Tips Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami Tanpa Obat

Kenali Pemicu Asam Lambung

Apakah Anda pernah mengalami sakit dada atau nyeri pada ulu hati, mulut terasa asam atau pahit, perut terasa tidak nyaman, disertai dengan sulit menelan? Bisa jadi Anda sedang mengalami gastroesophageal reflux disease (GERD). Hal tersebut bisa terjadi karena asam lambung naik ke tenggorokan yang disebabkan katup antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.


Lalu mengapa katup antara lambung dan kerongkongan bagian bawah tidak berfungsi dengan baik? Hal ini memang belum diketahui secara pasti. Namun sejauh ini, obesitas adalah salah satu penyebabnya. Makanan berlemak yang dikonsumsi dalam jumlah banyak, kopi, dan alkohol menjadi salah satu penyebab meningkatnya risiko refluks. Mengobati asam lambung salah satu caranya adalah dengan memperbaiki pola hidup seperti yang akan kami uraikan berikut ini:

-Perhatikan makanan yang menjadi pemicu asam lambung. Misalnya lemak. Oleh karena itu, jika Anda sering terkena asam lambung, ada baiknya meminimalisir atau bahkan menghindari makanan berlemak karena dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak yang risikonya naik ke kerongkongan. Begitu juga dengan makanan pedas, kopi, dan alkohol, sebaiknya hindari agar katup kerongkongan bawah menjadi rileks. Anda juga bisa mencoba mengaplikasikan diet berupa makan dalam porsi kecil namun sering.

-Tidur cukup. Hormon stres karena kurang tidur bisa memicu refluks asam lambung. Kondisi ini bisa membuat komplikasi mulai dari risiko penyakit kronis sampai mempertaruhkan nyawa. Segera perbaiki pola tidur dan dapatkan tidur cukup yang berkualitas. Anda juga bisa tidur dengan posisi bagian tubuh atas mulai dari pinggang lebih tinggi dari tubuh bagian bawah.

-Perhatikan pakaian di sekitar perut. Tekanan pada perut dikarenakan pakaian ketat di sekitar perut bisa memicu isi perut terpancing kembali ke tenggorokan dan muntah. Gunakan pakaian nyaman dan longgar terlebih di sekitar perut.

Lalu bagaimana cara untuk mengobati asam lambung? Berikut akan kami berikan tips mengobati asam lambung secara alami.

-Jahe. Anda bisa menggunakan jahe mentah untuk diminum sekitar 1-2 jam sebelum makan. Tumbuk jahe, lalu campurkan ke dalam air.

-Baking soda. Untuk menetralkan asam lambung, ambil satu sendok teh baking soda, larutkan dalam segelas air, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari 1-2 jam setelah makan.

-Teh chamomile. Teh yang satu ini sering digunakan untuk mengobati maag. Anda bisa juga mencobanya untuk mengatasi asam lambung.


By Diane Rosse A.Md.Keb - Tips Sabtu, 16 April 2016 19:00:50

Tips Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami Tanpa Obat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami Tanpa Obat berlaku untuk asamlamung yang sudah kronis naik ketenggorokan dengan mengkonsumsi buah, teh dan jahe
Tips - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?

  • Tips Mencegah Agar Asma Tidak Kambuh Lgi

    1 Balasan

    Tips

    Selamat pagi, saya merupakan seorang penderita asma akut dan kini sedang menjalani berobat jalan di salah satu pusat kesehatan. Namun, meski begitu asma saya sering kali timbul secara tiba-tiba. Adakah…

  • perih dan sakit pada mata kambuhan

    1 Balasan

    Tips

    Selamat sore dok, saya kerja didepan layar monitor komputer sudah hampir 3 tahun lebih. Beberapa bulan kebelakang saya sering merasakan rasa perih dan sakit mata, terus menjalar kebagian kepala dengan…


Tips
Cara Cepat Menurunkan Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

Cara cepat menurunkan demam tinggi…

Tips
Cara Mudah Hindari Mabuk Perjalanan saat Mudik

Bagi Anda yang tengah menjalankan…

Tips
Tips Cara Memilih Bedak Untuk Kulit Berminyak

Anda perlu cerdas dalam memilih…

Tambah Pertanyaan
Top