Belajar Mengenali Gejala Sakit Pada Bayi

Share dan Tag Temanmu di :

Seorang ibu tentunya akn merasa gelisah ketika si buah hati terutama bagi anaknya yang sedang dalam usia 0-11 bulan, terdapat keanehan pada kondisi tubuhnya, timbulnya kegelisahan ini akan terus meningkat, ya, terang saja karena si bayi tidak bisa mengucapkan hal yang terjadi pada kondisi tubuhnya.


Mungkin diantara anda para pembaca sekalian pernah mengalaminya biasanya bagi ibu muda atau yang baru saja diakruniai keturunan denagn di hadapkan kondisi kesehatan sang anak pada saat seperti ini. Hendaknya seorang ibu dapat mengenai gejala-gejala dan mengenrti kondisi kesehatan atau dampingi apabila ibu yang baru saja di karuniai anak pertama denagn orang terdekat yang memang sudah mengerti kondisi seperti ini pada anak. Dengan seperti ini maka kondisi anak dapat dikendalikan untuk mendapatkan pananganan awal sebelum dilakukan pengobatan secara medis untuk anak.

Inilah kendalanya apabila seorang anak denagn usia masih dibawah atau kurang dari satu tahun yang tidak bisa mengungkapkan keluhan yang terjadi pada tubuhnya ketika kondisinya sedang sakit, namun tanda-tanda atau kondisi anak sedang sakit dapat dilihat ketika dia merasakan sesuatu, seperti ;

Tidak aktif; Pada dasarnya bayi yang sehat memiliki sifat aktif, selalu bergerak dan makan atau menyusu dengan baik, namun bila terjadi kondisi yang tidak memungkin pada kesehatannya cenderung anak tidak aktif karena mengalami atau sedang sakit, bisa juga menjadi rewel, menangis terus menerus, dan tidak bisa didiamkan karena ada sesuatu yang dia rasakan.

Apabila bayi tersebut di bawah tiga bulan, hendaknya harus segera dibawa ke dokter atau petugas kesehatan lainnya, jangan diberikan terlebih dahulu obat untuk pertolongan pertama, karena gejala sakitnya merupakan satu pertanda sakit berat atau ringan.

Namun anda perlu waspada apabila sakit yang diderita anak anda berupa gejala-gejala seperti demam, muntah, diare disertai rewel ada kemungkinan bayi anda memiliki penyakit tertentu, apabila kondisi tubuhnya panas bisa dilakukan pertolongan pertama dengan memberikan obat penurun panas, kalau dalam jangka waktu beberapa hari belum juga menunjukan kondisi membaik segeralah bawa anak anda ke dokter.

Gejala penyakit

Kenali gejalanya jika teradapat gejala seperti diare dan muntah dalam hal ini berarti anak anda mengalami dehidrasi. Untuk mengenalinya ibu bisa melihat dari kebiasaan cara buang air kecilnya, apabila dalam enam jam anak tidak kunjung uang air kecil, berarti pertanda anak mengalami dehidrasi berat, bawalah anak anda ke dokter untuk diberikan cairan infus.
Gejala demam yang sering terjadi pada anak pada masanya itu, kondisi tersebut bisa merupkana gejala dari penyakit ringan dan penyakit berat, oleh karena itu sang ibu harus mencari penyebab demam tersebut dan memberikan pengobatan sesuai dengan kondisi sakit si anak.

Secara umum, bayi dicurigai sakit jika terdapat perubahan tingkah laku dari yang biasanya. Apalagi, jika itu disertai dengan gejala lain, seperti demam, muntah, sesak, batuk, kejang, dan sebagainya. Perubahan kondisi atau tingkah laku itu, misalnya demam, tidak mau minum atau makan, rewel, muntah, mencret, dan perut membuncit. Perubahan lainnya bisa dilihat dari adanya gangguan napas (batuk-pilek, sesak napas, atau napas cepat), kejang atau kelumpuhan, gangguan berkemih (menetes, air kemih kemerahan, menangis ketika berkemih), sembab di kelopak mata atau tungkai, kelainan di kulit berupa kemerahan, bisul, warna kebiruan, atau lebam.

Pada bayi yang baru lahir dapat ditemukan gejala berupa bayi merintih, sesak napas atau napas cepat, bayi tampak kuning, tidak mau menyusui, atau tampak kebiruan di sekitar mulut terutama ketika menangis.

Untuk mendeteksi, apakah penyakit yang dialami bayi masuk kategori penyakit serius atau tidak, Sudung mengungkapkan, hal itu bisa dilihat dari keadaan fisiknya. Bayi dapat dikatakan mengalami sakit berat jika mengalamai gejala, seperti demam tinggi (lebih dari 40 derajat Celcius), kejang, kesadaran menurun, kelumpuhan, dan sesak napas. Di samping itu, juga dapat dikenali jika bayi mengalami tanda-tanda, seperti kebiruan di sekitar mulut, tanda kekurangan cairan (mata cekung, air kemih sedikit, bibir kering, berat badan turun), perdarahan (di kulit, muntah darah), sembab di kelopak mata atau tungkai, perut membuncit, dan tanda lain tergantung penyakit penyebab.

Penanganan awal

Jangan panik jika gejala tidak nampak tapi kecurigaan muncul terhadap kondisi keseatan sang bayi, segeralah bawa anak anda ke balai pengobatan terdekat seperti puskesmas, rumah sakit dan lain sebagainya utuk pemeriksaan lebih lanjut.
Sangat penting para ibu memahami tentang penyakit, terutama pada bayi, serta memiliki pengetahuan untuk membedakan apakah gejala yang dialami bayi masuk kategori berat atau tidak. Jika gejalanya berat, seperti kejang, sesak napas, dan kesadaran menurun, ibu harus membawa anak ke layanan kesehatan.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Ibu Dan Anak Sabtu, 23 Januari 2016 11:28:37

Related Post :
Tips
Anda Pecinta Makanan Pedas?…

Makanan pedas diketahui memiliki…

Kesehatan
Kebaikan yang Akan Didapatkan…

Tertawa bisa membuat siapapun…

Alami
Ramuan Obat Asma Herbal…

Ramuan Obat Asma Herbal…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Gejala Penyakit…

Informasi tentang perbedaan gejala…

Penyakit
Mengenal Gejala Faktor Risiko…

Informasi tentang polip usus,…

Alami
Kandungan Gizi Buah Kersen…

Kersen, terutama buahnya memiliki…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Demam Pada Anak Naik Turun? Ini Penyebab Dan Pengobatannya

Berbagai penyebab demam pada anak…

Ibu Dan Anak
Tips Mengasuh dan Merawat Anak dengan Down Syndrome

Anak Down syndrome memerlukan pola…

Ibu Dan Anak
Begini Cara Mudah Mengatasi Bayi Kuning di Rumah

Begini cara mudah mengatasi bayi…

Kirim Pertanyaan
Top