Ketahui Jenis Cacing Jahat Penyebab Anak Cacingan

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagai orang tua pastinya ingin tahu apa yang menyebabkan anaknya terjangkit penyakit cacingan. Perlu anda ketahui, banyak jenis cacing yang menjadi penyebab anak cacingan, diantaranya:


Cacing Tambang. Jangan biarkan anak bermain di tanah tanpa alas kaki atau tangan yang menyentuh benda-benda yang sudah tercemar cacing tambang karena cacing yang memiliki ukuran sekitar 1 cm dapat masuk ke pori-pori melalui organ tubuh kulit sehingga masuk kedalam aliran darah dan cacing ini akan berkembang menjadi dewasa didalam usus halus, kemudian akan menghisap darah anak. Sehingga jika kondisi semakin parah akan menimbulkan gejala anemia juga kekurangan zat besi.

Cacing Pita. Jenis cacing ini biasa ditemukan pada daging babi atau daging sapi sehingga bisa masuk kedalam tubuh anak bila saat mengonsumsinya tidak dimasak dengan sempurna. Selain itu, cacing pita juga dapat masuk melalui makan minuman air atau tanah yang tercemar yang mengandung larva atau telur cacing pita. Cacing ini memiliki ukuran 240 sampai 300 cm.

Cacing Kremi. Seperti cacing lainnya masuknya melalui tangan, cacing kremi yang berbentuk larva yang melekat pada jari-jari tangan anak saat bermain di tanah. Cacing ini berwarna putih seperti parutan kelapa dan memiliki ukuran sekitar 1 cm.

Setelah anak anda bermain di tanah sebaiknya harus mencuci tangan karena cacing ini dapat bertahan pada kulit anak selama berjam-jam dan pada benda dapat bertahan hidup selama 3 minggu kemudian didalam usus besar larva cacing kremi akan berkembang menjadi dewasa dan akan pindah kebagian anus sehingga akan menimbulkan rasa gatal pada dubur. Cacing kremi betina akan meletakan telurnya disekitar dubur ketika cacing betina keluar ke permukaan anus.

Cacing Gelang. Cacing ini masuk dalam tubuh melalui makanan, minuman atau tangan saat anak bermain di tanah yang sudah terkontaminasi telur cacing gelang sehingga tanah tersebut tercemar fese manusia penderita cacingan.

Cacing ini berukurang sekitar 10 sampai 30 cm. Sekitar bertahan 2 bulan cacing ini akan menginfeksi tubuh yang hidupnya berada didalam usus besar. Cacing betina juga dapat berkembang biak dengan melahirkan 20.000 larva /hari dan juga memiliki kemampuan untuk berpindah-pindah dari organ satu ke organ lainnya. Bila sudah terinfeksi maka akan menimbulkan gejala seperti diare, muntah, mual, nafsu makan berkurang hingga kekurangan gizi karena cacing yang sudah dewasa mampu mengambil makanan langsung dari makanan yang telah dikonsumsi. Semakin banyaknya cacing gelang pada tubuh anak maka akan menimbulkan penyumbatan pada saluran pencernaan.

Maka dari itu, sebagai orang tua jangan biarkan atau terlalu membebaskan anak bermain dimana saja termasuk bermain di tanah dan dari makanan juga harus diperhatikan sebaik mungkin agar anak anda terhindar dari cacing jahat penyebab anak cacingan.

By Ana Rediana - Penyakit Sabtu, 01 Oktober 2016 14:05:35

Related Post :
Ibu Hamil
Waspada! Ini Bahaya Preeklampsia…

Waspada! ini bahaya preeklampsia…

Penyakit
Ketahui Beberapa Gejala yang…

Migrain biasnaya menyerang pengderita…

Manfaat
Manfaat Sehat Dibalik Tradisi…

Memberikan bunga mawar menjadi…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat…

Daftar menu sarapan sehat…

Kesehatan
Cara Meningkatkan Kualitas Sperma…

Tips dan cara meningkatkan…

Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Selain polusi udara, rokok,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Diagnosis Dan Penanganan Cedera Saraf Tulang Belakang

Cedera saraf tulang belakang (spinal…

Penyakit
Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penyakit Celiac

Penyakit celiac adalah penyakit autoimun…

Kirim Pertanyaan
Top