarkan pula anak dari berbagai jenis hal yang dapat memperparah kondisinya, seperti terpapar udara dingin, mengonsumsi makanan berminyak dan makanan manis.

Jika batuk pilek anak tidak kunjung mereda, maka bantuan medis sangat di perlukan untuk proses penyembuhan yang secepatnya.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Selasa, 27 September 2016 15:01:09

Related Post :
Kesehatan
Dampak Negatif Pil Dumolid…

Meskipun memiliki beberapa manfaat,…

Penyakit
Inilah Akibatnya Jika Mengkonsumsi…

Inilah akibatnya jika mengkonsumsi…

Kesehatan
Panduan Pola Makan Sehat…

Panduan pola makan sehat…

Kesehatan
Kenali Penyebab Dada Terasa…

Selain mengonsumsi makanan atau…

Kesehatan
Ini Dia Jenis-jenis Jamur…

Berbagai jenis jamur yang…

Alami
Obat Radang Ginjal Alami…

Selain pengobatan medis, penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Jumlah Asupan ASI Untuk Bayi Yang Mesti Diketahui

Banyak ibu yang berharap bayinya…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top