Obat Hydrochlorothiazide Untuk Meningkatkan Pembentukan Urin

Share dan Tag Temanmu di :

Hydrochlorothiazide merupakan obat diuretik yang berfungsi mengurangi kadar cairan di dalam tubuh. Obat ini bekerja dengan meningkatkan pembentukan urin oleh ginjal. Selain itu, hydrochlorothiazide juga bisa menangani hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika hipertensi terkendali, risiko serangan jantung dan stroke akan menurun. Obat tersebut juga bisa dipakai dalam mengurangi penumpukan cairan di dalam tubuh yang diakibatkan penyakit hati, gagal jantung, atau penyakit ginjal.


Hydrochlorothiazide memang bisa mengendalikan hipertensi, namun obat ini tidak bisa menyembuhkan kondisi tersebut. Obat berbentuk tablet ini hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Perempuan yang sedang menyusui dan sedang hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi hydrochlorothiazide. Hindari mengoperasikan alat berat dan mengemudikan kendaraan selamamengonsumsi hydrochlorothiazide karena obat ini berpotensi menyebabkan pusing pada beberapa orang.

Hati-hati dalam mengonsumsi obat ini jika Anda menderita diabetes, hipotensi, hipoglikemia, penyakit hati, asma, gangguan ginjal, lupus, dan penyakit asam urat. Hindari mengonsumsi minuman keras selama menggunakan hydrochlorothiazide. Dosishydrochlorothiazide akan ditentukan dokter setelah dokter memeriksa kondisi serta riwayat kesehatan pasien dan tingkat keparahan hipertensi yang dialami.

Dosis umum untuk hydrochlorothiazide adalah 12,5 miligram dalam sehari. Kemudian dokter akan memantau kondisi pasien dan memeriksanya dengan rutin. Pakai hydrochlorothiazide sesuai anjuran dokter dan biasakan membaca keterangan di dalam kemasan. Hindari minuman keras selama mengonsumsi hydrochlorothiazide untuk mencegah efek samping semakin parah. Jalani pemeriksaan kesehatan dengan rutin kedokter agar efektivitas obat dapat terpantau. Pengurangan ataupun penambahan takaran hydrochlorothiazide disesuaikan dengan perkembangan kesehatan pasien. Selama mengonsumsi hydrochlorothiazide, kulit pasien akan lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga gunakan tabir surya selama beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Pengidap diabetes yang menjalani pengobatan menggunakan hydrochlorothiazide sebaiknya rutin mengecek kadargula darah karena obat ini memiliki potensi mempengaruhi kadar gula dalam darah. Agar efek penggunaan hydrochlorothiazide bisa maksimal, ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menerapkan pola makan seimbang dan sehat, berhenti merokok, dan berolahraga dengan teratur.

Upayakan untuk mengonsumsi hydrochlorothiazide di jam yang sama setiap hari supaya efeknya maksimal. Kenali efek samping penggunaan hydrochlorothiazide seperti kelelahan, insomnia, pusing, sakit dada, bronkhitis, diare, sakit punggung, sakit perut, rhinitis, muntah, kelelahan, serangan jantung, dan batuk batuk. Segera hubungi dokter atau datangi rumahsakit terdekatjika efek samping terjadi terus menerus dan sangat mengganggu aktivitas.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Kamis, 29 September 2016 09:04:14

Related Post :
Kesehatan
Waspada! 5 Hoax Kesehatan…

Saat ini banyak kabar…

Kesehatan
Dampak Kelebihan Vitamin B5…

Vitamin B5 merupakan vitamin…

Kesehatan
Faktor Penyebab Makanan Terkontaminasi

Faktor penyebab makanan terkontaminasi…

Kewanitaan
Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa…

Tanpa disadari, beberpa kebiasaan…

Penyakit
Gejala Diabetes Tipe 1…

Gejala diabetes tipe 1…

Kesehatan
Waspada! Penyakit Ini Rentan…

Bermain sepakbola memang menyenangkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Suplemen Antioksidan Mengandung Zat Alpha-Lipoic Acid

Suplemen Antioksidan Mengandung Zat Alpha-Lipoic…

Obat Kimia
Obat Tidur Zolpidem Solusi untuk Penderita Insomnia

Manfaat obat tidur zolpidem bagi…

Obat Kimia
Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk Hingga Sesak Nafas

Obat untuk meringankan gejala batuk…

Kirim Pertanyaan
Top