Mengenali Jenis Kanker Paling Langka di Dunia

Share dan Tag Temanmu di :

Kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti didunia. Hal tersebut disebabakan karena penderitanya sangat sulit untuk disembuhkan. Meskipun ada juga penderita kanker yang telah berhasil sembuh dari kanker yang dideritanya.


Ada begitu banyak jenis kanker yang diketahui, mulai dari kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus, dan masih banyak lagi. Namun, disamping itu, terdapat juga kanker yang mungkin kurang familiar dan jarang sekali terdengar kasusnya. Sebuah studi yang telah dilakukan selama 10 tahun yang meneliti 9 juta jenis kanker menyebutkan bahwa ada sekitar 60-70 jenis kanker yang sangat jarang ditemui. Dan inilah 5 diantaranya jenis kanker paling langka di dunia :

  • Kanker Kelenjar Ludah

Enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah memainkan peranan penting dalam menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah infeksi. Ada sekitar 1 dari 100.000 orang di dunia yang di duga menderita kanker kelenjar ludah. Gejala kanker ini yaitu mati rasa di area wajah, benjolan di telinga, pipi, rahang, atau daerah mulut.

Kanker kelenjar ludah lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita, dan sering terjadi pada orang yang bekerja di tempat yang rentan terhadap paparan zat radioaktif. Kanker kelenjar ludah tidak sama dengan kanker lain yang timbul di sekitar mulut. Alkohol dan tembakau tampaknya tidak meningkatkan risiko kanker ini. Begitu juga dengan faktor genetik.

  • Kanker Kaki

Mungkin Anda heran mendengar kanker kaki, karena tidak mungkin ada yang mengaitkan kanker dengan kaki. Tapi, itu salah besar. Kanker kaki memang jarang terjadi, maka dari itulah banyak orang yang tidak mengetahui adanya jenis kanker ini. Markinson, Kepala pengobatan Podiatric di Mount Sinai School of Medicine di New York City menekankan pentingnya kita mewaspadai gejala seperti tahi lalat yang abnormal atau terus membesar, mati rasa atau nyeri di kaki, karena bisa saja ini menjadi pertanda dari kanker tulang, pembuluh darah, saraf, atau kanker kulit.

Kanker kulit atau melamona merupakan jenis kanker kaki yang paling sering terjadi. Melamona kaki menyumbangkan 3 hingga 5% dari semua kasus. Sebagian besar penyebabnya merupakan faktor genetika dan atau karsinogen lingkungan, seperti salah satunya paparan sinar matahari.

  • Mesenchymal Chondrosarcoma

Kanker tulang rawan ini sangat langka, kurang dari 1.000 kasus yang dilaporkan dalam literatur medis sejak 1959. Kanker tulang rawan agresif dan cepat menyebar ke organ-organ tubuh dan kelenjar getah bening, sehingga sangat berbahaya jika tidak terdeteksi sejak awal. Dua pertiga jasus chondrosarcoma mesenchymal terjadi pada tulang, terutama tulang belakang, tulang rusuk, dan rahang. Ada juga yang ditemukan di dalam lemak dan otot.

Menurut sebuah studi yang di muat dalam European Journal of Cancer, tindakan terbaik untuk mengatasi kanker ini adalah dengan jalan operasi untuk mengangkat tumor, serta kemoterapi.

  • Kanker Vagina

Seiring dengan usia, sel-sel vagina mengalami perubahan yang dapat menimbulkan meningkatnya risiko kanker. SEkitar 80% kasus kanker vagina merupakan karsinoma sel skuamosa. Jenis kanker ini berkembang secara perlahan, mulai dari dekat leher rahim dan paling sering timbul setelah menopause.

Tumor jinak yang berbentuk benjolan atau luka kecil biasanya dapat disembuhkan dengan operasi. Jenis lain kanker vagina yaitu adenokarsinoma, sel kanker yang berasal dari sel-sel sekretorik pada dinding vagina. Riwayat penyakit kutil kelamin yang disebabkan oleh human papillomavirus akan meningkatkan risiko kanker vagina. Jika Anda melihat adanya iritasi yang tidak biasa, perdarahan, atau keputihan yang tidak normal, maka segera konsultasikan ke dokter kebidanan dan kandungan.

  • Chordoma

Chordoma merupakan salah satu jenis kanker yang ditemukan di tengkorak dan tulang belakang. Chordoma tumbuh dari sisa-sisa kecil tulang rawan ketika kita berada di rahim. Sangat sulit untuk mempelajari apa yang menyebabkan kanker chordoma, namun para ahli mengetahui jika itu bukan  disebabkan karena faktor genetik.

Chordoma tumbuh perlahan namun agresif. Mereka sering menyebabkan sakit kepala, sakit leher, penglihatan ganda, hilangnya fungsi, atau obat-obatan. Pembedahan biasa dilakukan untuk mengatasi kanker jenis ini, namun hasilnya belum tentu bisa sukse. Hal ini disebabkan karena tumor tumbuh di tulang belakang dan sekitar saraf yang vital. Maka dari itulah sulit untuk menghilangkan seluruh tumor atau sel. Kanker Chordoma memiliki tingkat kekambuhan yang tinggi.

By Sri Maryati - Penyakit Rabu, 28 September 2016 14:47:07

Related Post :
Manfaat
Ini Manfaat Luar Biasa…

Beragam manfaat konsumsi susu…

Alami
Obat Radang Amandel Tradisional…

Selagi ada bahan alami…

Kesehatan
Awas! Konsumsi Daging Anjing…

Dibeberapa negara, daging anjing…

Penyakit
Penyebab Radang Tenggorokan Dan…

Radang tenggorokan adalah peradangan…

Tips
Ingin Puasa Sekaligus Diet…

Momen puasa sebenarnya merupakan…

Alami
Cara Mengatasi Biang Keringat…

Berikut adalah berbagai cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Perhatikan ! Ini Bedanya Sakit Amandel Dan Radang Tenggorokan

Informasi tentang perbedaan sakit amandel…

Penyakit
Mengenal Penyakit Syringoma Atau Tumor Jinak Di Kulit Sekitar Mata

Mengenal penyakit syringoma atau tumor…

Kirim Pertanyaan
Top