Bahaya Menggunakan Headset Bagi Telinga dan Otak

Share dan Tag Temanmu di :

Pada sekarang ini, perkembangan teknologi semakin meningkat dan banyak bermunculan teknologi baru yang dapat memudahkan manusia, sepeti salah satunya portable music player (PMP), seperti MP3 player, dll. Biasanya untuk mendengarkan musik kita sering menggunakan headset atau headphone agar tidak mengganggu orang disekitar karena suara musik yang kita dengarkan. Namun, apakah Anda tahu jika menggunakan headset dalam waktu yang lama bisa menimbulkan bahaya pada telinga dan otak ?


Headset sendiri mengacu pada peralatan output seuara atau speaker dalam bentuk kecil yang bisa dibawa kemanapun dan ditujukkan secara personal yang langsung diletakkan pada telinga. Penggunaan headset pada dasarnya tidak boleh terlalu lama, sama halnya seperti menonton televisi dan juga menatap layar komputer. Pastikan Anda tidak menggunakan headset selama 4 jam berturut-turut. Karena hal tersebut bisa menimbulkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini bahaya menggunakan headset terlalu lama bagi kesehatan :

  • Menyebabkan komplikasi pendengaran yang serius hiingga kerusakan telinga. Ketika mendengarkan musik dengan headset, maka Anda menghadapkan telinga terhadap sumber audio langsung. Maka dari itu, jangan mendengarkan volume lebih dari 90 desibel.

  • Menghalangi saluran udara. Penggunaan headset yang terlalu lama bisa menghalangi udara masuk yang akan membuat telinga rentan terhadap infeksi. Anda juga berpotensi mengidap tinnitus atau telinga berdengung meskipun sedang tidak ada suara yang disebabkan oleh kotoran telinga yang berlebihan yang terbentuk karena penggunaan headset yang terlalu lama.

  • Ketika menggunakan headset, sebaiknya tidak meminjamkannya pada orang lain karena bisa mengakibatkan infeksi bakteri. Jika memang terpaksa meminjam atau meminjamkannya, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.

  • Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh headset bisa menyebabkan masalah bagi otak dalam jangka waktu panjang. Hal ini disebabkan karena telinga bagian dalam memiliki hubungan dengan otak, kerusakan atau infeksi pada bagian telinga akan mempengaruhi otak.

Tidak hanya itu, penggunaan headset juga bisa menimbulkan dampak lain, seperti pengguna menjadi tidak awas dengan kondisi lingkungan sekitar, memberbesar risiko terjadinya kecelakaan, serta menyebabkan telinga mengalami kelelahan.

Untuk menghindari berbagai bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan headset, berikut ini beberapa tips aman menggunakan headset yang bisa Anda lakukan :

  • Hindari menggunakan headset yag dimasukkan secara langsung ke saluran telinga kecil. Lebih baik gunakan headseat besar model lama, yang posisinya berada di luar daun telinga.
  • Jangan mendengarkan suara musik lebih dari 90 desibel, terlebih lagi hal itu menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.
  • Hindari menggunakan headset secara bergantian dengan orang lain
  • Jangan gunakan headset ketika mengendarai mobil, motor, atau kendaraan lainnya untuk menghindari kecelakaan.
  • Pastikan Anda mengganti penutup spon/karet keadset secara rutin, minimal 1 bulan sekali. Namun, jika headset yang Anda gunakan tidak memiliki bungkus spon, maka bersihkanlah headset secara rutin.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 30 September 2016 13:35:14

Related Post :
Penyakit
Jenis-Jenis dan Risiko Penularan…

Penyakit kutil dilihat dari…

Kulit
Jangan Minder Lagi! Lakukan…

Jangan minder lagi! lakukan…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Cara…

Perut kembung adalah salah…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Ragam Manfaat…

Berikut ini ragam manfaat…

Kesehatan
7 Bahaya Garam Bagi…

Suka konsumsi garam? hati-hati,…

Kesehatan
Pola Hidup Sehat yang…

Perubahan mood yang dialami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Parkinson

Makanan yang baik untuk penderita…

Kesehatan
Ini Penyebab Artritis Serta Faktor Risiko Dan Gejalanya

Informasi tentang penyebab, faktor risiko…

Kesehatan
Ini Jenis-jenis Demam Yang Harus Anda Ketahui

Jenis-jenis demam berikut ini sangat…

Kirim Pertanyaan
Top