Tips Sederhana Mencegah Flu Pada Anak Di Musim Hujan

Musim hujan telah datang. Banjirpun banyak terjadi di beberapa daerah di belahan nusantara. Selain itu, musim hujan juga merupakan waktu dimana penyakit menyebar dengan cepat, terlebih pada anak-anak. Salah satu penyakit yang sangat  rentan menyerang pada anak di musim hujan seperti pada sekarang ini adalah penyakit flu pada anak. Udara yang dingin dan lemabab memancing virus influenza yang mana merupakan penyebab penyakit flu sangat rentang menyerang tubuh anak.


Ada beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan sebagai tips untuk mencegah anak terserang penyakit flu di musim hujan.

Tips mencegah anak terserang penyakit flu di musim hujan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan gudang dari berbagai macam nutrisi dan gizi yang di perlukan untuk tubuh. Jika si kecil mendapat nutrisi dan gizi yang lengkap, maka daya tahan tubuhnya akan meningkat dan akan mampu melawan berbagai penyakit. Tak hanya itu, fungsi tubuhnya pun akan bekerja lebih baik. Oleh karena itu, berikan ia bayam, tomat, semangka dan sayuran hijau lainnya agar ia tidak akan mudah terkena flu meski musim hujan menjelang.

2. Jaga kebersihan tubuh

Virus dan bakteri bisa menular melalui udara, sementara tubuh yang kotor akan memperbesar kemungkinan masuknya virus masuk kedalam tubuh. Karenanya, selalu perhatikan tubuh si kecil. Jika si kecil habis main air hujan, segera keringkan tubuhnya dengan handuk bersih. Anda juga bisa memandikannya dengan air hangat. Serta jangan lupa untuk sediakan tisu di kantongnya, supaya ia bisa mengelap  tangan, kaki dan  mukanya jika terkena kotoran dan juga air hujan. Ajarkan juga anak untuk selalu mencuci tangan setiap ia akan makan atau tangannya kotor. Karena pada umumnya berbagai virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui tangan yang kotor.

3. Cegah anak mengonsumsi junk food

Anak-anak tentu saja sangat menyukai mengonsumsi junk food mulai dari ayam goreng, hingga cemilan dalam kemasan. Akan tetapi, di musim hujan seperti sekarang ini cegah anak untuk mengonsumsi makanan junk food secara berlebihan. Hal ini sangat berguna untuk mencegah ia mengalami batuk dan flu akibat MSG yang terkandung dalam jenis makanan tersebut. Sebagai penggantinya, anda dapat membuat cemilan sehat di rumah, sepeti jagung rebus yang paruti keju parut dengan toping susu manis, roti bakar dan yang lainnya. Dengan begitu, asupan si kecilpun bisa terjaga.

4. Siapkan payung saat keluar rumah

Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai persiapan untuk menghadapi hujan jika si kecil tengah beraktivitas di luar rumah, seperti pergi ke sekolah, bermain atau pergi les. Siapkan payung, jas hujan, hingga sepatu bot untuk melindunginya dari hujan dan genangan air yang rentan terkontaminasi virus pencetus flu.

5. Tidur yang cukup

Saat musim hujan menjelang, ada baiknya anda lebih memperhatikan tidur si kecil. Jika si kecil kurang tidur atau tidur kurang nyenyak maka resiko si kecil mengalami flu akan bertambah. Pastikan anak tidur kurang lebih 8-10 jam perhari. Jangan lupa untuk menyelimutinya agar ia tidak kedinginan saat hujan turun di malam hari.

Nah itulah beberapa tips sederhana mencegah flu pada anak di musim hujan yang dapat bunda lakukan. Semoga bermanfaat ya bun!

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Sabtu, 01 Oktober 2016 16:00:34

Tips Sederhana Mencegah Flu Pada Anak Di Musim Hujan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sederhana mencegah flu ada anak di musim hujan dapat bunda lakukan di rumah sehingga anak dapat terhindar dari sakit flu dan batuk yang sangat rentan menyerang anak-anak.
Ibu Dan Anak - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…

  • cara meningkatkan nafsu makan anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Siang, Bu. Anak saya sekarang berusia 5 tahun dan sangat susah ketika di suruh untuk makan. Saya sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan, hingga memberikannya vitamin penambah nafsu…


Ibu Dan Anak
Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Kulit Bayi Baru…

Ibu Dan Anak
Kenali Penyebab Dan Tanda Bayi Susah Buang Air Besar

Informasi tentang susah buang air…

Ibu Dan Anak
Pilihan Olahraga yang Tepat Bagi Anak Penderita Asma

Meskipun memiliki riwayat penyakit asma,…

Tambah Pertanyaan
Top