Hati-Hati Teh atau Kopi Panas Bisa Picu Kanker

Share dan Tag Temanmu di :

Kopi ataupun teh merupakan salah satu minuman yang banyak digemari di seluruh dunia. Baik kopi maupun teh sering dijadikan sebagai teman ngobrol ketika berkumpul bersama rekan ataupun keluarga. Atau juga sering menjadi pelengkap menu sarapan di pagi hari untuk meningkatkan mood.


Ada banyak varian teh dan kopi yang bisa Anda nikmati, baik yang dingin maupun panas. Namun, bagi Anda pecinta teh atau kopi panas, patut berhati-hati. Pastikan teh atau kopi yang akan dikonsumsi tidak terlalu panas. Mungkin seseorang yang pernah meminum teh atau kopi yang terlalu panas dianggap sebagai sesuatu yang biasa, karena hanya membuat lidah sakit. Padahal, dibalik teh dan kopi yang terlalu panas tersebut tersembunyi risiko yang ternyata bisa memicu penyakit kanker.

Peneliti dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa minum kopi, teh, atau minuman lain yang terlalu panas dengan suhu lebih dari 65 derajat celcius bisa menimbulkan risiko kanker esofagus (saluran yang menghubungkan kerongkongan ke lambung).

Walaupun kasusnya jarang terdengar, namun kanker esofagus bukanlah jenis kanker langka. Bahkan jenis kanker ini disebut-sebut sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Gejala awal dari kanker esofagus diantaranya adalah sulit menelan akibat adanya tumor yang mempersulit esofagus. Kemudian ada sensasi terbakar ketika berusaha menelan, sakit pada tenggorokan, muntah, suara serak dan batuk yang tidak hilang selama 2 minggu, serta nyeri dada.

Di Amerika, faktor utama penyebab kanker esofagus adalah penggunaan produk tembakau dan alkohol, terutama jika digunakan secara bersamaan. Untungnya, meskipun mengonsumsi minuman, seperti teh atau kopi panas bisa picu kanker, namun apa yang dikonsumsi tidak akan menyebabkan kanker, khususnya kopi. Bahkan, menurut berbagai studi, kopi mampu menurunkan risiko penyakit kanker. Hal itu disebabkan karena kopi mengandung antioksidan yang memiliki efek protektif terhadap kanker.

Jadi, para pecinta teh ataupun kopi bisa tetap menikmati minuman favorit Anda setiap harinya tanpa harus khawatir akan risiko kanker. Asalkan, dengan catatan, suhu minuman jangan terlalu panas dan tidak boleh lebih dari 65 derajat celcius.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 29 September 2016 11:31:32

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Goji…

Goji berry adalah buah…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah kegunaan khasiat…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Makanan yang baik untuk…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Kegunaan dan manfaat daun…

Ibu Hamil
Mengetahui Gejala Penyebab Keputihan…

Mengetahui gejala penyebab keputihan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Jangan Membawa Buah saat Menjenguk ke RS! Ini Alasannya

Mulai saat ini, sebaiknya jangan…

Kesehatan
Kesehatan
Pilihan Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung Bengkak

Selain mengkonsumsi obat jantung bengkak…

Kirim Pertanyaan
Top