Tips Dan Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tetap Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Dalam satu bulan, rambut bisa tumbuh sekitar 0,5 sampai 0,7 cm dan bisa terus tumbuh panjang sampai bertahun-tahun. Siklus alami rambut umumnya berakhir setelah enam tahun, lalu rambut lama rontok dan membuka jalan untuk tumbuhnya rambut baru. Siklus rambut sendiri tergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah bagaimana cara perawatan rambut panjang. Semakin banyak prosedur yang diterapkan untuk menata rambut, semakin banyak pula perubahan pada struktur alami rambut. Dampaknya adalah pada ketahanan secara umum.


Lalu bagaimana cara merawat rambut panjang dengan baik agar tetap sehat? Berikut kami berikan tipsnya.

1. Pangkas rambut dengan berkala. Memotong rambut tidak berarti akan membuat rambut cepat tumbuh. Sebaiknya lakukan pemangkasan ujung rambut secara berkala untuk mempertahankan panjang rambut yang diinginkan. Disarankan untuk memangkas rambut bagian ujung setidaknya setiap 6 sampai 8 minggu sekali untuk menghilangkan bagian ujung rambut yang telah rusak.Hal tersebut juga berguna mencegah tumbuhnya rambut bercabang.

2. Jalankan diet sehat. Perlu diingat bahwa diet bukan tidak makan. Diet sehat adalah pola makan sehat dan bergizi yang dilakukan setiap hari dengan memperhatikan asupan vitamin dan mineral yang di perlukan tubuh. Menjalankan diet sehat akan memberikan pengaruh baik untuk rambut. Karena untuk mendapatkan rambut yang sehat diperlukan berbagai  vitamin seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin C, vitamin K, serta vitamin B kompleks. Vitamin yang tergolong B-kompleks adalah riboflavin, biotik, tamin, asam pantotenat, niasin, vitamin B6, folat, dan vitamin B-12.

3. Perhatikan penggunaan shampoo. Shampoo disarankan untuk dipakai 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Terlalu sering mencuci rambut dengan shampoo bisa menghilangkan kandungan minyak alami di kulit kepala yang berfungsi menjamin kesehatan rambut panjang Anda. Selain menggunakan shampoo, gunakan pula conditioner di ujung rambut usai keramas. Supaya rambut panjang tak cepat rusak, hati-hatilah saat mengeringkan rambut. Cukup peras rambut agar cepat kering kemudian tutup menggunakan handuk. Hindari menggosok rambut dengan handuk kering.

4. Hindari menata rambut secara berlebihan. Agar kesehatan rambut panjang tetap terjaga, hindari penggunaan zat kimia secara berlebihan seperti cat warna, penggunaan pengeriting rambut, maupun penggunaan catok.

5. Hindari mengikat rambut terlalu ketat. Mengucir rambut ekor kuda adalah cara tergampang yang bisa dilakukan oleh mereka yang berambut panjang. Namun sebaiknya gunakan ikat rambut lembut dan jangan mengikat rambut terlalu ketat karena bisa memicu kerusakan rambut.

By Nida Saripah - Tips Rabu, 28 September 2016 11:01:25

Related Post :
Tips
Tips Cara Menangani Bisul…

Saat kulit terinfeksi yang…

Penyakit
Diagnosa Terhadap Pankreatitis akut…

Diagnosa terhadap pankreatitis akut…

Penyakit
Jenis Penyakit Glaukoma Dan…

Glaukoma adalah penyakit yang…

Kesehatan
Gejala Dan Diagnosis Jantung…

Jantung berdebar lebih cepat…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Suruhan…

Khasiat dan manfaat daun…

Tips
Cara Mencegah Asam Lambung…

Selain mengobati, penderita juga…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Ada tiga pada bagian wajah…

Tips
Cara Sehat dan Aman Konsumsi Daging saat Idul Adha

Mengonsumsi daging kurban secara berlebihan…

Tips
Tips Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Perempuan yang sedang hamil tua…

Kirim Pertanyaan
Top