Tips Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami Tanpa Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Tips mengobati asam lambung naik secara alami berikut pastinya masih kurang di ketahui oleh penderitanya. Pasalnya, mereka bahkan mungkin termasuk anda di dalamnya biasanya masih mengandalkan obat apotik pada saat asam lambung mulai tinggi dan menyebabkan berbagai ketidaknyamanan. Namun, tidak untuk sekarang. Anda bisa menghilangkan gejala asam lambung tersebut secara alami bahkan tanpa obat lho! Simak informasi selengkapnya hanya disini.


Apakah Anda pernah mengalami sakit dada atau nyeri pada ulu hati, mulut terasa asam atau pahit, perut terasa tidak nyaman, disertai dengan sulit menelan? Bisa jadi Anda sedang mengalami Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Hal tersebut bisa terjadi karena asam lambung naik ke tenggorokan yang disebabkan katup antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Lalu mengapa katup antara lambung dan kerongkongan bagian bawah tidak berfungsi dengan baik? Hal ini memang belum diketahui secara pasti. Namun sejauh ini, obesitas adalah salah satu penyebabnya. Makanan berlemak yang dikonsumsi dalam jumlah banyak, kopi, dan alkohol menjadi salah satu penyebab meningkatnya risiko refluks.

Tips mengobati asam lambung secara alami tanpa obat

Obat asam lambung sebenarnya telah banyak di jual terlebih di apotik, dan bisa di  beli baik dengan resep maupun tanpa resep dokter. Akan tetapi, selagi masalah heartburn ini masih bisa di atasi dengan cara-cara yang alami, mengapa harus dengan obat? Nah berikut akan kami paparkan berbagai tips dan cara alami bagaimana mengatasi asam lambung berlebih secara alami dengan cepat yang juga bisa di terapkan secara aman pada anak maupun ibu hamil.

1. Memperbaiki pola hidup

Mengatasi asam lambung kronis maupun maupun akut secara alami salah satunya adalah dengan memperbaiki pola hidup yang anda jalani sebelumnya, seperti:

  • Lebih memperhatikan makanan yang menjadi pemicu asam lambung. Misalnya lemak. Oleh karena itu, jika Anda sering terkena asam lambung, ada baiknya meminimalisir atau bahkan menghindari makanan berlemak karena dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak yang risikonya naik ke kerongkongan. Begitu juga dengan makanan pedas, kopi, dan alkohol, sebaiknya hindari agar katup kerongkongan bawah menjadi rileks. Anda juga bisa mencoba mengaplikasikan diet berupa makan dalam porsi kecil namun sering.
  • Tidur yang cukup. Hormon stres karena kurang tidur bisa memicu refluks asam lambung. Kondisi ini bisa membuat komplikasi mulai dari risiko penyakit kronis sampai mempertaruhkan nyawa. Segera perbaiki pola tidur dan dapatkan tidur cukup yang berkualitas. Anda juga bisa tidur dengan posisi bagian tubuh atas mulai dari pinggang lebih tinggi dari tubuh bagian bawah.
  • Memperhatikan pakaian di sekitar perut. Tekanan pada perut dikarenakan pakaian ketat di sekitar perut bisa memicu isi perut terpancing kembali ke tenggorokan dan muntah. Gunakan pakaian nyaman dan longgar terlebih di sekitar perut.

2. Memanfaatkan jahe

Meski hingga saat ini belum terdapat penelitian yang relevan terkait manfaat jahe untuk asam lambung, akan tetapi secara empiris rimpang alami ini sejak dulu telah di gunakan oleh nenek moyang kita yang mana khasiatnya telah terbukti dalam menurunkan asam lambung jika takaran penggunaan yang di gunakan pas. Karena perlu di jadikan sebagai cacatan, penggunaan jahe lebih dari 4 gram per hari mampu memperparah kondisi asam lambung anda.

Untuk pemanfaatannya sendiri, anda bisa menggunakan jahe mentah untuk diminum sekitar 1-2 jam sebelum makan, sengan cara menumbuknya hingga halus, lalu campurkan ke dalam segelas air dan saring sebelum di minum.Anda juga bisa menambahkan jahe ke dalam menu makanan  anda.

