Penyebab Gangguan Pada Hati dan Cara Mencegahnya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Gangguan Pada Hati

Setiap organ memiliki peran tersendiri di dalam sistem tubuhmanusia. Termasuk hati yang berfungsi mengeluarkan racun dari tubuh yang masukdengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tidak hanya bertugas dalam memecahlemak dari makanan, hati juga memproduksi cairan empedu serta membantu menyimpan glukosa yang menjadi pendukung penyediaan energi untuk tubuh.


Apapun bentuk gangguan pada organ, termasuk hati pasti memiliki efek mengganggu sistem dalam tubuh. Gangguan pada hati tentu akan berefek pada kurang berfungsinya proses pengeluaran racun dalam tubuh. Jika Anda mengalami penyakit pada hati, berikut akan kami berikan informasi penyebab gangguan pada hati. Anda yang masih sehat, pelajari dan aplikasikan pengetahuan pada artikel ini sebagai upaya preventif.

-Obesitas. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori serta berlemak tinggi, obesitas akan menjadi penyakit yang menghantui. Penyakit kelebihan berat badan ini akan mengakibatkan penumpukan lemak pada sel-sel hati. Sehingga akan menyebabkan NAFLD atau Nonalcoholic Fatty Liver Disease. Untuk menghindarinya, terapkan diet sehat sehari-hari.

-Terlalu banyak mengonsumsi gula. Untuk memproduksi lemak, hati memang membutuhkan sejenis gula bernama fruktosa. Namun jika asupan gula olahan dengan fruktosa tinggi, maka bisa menyebabkan penumpukan risiko penyebab penyakit hati. Fruktosa biasanya terdapat melimpah pada permen dan minuman bersoda. Oleh karena itu, minimalisir makanan dan minuman yang mengandung fruktosa tinggi.

-Mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak trans. Lemak ini terkandung dalam makanan kemasan dimana pada label kemasan tertulis sebagai vegetable shortening atau partially hydrogenated vegetable oil.

-Terlalu banyak mengonsumsi MSG (Monosodium Glutamate).Penyedap rasa atau MSG disebutkan tidak berbahaya. Namun beberapa penelitian pada hewan mengungkapkan MSG bisa membuat iritasi pada hati. Memang belum terbukti pada manusia, tapi sebaiknya batasi konsumsi MSG. Dalam produk makanan kemasan, MSG juga disebut yeast extract, soy extract, maupun hydrolyzed vegetable protein.

-Pembuatan tato dengan alat yang tidak steril. Penyakit hati tidak hanya disebabkan karena makanan, bisa juga diakibatkan karena pembuatan tato dengan alat yang tidak steril. Dalam hal ini, penyakit hati disebabkan oleh infeksi hepatitis C. Virus hepatitis bisa menyebar lewat kontak dengan darah orang yang terinfeksi.

-Antidepresan. Beberapa jenis antidepresan nyatanya bisa membuat bahaya pada organ hati. Terlebih pada orang-orang yang telah lanjut usia.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab gangguan pada organ hati, segera aplikasikan gaya hidup sehat sekarang juga sebagai tindakan preventif pencegah datangnya penyakit.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Tips Selasa, 19 April 2016 18:30:58

Related Post :
Kesehatan
Jangan Nekat Bikin Tato…

Saat ini tato mata…

Tips
Tips Cara Mencegah Penyakit…

Cara mencegah penyakit jantung…

Tips
Tips Dan Cara Melentikan…

Selain dengan cara tradisional…

Alami
Pengobatan Polip Hidung Secara…

Pengobatan polip hidung secara…

Kesehatan
Benarkah Minyak Ikan Bisa…

Benarkah Minyak Ikan Bisa…

Daun
Kenali Berbagai Manfaat Daun…

Kenali berbagai khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Efektif Menurunkan Kadar Kreatinin Tinggi di Rumah

Kadar kreatinin tinggi dalam tubuh…

Tips
Cara Mendiagnosa Kanker Sarkoma Ewing dan Pengobatannya

Sarkoma ewing termasuk kanekr tulang…

Tips
Cara Benar Mengolah Buah Mengkudu Sebagai Obat Tradisional

Tahukah anda bagaimana cara mengolah…

Kirim Pertanyaan
Top