Gejala Diabetes Tipe 1 Dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala Diabetes Tipe 1 Dan Cara Mengatasinya

Jika Anda merasa sering haus, sering buang air kecil terutama di malam hari, dan sering lelah, waspadai hal tersebut karena bisa jadi Anda terkena gejala diabetes tipe 1. Selain itu, gejala diabetes tipe 1 yang lainnya adalah sering merasa lapar, berat badan dan massa otot turun, gatal dan infeksi di sekitar penis atau vagina, infeksi kulit, serta pandangan kabur karena lensa mata berubah bentuk.


Gejala diabetes tipe 1 bisa berkembang cepat dalam beberapa minggu bahkan hanya beberapa hari. Jika penderita mengalami nafas berat dan muntah-muntah, hal tersebut mengartikan kondisi diabetesnya sudah ada dalam tahap parah dan harus segera menemui dokter. 

Penderita diabetes tipe 1 mirip biasanya mengalami gejala hiperglikemia. Hiperglikemia adalah kondisi dimana kadar gula darah terlalu tinggi yang terjadi karena produksi insulin di dalam tubuh terhenti ataupun tidak cukup sehingga tidak ada hormon yang bisa memindahkan glukosa dari darah ke sel-sel yang mengolahnya menjadi energi.

Gejala hiperglikemia diantaranya adalah merasa sangat haus, mulut kering, pandangan kabur, mengantuk, pusing, dan sering buang air kecil. Hiperglikemia jika tidak diobati bisa menyebabkan kondisi serius dimana sel tubuh akan berpaling pada otot dan lemak sebagai sumber energi alternatif. Hal ini berujung pada ketoasidosis diabetik yang memicu peningkatan kadar asam dalam darah serta mengakibatkan penderita mengalami dehidrasi, muntah-muntah, hilang kesadaran, sampai kematian.

Selain mengalami hiperglikemia, penderita diabetes juga bisa mengalami hipoglikemia yakni penurunan kadar gula darah menjadi sangat rendah. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor, namun umumnya dikarenakan insulin di dalam tubuh memindahkan terlalu banyak glukosa dari darah. Kasus hipoglikemia sebagian besar disebabkan karena efek samping dari penggunaan insulin yang berlebihan. Kondisi tersebut juga dapat terjadi karena olahraga maupun aktivitas fisik yang terlalu berat, lupa makan, maupun minum alkohol ketika perut kosong.

Gejala hipoglikemia diantaranya adalah gemeteran, jantung berdebar, berkeringat, lemas, cepat emosi, sensasi kesemutan pada bibir, mual, dan lapar. Cara sederhana dalam mengatasi hipoglikemia diantaranya adalah dengan mengonsumsi makanan maupun minuman manis. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berdampak buruk pada otak dan mengakibatkan bicara tidak jelas, rasa linglung, hilang kesadaran, dan pandangan terlihat ganda ataupun kabur.

Dalam mengatasi gejala tersebut, Anda memerlukan suntikan hormon glucagon yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Para penderita diabetes tipe 1 yang ingin berpuasa diharapkan untuk selalu waspada karena memiliki risiko tinggi terkena hipoglikemia. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada sore menjelang buka puasa, terutama pada penderita diabetes lanjut usia. 

Jika merasakan gejala hipoglikemia tersebut sebaiknya penderita diabetes segera membatalkan puasa dengan mengonsumsi minuman manis seperti sirup atau teh manis, kemudian makan nasi seperti biasa. 

By Ana Rediana - Penyakit Kamis, 29 September 2016 15:34:45

Related Post :
Kesehatan
Terapi Pengobatan untuk Mengatasi…

Berikut ini beberapa jenis…

Kewanitaan
Mengenal Jenis-jenis Keputihan Dan…

Keputihan normal ataupun keputihan…

Penyakit
Faktor Penyebab Osteoporosis Pada…

Faktor penyebab osteoporosis pada…

Tips
Tips Dan Cara Melentikan…

Selain dengan cara tradisional…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit…

Antibiotik adalah jenis obat…

Penyakit
Penyebab Utama Terjadinya Migrain…

Penyebab utama terjadinya migrain…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ketahui Perbedaan Antara Flu Dan Pilek

Tentu anda sudah mengetahui istilah…

Penyakit
Tes Deteksi Serta Metode Pengobatan Kanker Rahim

Tes deteksi serta metode pengobatan…

Penyakit
Mengetahui Cat Scratch Disease Penyakit Akibat Cakaran Kucing

Memelihara kucing memang menyenangkan. Namun,…

Kirim Pertanyaan
Top