3. Menggunakan baking soda

Menurut Jacqueline Wolf, MD yang mana merupakan ahli kesehatan dari Harvard Medical School menuturkan bahwasannya baking soda mampu di manfaatkan pada sebagian orang yang mengalami nyeri dada akibat asam lambung. Hal tersebut di karenakan sifatnya basa sehingga bisa menteralisir asam. Adapun untuk menetralkan asam lambung dengan baking soda, anda bisa mengambil satu sendok teh baking soda, larutkan dalam segelas air, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari 1-2 jam setelah makan.

4. Mengonsumsi teh chamomile

Teh herbal yang terbuat dari bunga bunga chamomile ini sering digunakan untuk mengobati asam lambung dan berbagai jenis peradangan termasuk pada lambung. Untuk itu, anda bisa mengonsumsi secangkit teh herbal ini sebelum tidur yang selain di yakini mampu mengatasi peradangan pada lambung juga dapat menjadikan tidur anda menjadi lebih nyenyak.

5. Mengunyah permen karet

Sebuah penelitian dalam Jurnal of Dental Research menunjukkan bahwasannya mengunyah permen karet selama 30 menit mampu mengurangi keluhan GERD (Gastro Esophagial Reflux Disease) atau asam lambung. Dan menurut Rebecca Moazzez DPhil dari King's Collage London yang memimpin penelitian tersebut menambahkan, bahwasannya manfaat permen karet mampu merangsang pelepasan air liur, sehingga asam yang terakumlasi di perut akan tercuci dan bersih dengan cepat, sehingga gejjala GERD bisa berkurang secara signifikan.

6. Memanfaatkan lidah buaya

Menurut Victor Sierpina MD dari University of Texas Medical Branch bahwasaannya manfaat lidah buaya bisa di gunakan pada saat asam lambung naik ke kerongkongan. Beliau juga menambahkan bahwasannya lidah buaya mampu meredakan inflamasi di kerongkongan sebagaimana pada lambung. Dan adapun cara pemanfaatannya bagi anda yang sering mengalami refluks lambung, anda bisa mengonsumsi 1/2 gelas jus lidah buaya sebelum sarapan pagi.

7. Mengonsumsi buah pisang

Tak hanya enak, buah pisang juga nyatanya memiliki gizi yang berlimpah sekaligus bisa menjadi obat penawar alami bagi penderita asam lambung. Buah ini mampu menjadi antasida alami dengan cara melapisi dinding pertu dan juga saluran cerna supaya tidak teriritasi oleh asam lambung. Namun sebagai catatan, tidak setiap penderita asam lambung cocok mengonsumsi buah ini. Sehingga jika anda sesekali mencobanya dan malah memperburuk kondisi anda sebaiknya jangan di lanjutkan untuk mengonsumsi buah ini.

Nah, itulah deretan tips mengobati asam lambung secara alami tanpa obat. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat, sehingga anda tak perlu bergantung lagi terhadap penggunaan obat asam lambung apotek yang jelas mampu menimbulkan efek samping di suatu hari jika di konsumsi secara berkesinambungan. Salam sehat!

By Diane Rosse A.Md.Keb - Tips Sabtu, 16 April 2016 19:00:50

Related Post :
Kewanitaan
Mengetahui Masa Subur Wanita…

Mengetahui kapan waktu atau…

Penyakit
Waspadai Ciri Dan Gejala…

Waspadai ciri dan gejala…

Tips
Cara Menghilangkan Tahi Lalat…

Cara menghilangkan tahi lalat…

Penyakit
Mengetahui Prosedur Operasi Usus…

Berikut adalah informasi jenis…

Kesehatan
Jenis Buah yang Aman…

Penderita diabetes seringkali menghindari…

Manfaat
7 Manfaat Lobak Putih…

Lobak putih merupakan salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Lemah

Cara mencegah penyakit jantung lemah…

Tips
Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi Agar Tidak Kambuh

Selain mengobati, penderita juga harus…

Kirim Pertanyaan
Top