Hernia Inguinalis Cenderung Terjadi Pada Perempuan Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Hernia Inguinalis Cenderung Terjadi Pada Perempuan Hamil

Hernia adalah penyakit dimana organ dalam tubuh menekan sampai menembus keluar lewat otot maupun celah jaringan di sekitarnya yang menjadi lemah. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hernia yang umum terjadi yakni hernia inguinalis, kondisi dimana terdapat sebagian usus keluar dari rongga perut bawah ke arah sekitar alat kelamin.


Pada hernia inginalis, benjolan umumnya muncul ketika Anda mengangkat sesuatu serta akan menghilang ketika dalam posisi berbaring. Meski hernia ini tidak berbahaya, namun hernia bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa. Dalam menangani hernia inginalis yang membesar dan sakit, dokter biasanya menyarankan prosedur operasi.

Gejala biasanya tidak muncul pada pengidap hernia inguinalis. Bahkan terkadang seseorang tidak menyadari dirinya mengidap hernia. Gejala hernia inguinalis dapat dilihat serta dirasakan lewat benjolan yang muncul karena hernia. Benjolan akan tampak jelas ketika Anda berdiri dengan tegak, terlebih jika Anda batuk ataupun berteriak. Benjolan mungkin sensitif terhadap sentuhan dan akan terasa sakit.

Tanda-tanda Anda mengidap hernia inginalis diantaranya adalah muncul benjolan di sisi manapun di daerah lipat paha bagian depan, ada sensasi perih atau nyeri pada benjolan, bagian selangkangan terasa tertekan dan lemah, bagian selangkangan terasa berat dan seperti ada yang menarik, dan pada laki-laki terdapat pembengkakan di area sekitar testis karena usus menembus masuk kantong skrotum.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika melihat ada benjolan di sekitar selangkangan dan terasa sakit. Terlebih jika benjolan tersebut berubah warna menjadi ungu, merah, ataupun gelap. Faktor yang diyakini menjadi penyebab munculnya hernia inguinalis adalah faktor usia yakni ketika otot-otot perut mulai melemah. Tidak hanya itu, hernia juga bisa muncul dengan tiba-tiba saat Anda mengejan karena konstipasi, sedang mengangkat beban berat, maupun sedang hamil. Kondisi tersebut juga dikaitkan dengan penyakit batu berat dan menetap.

Namun beberapa kasus hernia inguinalis tak diketahui apa penyebabnya. Terdapat beberapa faktor dan kondisi yang dapat meningkatkan risiko munculnya hernia inguinalis. Diantaranya adalah jenis kelamin, kehamilan, kelebihan berat badan, batuk kronis, faktor pekerjaan tertentu, kelahiran prematur, riwayat penyakit hernia, faktor keturunan, dan kondisi medis tertentu. 

Hernia inguinalis cenderung lebih sering terjadi pada laki-laki atau pada perempuan hamil yang mengalami peningkatan tekanan di dalam perut. Penderita cystic fibrosis atau fibrosis kistik juga cenderung mengidap hernia inguinalis. Fibrosis kistik merupakan kondisi rusaknya paru-paru dan sering menyebabkan batuk kronis. 

By Ana Rediana - Ibu Hamil Sabtu, 01 Oktober 2016 15:27:53

Related Post :
diet
Aneka Jus Untuk Diet…

Aneka resep juga untuk…

Tips
Cara Membedakan Gejala Usus…

Meskipun memiliki gejala yang…

Penyakit
Mengenal Hiponatremia Dan Pencegahannya

Hiponatremia merupakan sebuah istilah…

Manfaat
Inilah Manfaat Bayam Duri…

Informasi tentang kandungan dan…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Konsumsi…

Meskipun nasi goreng memiliki…

Kesehatan
Risiko Kesehatan Dibalik Penggunaan…

Sandal jepit memang sangat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil

Hal yang harus dilakukan setelah…

Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil jangan mengonsumsi obat…

Ibu Hamil
Tips Ibu Hamil Agar Lahirkan Anak Cerdas

Anak cerdas memang dambaan setiap…

Kirim Pertanyaan
Top